android atau ios

Programmer : Pilih Andoid atau iOS?

Software Developer – Di era yang serba mobile dan tanpa ribet sekarang ini, tidak salah jika aplikasi yang mendukung kegiatan bisnis merupakan prioritas utama bagi pengguna teknologi, baik itu android atau ios.

Fleksibilitas dalam pengggunaannya merupakan poin utama dari pesatnya perkembangan aplikasi mobile saat in.

Sistem operasi Android dan iOS merupakan dua sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan saat ini. Bagi pelaku usaha dan bisnis tentu akan lebih baik jika membuat aplikasi mobilitas bisnis untuk kedua sistem operasi tersebut, tetapi tidak semua pelaku usaha dan bisnis memiliki budget yang cukup untuk itu karena untuk membuat aplikasi tersebut membutuhkan budget yang tidak sedikit.

android vs ios

Android Atau Ios ?

Sebelum menentukan sistem operasi mana yang akan digunakan, ada baiknya jikalau anda sudah mengatahui kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem operasi tersebut.

Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari kedua sistem operasi ini :

Dari segi pengembangan aplikasi, aplikasi Android umumnya dibangun dengan Bahasa pemrograman Java dan Kotlin.

Developer aplikasi android biasanya juga dibantu dengan Advance Google Development Tools seperti Android Jetpack, Firebase, dan Android SDK yang merupakan sekumpulan library, fitur, dan panduan untuk membantu para pengembang untuk membangun dan mengembangkan apikasi android dengan lebih mudah.

Kelebihan Sistem Operasi Android

  • Pengembang Android menerima akses yang lebih banyak untuk pengembangan fitur
  • Pengembang Android dapat mengembangkan aplikasi untuk berbagai device Android, karena tidak hanya Smartphone yang menggunakan sistem operasi ini, device lain seperti jam tangan pintar, TV dan lain sebagainya.
  • Pengembang Android dapat menggunakan Google Design Guidelines untuk mendesain user interface yang mudah dipahami oleh pengguna.

Kekurangan Sistem Operasi Android

  • Walaupun aplikasi Android dapat diaplikasikan ke banyak device, hal ini bisa juga menjadi kekurangan karena Android Device terdiri dari banyak ukuran dan resolusi, hal tersebut dapat menjadi sebuah penghalang, karena pengembang akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Simak Juga : Peluang e-commerce di Indonesia 2020

  • Dalam hal testing sebelum launching juga akan memakan waktu, karena alasan tadi, device Android tersedia dalam berbagai perangkat
  • Karena memakan waktu yang banyak dalam pengembangan dan testing tersebut, tentu akan memakan biaya yang cukup banyak, tetapi semua itu tergantung kepada sekompleks apa fitur yang ada dalam aplikasi tersebut

Kelebihan Sistem Operasi IOS

Aplikasi iOS, berbanding terbalik dengan Aplikasi Android, iOS memiliki code yang closed-source, yang artinya hanya perangkat Apple yang bisa menggunakannya, beberapa Developing tools untuk iOS seperti iOS SDK, XCode, Swift Playground, dan SwiftFlight. Kelebihan dari Aplikasi iOS adalah sebagai berikut :

  • Banyak pengguna device Apple yang mengeluarkan uang untuk membeli Aplikasi dibanging dengan pengguna Android
  • Dengan jumlah device yang tidak sebanyak Device Android, pengembang aplikasi iOS tidak serepot pengembang Android

Kekurangan Aplikasi IOS

  • Untuk merilis aplikasi ke App Store cukup sulit karena harus melewati banyak Guidelines dan Review
  • Sulit untuk mengkostumisasi aplikasi karena berbagai kebijakan dari Apple

Jadi, Android atau Ios ?

Pada akhirnya, sebelum menentukan aplikasi apa yang akan anda buat, ada baiknya anda melakukan pertimbangan terlebih dahulu, karena kedua sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Dan jangan lupa dasari pertimbangan tersebut pada anggaran, ide bisnis, target, dan hal lainnya dirasa penting.

WhatsApp Tanyakan di sini