Penerapan & Manfaat IoT Pada Program Pendidikan

Dalam program belajar Pendidikan di Indonesia saat ini masih menggunakan metode konvesional tanpa teknologi yang super canggih. Dengan seiring berjalannya waktu. Tentu saja pemanfaatan teknologi untuk kegiatan program pendidikan akan sangat efektif. Maka, pembahasan kali ini adalah manfaat IoT pada program pendidikan yang pastinya akan bermanfaat untuk kita semua.

Penerapan internet of things pada dunia pendidikan memang perlu di laksanakan. Pertumbuhan teknologi memang telah berevolusi dengan pesat dan tentu saja kita tidak perlu memperdebatkan kembali mengenai pemanfaatan teknologi untuk kemajuan Pendidikan.

Teknologi informasi telah memberikan dampak positif untuk kemajuan dunia pendidikan. khususnya pada peningkatan kualitas dan kuantitas pada proses belajar mengajar.

Penerapan IOT Pada Program Pendidikan

Dalam mendukung proses belajar mengajar agar dapat mengoptimalkan tekonologi dengan cara menerapkan Internet Of Things dalam dunia pendidikan. Lalu, apa saja yang perlu di terapkan agar dunia pendidikan dapat berkembang dengan pesat. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Monitoring

Dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini sudah berkembang dengan pesat salah satunya adalah dengan menerapkan metode monitoring siswa dan siswi. Baik itu guru atau oleh orang tua.

Baca Juga : Manfaat IoT untuk Bisnis

Tentu saja dengan menerapkan monitoring, orang tua mampu mengetahui anaknya saat berada di sekolah. Jadi, orang tua mampu melihat lokasi anak mereka saat di sekolah dan mendapatkan pemberitahuan melalui internet.

Manfaat IoT pada pendidikan

Efisiensi

Selain itu, penerapan IoT dalam dunia Pendidikan dapat meningkatkan efisiensi pada siswa. Dengan menerapkan IoT dalam dunia Pendidikan siswa yang hadir dapat di lakukan dengan cepat. Karena memakai sensor khusus yang nantinya akan melaporkan atau mengirimkan pada server untuk data kehadiran siswa.

Dengan adanya teknologi ini, siswa tidak dapat berbohong atau melakukan titip absen mengenai presensi kehadirannya di kelas.

Interaktif

Belajar dengan interaktif mungkin akan lebih menyenangkan dan lebih menarik. Karena belajar tidak hanya sebagai gambar atau teks saja. Pada saat ini sudah banyak buku teks yang di gabungkan ke situs web dengan menggabungkan antara silabus, video atau animasi bahkan di lakukan penilaian secara online dengan di lengkapi materi sehingga siswa dapat memperoleh materi interaksi yang lainnya.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Smarthome

Pinjaman Buku Online

Selanjutnya adalah dengan adanya proses pencatatan stok buku sampai dengan traksaksi untuk meminjam buku online yang nantinya akan semakin mudah dengan di terapkannya system Internet Of Things ( IoT ).

Dengan adanya sytem IoT, siswa dapat melakukan peminjaman buku hanya dari rumah kemudian akan ketika sedang di sekolah.

Selain itu system ini dapat melakukan analisa terhadap minat membaca anak, hal ini dilihat dari statistik buku yang telah di pinjam.

Kesimpulan

Ruang belajar mengajar dengan berbagai manfaat fasilitas IoT pada pendidikan yang akan sangat berguna dan dapat memberikan nilai plus untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat di lihat dari perkembangan yang nantinya akan memberikan kemudahan pada komunikasi antara siswa dan guru dengan melakukan monitoring secara langsung melalui gadget tanpa ada batasan.

Whatsapp