Update . 24 March 2020

5 Regulasi Aturan Keamanan Perangkat IoT Terbaru

Majapahit Teknologi - Bicara soal Aturan keamanan IoT, kita berada di tengah-tengah masa emas Internet of Things, Kamera keamanan yang dapat memberi tahu kita siapa yang ada di pintu atau apa yang sedang dilakukan anjing penjaga saat kita keluar.

Asisten digital yang dilengkapi dengan mikrofon sehingga mereka dapat mendengar kita untuk mengatur timer atau menyalakan lampu atau memainkan lagu favorit.

Sensor gerak memberi tahu kita saat pintu terbuka dan termo cerdas memberi tahu kita jika suhu ruangan dingin, sehingga kita bisa mengganti pemanas untuk menghangatkan barang sebelum kita pulang.

Tetapi data dari kamera dan mikrofon serta sensor gerak ini memiliki kehidupan kedua di luar kendali si pengguna. Dalam banyak kasus, data yang dikumpulkan sensor-sensor tersebut sepanjang hari disimpan, dianalisis, dan dikemas ulang. Ini digunakan kembali oleh perusahaan yang ingin memahami kita dan apa yang kita lakukan.


Aturan Keamanan IoT yang Diregulasi di Inggris

Baru-baru ini, pemerintah Inggris melakukan upaya pertama untuk membuat seperangkat aturan untuk keamanan IoT yang harus dipatuhi oleh pembuat gadget jika mereka ingin menjual perangkat mereka di negara tersebut. Misalnya:

  1. Bahwa semua kata sandi perangkat yang memang sudah terhubung dengan internet harus unik dan tidak dapat diatur ulang ke pengaturan pabrik universal. Pembuat perangkat IoT juga merupakan konsumen yang harus memberikan titik kontak publik. Dengan begitu, siapa pun bisa melaporkan kerentanan dan setuju bahwa itu akan ditindaklanjuti tepat waktu
  2. Pembuat perangkat IoT konsumen harus menyatakan jangka waktu minimum Setiap perangkat IoT harus disertai dengan penjelasan yang jelas tentang bagaimana setiap data yang dibuat dikirimkan, bagaimana dan di mana disimpan dan untuk berapa lama.
  3. Setiap perangkat IoT harus menjelaskan apakah data yang dibuatnya dienkripsi (dan bagaimana) dan siapa yang memiliki akses ke data dan kunci.
  4. Pengguna perangkat IoT harus menyimpan daftar data apa yang dikumpulkan yang mereka analisis atau hasilkan atau dijual kembali, bahkan jika dianonimkan, dan daftar dari siapa mereka menjualnya.
  5. Pengguna perangkat IoT harus dapat melihat data apa yang sedang ditahan dan memiliki hak untuk menghapusnya secara permanen.
  6. Semua perangkat IoT harus mampu ditingkatkan secara otomatis jika perbaikan bug diperlukan

Penutup

Hanya sedikit dari pengguna yang memahami kesepakatan tentang privasi IoT. Kita perlu memperjelas apa yang ingin kita tukar, dalam hal privasi kita, untuk menggunakan perangkat ini.

Kita harus jelas apa yang akan kita terima dan apa yang tidak akan kita terima-sebelum kita kehilangan kesempatan untuk memilih.

Bagikan artikel ini: