Macam – Macam Software ERP

ERP atau Enterprise Resource Planning sering kali digunakan oleh pihak perusahaan untuk merencanakan dan mengelola bisnis agar lebih berkembang secara efisien. Kebanyakan bidang perusahaan yang menggunakan software pendukung satu ini adalah manufaktur dan jasa. Ada banyak macam-macam ERP software yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut beberapa macam yang perlu diketahui.

Berbagai Macam Jenis ERP Software

Keberadaan ERP software yang mampu membantu perusahaan menjadi semakin produktif dan berkembang membuatnya memunculkan banyak inovasi. Kali ini akan diulas berbagai macam software ERP yang biasa digunakan oleh kalangan perusahaan luar maupun dalam negeri.

SAP Business One

Macam-macam ERP software yang pertama adalah SAP Business One. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Sapphire System yang memiliki markas di wilayah Inggris. Kelebihan dari software ini adalah mampu memberikan penawaran kinerja secara realtime dan efisien.

Selain itu, pengembangan fitur baru dari teknologi SAP yakni SAP Hana, membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan. Sejauh ini jumlah pengguna software SAP Business One juga sudah mencapai 1 juta orang dengan komposisi customer sebanyak 50 ribu.

Odoo ERP

Setelah mengetahui SAP, saatnya beralih ke Odoo yang bisa dibilang memiliki penawaran lebih unggul dibandingkan dengan SAP. Hal ini karena sistem pengelolaan yang diberikan lebih menyeluruh dan mampu menjangkau semua aspek dalam perusahaan.

Dibandingkan dengan beberapa macam ERP lainnya, Odoo bisa dibilang memiliki pengguna yang sangat banyak dan tersebar luas. Hingga saat ini terdapat sekitar 2 juta pengguna dengan total 100 ribu customer. Nantinya setiap pengguna bisa memperoleh perangkat MPR terpadu, konektivitas tanpa limit dan pemeliharaan secara berkala.

Baca Juga : Manfaat ERP Untuk Bisnis ! Simak Penjelasannya !

NetSuite ERP

Sesuai dengan namanya, macam-macam ERP software ini digawangi oleh perusahaan NetSuite yang berasal dari Amerika. Meskipun terbilang baru berkiprah di kancah ERP, software ini sudah digunakan oleh lebih dari 600 ribu orang dengan total customer sebanyak 300 ribu. Jumlah ini tentu cukup bagus bagi perusahaan yang terbilang cukup baru.

Beberapa penawaran yang diberikan berkaitan dengan modul in-suite. Seperti misalnya pengadaan, manajemen gudang, manajemen supply-chain, manajemen sumber daya alam, dan masih banyak lagi. Tentunya, dari semua penawaran tersebut bisa menambah kinerja perusahaan menjadi semakin maksimal.

Oracle’s E-Business Suite

Macam-macam ERP software selanjutnya adalah Oracle’s E-Business Suite yang dikembangkan di negara Paman Sam. Di dalam software ERP satu ini terdapat modul fungsi penyusun yang terdiri atas HRMS, procurement, SCM, CRM, dan project. CRM menjadi salah satu modul andalan yang dimiliki oleh software ini.

macam-macam erp software

Kelebihan software CRM tetap dibutuhkan oleh perusahaan terlebih terhadap pengelolaan pelanggan. Maka tidak heran apabila software ini berhasil menarik 40 ribu lebih pengguna dengan jumlah customer sebanyak 2.000. Hal ini juga karena beberapa kelebihan seperti pengelolaan akurat dan kemampuan analitik SDM dengan canggih.

Sage Intacct

Sebagian besar software ERP memang banyak yang dikembangkan di Amerika Serikat, termasuk Sage Intacct. Hingga saat ini jumlah pengguna yang terjaring di dalamnya sudah mencapai 300 ribu orang dengan komposisi customer sebanyak 2000 orang. Meski masih terbilang sedikit, jumlah tersebut masih terus berkembang menjadi lebih banyak.

Hal ini tentu juga tidak lepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan. Setidaknya terdapat tiga keunggulan utama yang dihadirkan oleh software satu ini. Pertama, transaksi pembelian yang cepat sehingga hemat waktu. Kedua, pengelolaan keamanan tinggi. Terakhir yang ketiga adalah memiliki tampilan interface yang mudah diaplikasikan.

Ecount

Macam-macam ERP software yang selanjutnya adalah berasal dari Korea Selatan, yakni Ecount. Bagi perusahaan yang ingin mendapatkan manfaat aplikasi inventori untuk untuk bisnis, maka bisa mengandalkan perangkat satu ini. Kelengkapan fitur yang ditawarkan menjadikan aksesnya lebih mudah dan maksimal.

Alasan banyak orang menyukai software satu ini adalah karena mampu menghadirkan beberapa fitur yang pasti dibutuhkan oleh perusahaan. Beberapa fitur tersebut diantaranya inventaris, pembelian, bisnis, dan juga penjualan. Hingga sekarang jumlah pengguna software ini juga sudah mencapai 200 ribu orang.

Bisma Software

Jenis ERP selanjutnya adalah Bisma Software yang merupakan kepanjangan dari Business Integrated System Majapahit. Bisma merupakan solusi terbaik untuk menjalankan bisnis Anda dengan mengembangkan cabang usaha.

Keunggulan yang bisa di dapatkan dari Bisma adalah Anda bisa melakukan semua pekerjaan dalam 1 sistem. Tentu saja Anda bisa memangkas seluruh pekerjaan yang memakan waktu panjang dan tidak terstruktur secara rapih. Dengan software ini, Anda bisa bekerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah Report atau laporan yang dilakukan secara otomatis. Anda tidak sibuk sendiri untuk mengurus berbagai laporan dengan dicatat di kertas secara manual. Mengapa demikian ? Karena di aplikasi Bisma Majapahit. Anda akan mendapatkan laporan secara otomatis dan mencatat semua aktivitas Pekerjaan secara real.

Tentu saja masih banyak keunggulan – keunggulan lainnya yang berada di Bisma Software Majapahit. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai Bisma Software, Anda bisa mengunjungi halaman di bawah ini.

Bisma Software Majapahit

Kesimpulan

Nah, itulah macam-macam ERP software yang terkenal dan banyak memberikan manfaat untuk berbagai bidang jasa. Tren penggunaan ERP juga semakin meningkat karena software ini sekarang bisa diakses menggunakan sistem mobile, cloud, dan juga two tier.

Whatsapp