Apa Itu Payroll ? Pengertian & Manfaat Payroll

Majapahit – Istilah payroll tentu saja bukan hal yang baru lagi untuk didengar pada sebuah dunia perkantoran. Adapun nama lain dari payroll tersebut adalah gaji yang dibayarkan Perusahaan kepada karyawannya atas kerja yang dikontribusikan oleh karyawan tersebut. Payroll juga dapat diartikan sebagai pembayaran gaji secara berkala terhadap karyawan. Lalu, bagaimana definisi atau pengertian payroll selengkapnya? Simak sebagai berikut.

Sistem payroll ini telah menjadi sistem wajib yang ada pada suatu Perusahaan. Sistem ini dikelola langsung oleh bagian HR atau Human Resources pada suatu Perusahaan.

Pembayaran atas sistem payroll ini dilakukan selama sebulan sekali dan menjadi kerjaan wajib bagi divisi tersebut setiap periodenya. Oleh sebab itu, bagian Human Resources harus benar – benar memahami sistem payroll pada Perusahaannya sendiri.

Istilah Payroll Software

Sistem payroll yang telah menjadi kewajiban bagi divisi HR setiap periodenya. Sistem payroll juga tidak bisa dikatakan sebagai sistem yang mudah, mengingat jumlah karyawan pada setiap Perusahaan berbeda – beda.

Untuk Perusahaan yang memiliki jumlah karyawan di bawah 100 orang, tentu saja sistem payroll dapat dilakukan secara manual atau menggunakan alat sederhana. Namun, apa jadinya jika jumlah karyawan pada sebuah Perusahaan melebihi angka 100 orang?

Hal ini tentu saja menambahkan beban kerja bagi divisi HR yang tentunya tidak memiliki banyak manpower atau sumber daya alam pada setiap Perusahaan.

Dengan keterbatasan waktu, tenaga, dan energi pada otak tentu saja jumlah karyawan tersebut justru menimbulkan stress dan menghilangkan motivasi pada karyawan HR.

Hal tersebut tentu saja tidak perlu dikhawatirkan lagi, mengingat kemajuan teknologi telah datang dan menjamu kita semua dengan produk – produknya. Berkenalanlah dengan produk teknologi bernama payroll software atau software payroll yang akan membantu pekerjaan sistem payroll kalian!

Pengertian Payroll Software

Payroll software merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu para karyawan Human Resources (HR) dalam melakukan penginputan sistem payroll berupa data kehadiran karyawan, gaji pokok, uang lembur, uang makan, tunjangan – tunjangan lain, BPJS dan Pph 21.

Melihat pengertian payroll software tersebut tentu saja dapat diketahui bahwa aplikasi ini akan sangat membantu para karyawan HR untuk melakukan penggajian setiap bulannya.

Semuanya telah tersusun dengan baik dan pihak HR dapat melakukan kerjaannya dengan mudah hanya dengan beberapa Langkah simpel untuk memberikan gaji bagi karyawan, bukan hanya yang berjumlah di bawah 100 orang tetapi di atas 100 orang pula.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Payroll

Payroll software ini juga telah mempermudah pihak Perusahaan dalam melakukan pengumpulan pajak penghasilan. Sehingga, hanya dengan beberapa langkah instan sebuah Perusahaan dapat melakukan penggajian dan melakukan pengumpulan pajak penghasilan kepada negara.

Manfaat Software Payroll Untuk HRD

Berdasarkan pengertian dan pernyataan yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu saja software payroll memiliki manfaat luar biasa bagi suatu Perusahaan.

Hanya dengan langkah – langkah simpel bersifat instan, karyawan HR dapat mengetahui besaran kompensasi yang akan dibayarkan ke pada setiap pegawai.

Apa Itu Payroll Software

Tentu saja, bukan hanya hal tersebut yang menjadi bagian dari manfaat software payroll tetapi terdapat manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari penggunaan aplikasi Human Resources ini. Adapun manfaat software payroll yang dapat dirasakan oleh pihak – pihak pada suatu Perusahaan antara lain:

Pihak Karyawan Penggajian (Human Resources)

Pihak pertama yang merasakan manfaat dari kehadiran software payroll tentu saja adalah karyawan yang bergerak pada sistem penggajian tersebut atau human resources. Lantas, apa sajakah manfaat software payroll pada bagian HR?

  • Mempermudah melakukan penginputan data atas kompensasi yang akan dibayarkan. Kompensasi dapat berupa gaji pokok, uang lembur, uang makan, bonus, tunjangan – tunjangan lainnya, dan BPJS.
  • Mempermudah pemotongan pajak penghasilan sehingga bersifat kolektif. Karyawan penggajian tidak perlu mendata ulang atas kompensasi yang dibayarkannya kepada suatu karyawan mengingat pada aplikasi ini terdapat fitur khusus untuk melakukan pemotongan pph 21.
  • Menghindari kesalahan – kesalahan atas penggajian yang menyebabkan retur atau keterlambatan penggajian karyawan. Hal ini bukan hanya berdampak buruk pada kinerja HR tetapi menghilangkan motivasi lainnya, sehingga dengan bantuan software payroll, hal ini dapat dihindarkan dengan baik.

Pihak Karyawan Perusahaan (Keseluruhan)

  • Penggajian akan didapatkan tanpa keterlambatan.
  • Jumlah penggajian akan sesuai dan terhindar dari kesalahan. Apabila ada kesalahan, dapat terselesaikan dengan cepat dan baik sebab data tersimpan dengan rapi pada software tersebut.

Berdasarkan uraian – uraian di atas, tentu saja Anda semakin memahami apa itu payroll software dan manfaat software payroll itu sendiri.

Tentu saja, software ini banyak memberikan kemudahan dan mendukung pergerakan teknologi pada sebuah Perusahaan. Pekerjaan – pun akan semakin mudah dilakukan dan tidak menghambat pekerjaan lainnya.

Produk Terbaik Majapahit Teknologi :

Software Payroll Majapahit Teknologi

Kesimpulan

Software payroll adalah pilihan tepat bagi Anda yang tengah mengalami kesulitan dalam penggajian karyawan Perusahaan Anda. Dengan menggunakan software tersebut. Anda tidak perlu khawatir kembali untuk mengelola Perusahaan karena sudah diatasi dengan baik oleh Payroll Software.

Whatsapp