Update . 29 November 2021

Big Data Analytics Tools Terbaik | Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda !

Majapahit Teknologi - Penggunaan Big Data pada proses database di sebuah organisasi sudah sering dilakukan. Mengingat, big data memiliki beragam kelebihan yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Disamping big data tersebut, tentu saja terdapat beberapa tools big data yang banyak memberikan benefit untuk mendukung aktivitas big data tersebut.

Big Data Analytics Tools

Tools big data terbaik

Baca : Apa Itu Big Data : Pengertian, Karakteristik & Contoh Penerapannya

Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis tools big data yang bermanfaat tersebut:

Tableau

software big data pertama yang akan dibahas adalah Tableau. Dimana, Tableau memiliki fungsi menghubungkan data dari berbagai sumber.

Baik dari Microsoft excel, internet, maupun server lainnya yang memiliki data untuk selanjutnya diolah pada big data.

Cara kerja dari Tableau ini adalah ouput dari proses pemograman datanya terdiri dari berbagai jenis.

Adapun output yang dimaksud dapat berbentuk grafik, bagan, tabel, bahkan tampilan dashboard.

Hasil tersebut pun bersifat real time (dapat diperbaharui sesuai dengan waktu yang berlaku).

Anda juga dapat mengunduh ouput dari Tableau tersebut bahkan membagikan link unduhannya di sosial media sebagai bentuk solusi analisis data.

Domo

Tools big data selanjutnya yang akan diperkenalkan kepada Anda semua adalah Domo. Dimana, Domo tersebut merupakan bentuk database berbasis cloud.

Fungsi domo ini adalah menggabungkan berbagai data dari berbagai sumber seperti spreadsheet, database cloud, dan berbagai hal lainnya.

Domo merupakan salah satu aplikasi big data yang sangat special, dimana di dalamnya terdapat Business Intelligence yang memanfaatkan kolaborasi presentasi visual dan fitur pemberian komentarnya.

Domo juga dapat diakses menggunakan gadget Anda sehingga semakin mudah untuk diakses di mana saja dan kapan saja.

Looker

Looker merupakan tools big data selanjutnya yang wajib Anda ketahui sebagai bagian paling bermanfaat pada big data tersebut.

Dimana, Looker memiliki manfaat membentuk dan mengubah data yang ada sesuai kebutuhan dengan fitur – fitur yang tersedia di dalamnya.

Adapun fitur – fitur yang dimaksud tersebut adalah extract, load, transform (ELT).

Salah satu dari fitur di atas tersebut memiliki manfaat menyampaikan data langsung ke software yang ada pada big data tersebut.

Pada Looker tersebut, Anda sebagai user dapat memberikan komentar dan pertanyaan yang spesifik sesuai dengan Bahasa bisnis yang digunakan tersebut.

Sisense

Sisense adalah tools big data lainnya yang memiliki manfaat signifikan pada aplikasi Big Data tersebut. Dimana, Sisense berfungsi dalam memudahkan dan menyederhanakan proses analisis data.

Fitur – fitur, visualisasi, dan kemampuan analisis menjadi semakin mudah dan sederhana untuk diakses bahkan bagi pemula.

Knime

Tools big data selanjutnya yang memiliki fitur beragam dan sangat bermanfaat bagi user big data adalah Knime.

Knime atau dikenal sebagai Kontansz Information Miner merupakan software big data yang berfungsi sebagai penggabung berbagai komponen untuk menganalisis dan menggali informasi (dikenal dengan proses data mining dan machine learning).

Hasil yang diberikan oleh Knime ini adalah visual programming sebab mengandalkan proses open source pada penganalisisan dan penggalian informasi yang tersedia tersebut. Knime sangat cocok digunakan untuk proses analisis mendalam.

Skytree

Skytree merupakan tools big data yang memiliki fungsi sebagai pembangun model secara cepat dan akurat. Adapun tools – tools yang dimiliki oleh skytree adalah Artificial Intelligence (AI), Model Interpretability, serta akses GUI dan programatik.

Xplenty

Tools big data ini merupakan tools berbasis cloud yang memiliki jalur pipa data sederhana yang menghasilkan visualiasasi aliran data kepada berbagai sumber secara otomatis.

Xplenty memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah keamanan tinggi, fleksibilitas dalam pengiriman data seperti data warehouse atau salesforce.

Rapidminer

Tools big data selanjutnya yang memiliki manfaat tentang program analisis maupun pengolahan data adalah rapidminer.

Rapidminer ini memiliki berbagai kelebihan, dimana kelebihannya adalah algoritma aslinya yang sangat beragam.

Data tracking dan analisis yang update sesuai dengan real – time.

Menunjang perubahan dan pembersihan data, pelaporan yang lebih terarah dan komprehensif, skalibilitas yang efisien dan efektif untuk digunakan, dan fitur keamanan yang tinggi sehingga terjamin dengan baik.

Hadoop

Hadoop adalah aplikasi big data yang didesain khusus untuk memproses dan menyimpan data dengan ukuran tinggi.

Dimana, data yang dapat diproses pada tools ini dapat dimulai dengan ukuran terabyte hingga pentabyte. Sehingga, benar – benar efektif dan efisien untuk pemrosesan data besar.

Map Reduce

Tools selanjutnya yang dimiliki oleh Big Data adalah Map Reduce. Dimana, map reduce ini memiliki fungsi untuk memproses data yang banyak dan ganda secara cepat dan efektif.

Selain itu, map reduce juga dapat membagi – bagikan data besar menjadi data kecil hingga diproses ke berbagai alat.

Grid Gain

Grid gain umumnya sama dengan beberapa tools big data lainnya. Yakni, melakukan proses analisis data secara real time atau sesuai dengan waktu yang berlaku.

Sehingga, tools ini sangat tepat digunakan untuk mengevaluasi data pada memori mesin virtual.

HPCC

HPCC dianggap sebagai software big data yang memiliki kekuatan terbaik dalam proses analisis dan pengolahan data.

Dimana, HPCC ini memiliki kelebihan dalam menawarkan hasil dengan performa tinggi, memproses data parallel dengan baik, dan memberikan proses utilitas big data yang baik pada sebuah aplikasi.

Disco

Disco merupakan tools big data selanjutnya yang memungkinkan pemulihan dari big data itu sendiri.

Nah, Disco juga digunakan untuk memproses berbagai data yang ada yakni Big Data itu sendiri, data discovery atau pemulihan data, dan data sains yang hendak dianalisis pada program tersebut.

Lumify

Lumify merupakan tools big data yang memiliki fungsi membantu user atau pengguna untuk mencari koneksi dan hubungan antara data yang dianalisis tersebut.

Selain itu, Lumify ini mengAndalkan penggabungan, analisis, dan platform visualisasi yang tepat.

Pandas

PAndas menjadi tools big data yang mengAndalkan Phyton sebagai teknologi pendukungnya. Penggunaan PAndas ini digunakan pada proses analisis dan manipulasi data yang dibutuhkan dalam pelaporan data pada suatu organisasi.

Storm

Tools big data selanjutnya yang akan dibahas adalah storm. Storm big data merupakan tools yang bersifat real time dan memanfaatkan berbagai Bahasa pemograman.

Hal ini membuat tools dianggap lebih user friendly atau mudah digunakan bahkan bagi pemula.

Apache Hadoop

Apache Hadoop merupakan tools big data yang deprogram khusus untuk menangani berbagai permasalahan yang datang.

Bahasa pemograman yang digunakan pada Apache Hadoop adalah Java sehingga lebih bersifat user friendly atau mudah digunakan.

MongoDB

MongoDB menjadi tools big data pilihan selanjutnya dimana memiliki cara penggunaan yang mudah, ditinjau dari kemudahan pengoperasian data format, analisis secara real time, proses integrasi data yang cepat, fleksibel penggunaan datanya, dan berbagai keunggulan lainnya.

Pentaho

Software big data Pentaho sering dijadikan sebagai solusi analitik dalam mengakses data dan mengintegrasikan visualisasi data tersebut secara prediktif dan analitik. Hal ini membuat user dapat melihat hasil analisis secara interaktif melalui report yang tersedia.

Cassandra

Tools big data terakhir yang sering digunakan adalah Cassandra. Dimana, pada aplikasi ini dapat difungsikan untuk menganalisis dan mengelola data yang besar dan terdapat pada banyak server.

Selain itu, performanya lebih cepat dalam pengaksesan data sehingga lebih efisien digunakan.

Penutup

Dua puluh tools big data di atas tentu saja dapat Anda pilih salah satunya sebagai program database pada organisasi atau bisnis Anda.

Setiap software memiliki kelebihan masing – masing yang tujuan utamanya tentu saja untuk mempermudah proses penganalisisan data.

Bagikan artikel ini: