AI . 22 August 2020

Penerapan & Manfaat IoT Pada Program Pendidikan

Majapahit Teknologi - Dalam program belajar Pendidikan di Indonesia saat ini masih menggunakan metode konvesional tanpa teknologi yang super canggih. Dengan seiring berjalannya waktu.

Tentu saja pemanfaatan teknologi untuk kegiatan program pendidikan akan sangat efektif. Maka, pembahasan kali ini adalah manfaat IoT pada program pendidikan yang pastinya akan bermanfaat untuk kita semua.

Penerapan internet of things pada dunia pendidikan perlu dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan teknologi yang telah berevolusi dengan cukup pesat.

Selain itu, tentunya kita tidak perlu memperdebatkan kembali tentang pemanfaatan sistemteknologi untuk perkembangan Pendidikan di Indonesia.

Dampak positif kepada kemajuan dunia Pendidikan di Indonesia sudah dirasakan dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan khususnya kepada peningkatan kualitas serta kuantitas akan proses belajar mengajar.

Penerapan IOT Pada Program Pendidikan

Dalam mendukung proses belajar mengajar agar dapat mengoptimalkan tekonologi dengan cara menerapkan Internet Of Things dalam dunia pendidikan.

Lalu, apa saja yang perlu di terapkan agar dunia pendidikan/sekolah dapat berkembang dengan pesat. Simak penjelasannya sebagai berikut.


Monitoring

Dengan memanfaatkan teknologi, saat ini sudah memiliki perberkembangan dengan cukup pesat, salah satunya adalah dengan menetapkan metode monitoring siswa dan siswi. Baik itu guru atau oleh orang tua.

Tentu saja dengan menerapkan metode monitoring, para orang tua mampu mengetahui anaknya saat berada di sekolah. Jadi, orang tua mampu melihat lokasi anak mereka saat di sekolah dan mendapatkan pemberitahuan melalui internet.

Efisiensi

Pada impelementasi IoT di dalam dunia Pendidikan dapat meningkatkan efisiensi pada siswa. Dengan menerapkan IoT dalam dunia Pendidikan siswa yang hadir dapat di lakukan dengan cepat.

Karena memakai sensor khusus yang nantinya akan melaporkan atau mengirimkan pada server untuk data kehadiran siswa. Dengan adanya teknologi ini, siswa tidak dapat berbohong atau melakukan titip absen mengenai presensi kehadirannya di kelas.

Interaktif

Belajar dengan interaktif mungkin akan lebih menyenangkan dan lebih menarik. Karena belajar tidak hanya sebagai gambar atau teks saja.

Pada saat ini sudah banyak buku teks yang di gabungkan ke situs web dengan menggabungkan antara silabus, video atau animasi.

Selain itu dapat di lakukan penilaian secara online dengan di lengkapi materi sehingga siswa dapat memperoleh materi interaksi yang lainnya.

Pinjaman Buku Online

Selanjutnya adalah dengan adanya proses pencatatan stok buku sampai dengan traksaksi untuk meminjam buku online yang nantinya akan semakin mudah dengan di terapkannya system Internet Of Things (IoT).

Dengan adanya sytem IoT, siswa dapat melakukan peminjaman buku hanya dari rumah kemudian akan ketika sedang di sekolah.

Selain itu system ini dapat melakukan analisa terhadap minat membaca anak, hal ini dilihat dari statistik buku yang telah di pinjam.

Kesimpulan

Ruang belajar mengajar dengan berbagai manfaat fasilitas IoT pada pendidikan yang akan sangat berguna dan dapat memberikan nilai plus untuk kegiatan belajar mengajar.

Hal ini dapat di lihat dari perkembangan yang nantinya akan memberikan kemudahan pada komunikasi antara siswa dan guru dengan melakukan monitoring secara langsung melalui gadget tanpa ada batasan.

Bagikan artikel ini: