Update . 24 August 2021

Apa Itu Aplikasi : Pengertian, Fungsi, Klasifikasi & Contohnya

Majapahit Teknologi – Pada saat ini, penggunaan teknologi semakin banyak digunakan dengan bertambahnya berbagai produk elektronik seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya. Begitpun dengan kebutuhan aplikasi yang saat ini semakin banyak digunakan pada smartphone, baik secara android maupun IOS. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui apa itu aplikasi, fungsi manfaat dan lain sebagainya.

Ya, dengan kehadiran aplikasi, kita bisa mengetahui berbagai sumber pengetahuan seperti Pendidikan, hiburan, bisnis dan sebagainya, misalnya seperti aplikasi Youtube, berkat YouTube kita bisa menonton apapun dengan konten yang berbeda-beda.

Adapun aplikasi edit foto, games, tulis menulis dan sebagainya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi. Oleh karena itu, kehadiran aplikasi saat ini sangatlah penting.

Tentunya, pada ulasan kali ini, Admin akan senantiasa membahas mengenai apa itu aplikasi, manfaat, fungsi pada masing-masing bidang, simak sebagai berikut.

Apa Itu Aplikasi

Pengertian Aplikasi adalah perangkat lunak atau software yang di dalamnya menggabungkan berbagai fitur tertentu dengan cara yang bisa di akses oleh user.

Dalam ilmu komputer, aplikasi merupakan software atau program komputer yang dapat di operasikan pada sistem tertentu yang dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu.

Saat ini, sudah banyak sekali bahkan jutaan aplikasi yang tersedia pada Play Store yang menawarkan berbagai aplikasi gratis pada sistem operasi Android. Adapun layanan IOS yang menyediakan aplikasi gratis khusus untuk pengguna produk Apple.

Selain itu, pengembangan aplikasi dibagi menjadi tiga kelompok, sebagai berikut :

  • Dektstop, yaitu merupakan aplikasi yang hanya dapat di jalankan pada perangkat komputer dan laptop.
  • Aplikasi Web adalah aplikasi yang bisa di dijalankan dengan menggunakan komputer serta membutuhkan koneksi internet ketika Anda ingin mengaksesnya.
  • Mobile adalah aplikasi yang bisa di operasikan pada perangkat mobile misalnya seperti Android dan IOS.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Adapun para ahli yang memberikan tanggapan terkait dengan aplikasi, simak sebagai berikut :

Santoso

Menurut Santoso, aplikasi merupakan sebuah kelompok file, dimulai dari Form, class sampai dengan report yang memiliki tujuan untuk melakukan tugas tertentu dengan saling berkaitan, misalnya seperti aplikasi CRM, payroll dan lain-lain.

Pramana

Ahli Pakar Prama memberikan komentarnya terkait dengan aplikasi yang merupakan sebuah unit perangkat lunak yang telah diciptakan untuk berbagai kebutuhan aktivitas seperti pelayanan masyarakat, periklanan atau seluruh kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia.

Chasman

Aplikasi adalah suatu intruksi atau perintah khusus yang di ciptakan dalam perangkat komputer dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas manusia.

Fungsi dan Manfaat Aplikasi di Berbagai Bidang

apa itu aplikasi dan fungsinya di berbagai bidang

Banyak sekali fungsi aplikasi pada bidang kehidupan seperti ilmu pengetahuan, Pendidikan, bisnis dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih detail, simak ulasan berikut :

Pendidikan

Saat ini banyak sekali aplikasi yang memberikan sebagai bahan ajar untuk guru maupun siswa. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan kehadiran aplikasi Microsoft PowerPoint yang memiliki fuungsi untuk presentasi, baik itu sebagai bahan ajar untuk guru maupun siswa.

Selain itu, pada aplikasi tersebut tidak hanya sekedar tulisan saja. Namun, banyak juga fitur tambahan seperti video, animasi dan lain sebagainya. Sehingga suasana belajar pun bisa lebih menarik serta menyenangkan.

Kedokteran

Fungsi aplikasi pada bidang kedokteran adalah membantu para dokter untuk memberikan pengetahuan seputar penyakit, meracik obat, jadwal berobat dan lain sebagainya.

Selain memberikan kemudahan untuk para dokter, aplikasi kedokteran juga membantu para pasien atau orang sedang terkena penyakit untuk menemukan obat-obat rekomendasi dari aplikasi tersebut.

Militer

Pada bidang militer, aplikasi dapat membantu untuk digunakan sebagai pengontrol pesawat. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada lagi pengontrolan dengan cara manual. Selain itu, informasi yang didapatkan pun bisa lebih maksimal dibandingkan dengan cara manual.

Pengetahuan

Di bidang pengetahuan, aplikasi membantu para pelajar untuk mendapatkan informasi mengenai ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Tentu saja, aplikasi tersebut dibutuhkan dan di kembangkan untuk membantu penelitan.

Bisnis

Di era yang serba modern ini, bisnis semakin berkembang dengan mengikuti trend teknologi saat ini. Tentunya aplikasi bisnis bisa membantu untuk menghitung keuntungan yang di dapat dengan cara yang cepat, mudah serta akurat.

Selain dari beberapa fungsi aplikasi di berbagai bidang. Ada juga fungsi aplikasi yang digunakan secara umum, sebagai berikut :

Media Hiburan

Secara umum, fungsi aplikasi saat ini banyak juga digunakan untuk sarana hiburan yang sangat menyenangkan, misalnya seperti bermain game, menonton film dan lain sebagainya.

Aplikasi ini di buat dengan tujuan agar seseorang tidak mudah merasa bosan dimanapun berada.

Mempermudah Pekerjaan Manusia

Selain daripada hiburan, fungsi aplikasi secara umum dapat mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.
Misalnya seperti Anda ingin membuat laporan dengan Microsoft Word.

Anda tidak harus membuat laporan dengan cara menulis karena pada aplikasi Microsoft Word, Anda bisa membuat laporan dengan mudah dan cepat.

Sebagai Berita Terbaru

Aplikasi juga memiliki fungsi untuk melihat kabar berita terbaru dan terupdate. Sehingga, Anda tidak tidak akan tertinggal dari berita terbaru saat ini.

Komunikasi dan Pertemenan

Dengan hadirnya aplikasi, Anda tidak harus berkomunikasi dengan cara bertemu secara langsung jika dalam keadaan sibuk. Anda hanya harus mengabarkan seseorang hanya dengan menggunakan aplikasi chating seperti massanger, WhatsApp dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat menambah pertemanan melalui aplikasi seperti facebook, Instagram dan lainnya.

Klasifikasi Aplikasi

Oleh karena itu, untuk dapat memudahkan Anda dalam mengenal jenis aplikasi, maka aplikasi di kelompokan menjadi 6 bagian, simak sebagai berikut :

Real Time Software

Klasifikasi aplikasi pada real time software adalah aplikasi yang mempunyai fungsi untuk menganalisa dan mengendalikan berbagai kejadian pada dunia nyata ketika sedang berlangsung.

System Software

Selanjuntya adalah system software yang merupakan sebuah aplikasi dengan tujuan untuk mengelola serta mengendalikan berbagai proses pada operasi internal di dalam sistem komputer.

Business Software

Adalah aplikasi yang di ciptakan dengan tujuan untuk mengembangkan suatu bisnis, misalnya seperti mengatur keuangan, manajamen pemasaran, memantau kehadiran karyawan dan lain sebagainya.

Engineering and Scientific Software

Merupakan sebuah aplikasi yang di buat untuk membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Web Based Software

Berikutnya adalah web based software yang mempunyai fungsi sebagai media untuk penghubung internet antara pengguna (user) dengan secara langsung.

Personal Computer Software

Terakhir adalah Personal computer software yang merupakan sebuah aplikasi untuk di gunakan kepada pengguna resmi dan juga pribadi yang pada saat ini sudah banyak digunakan.

Jenis Aplikasi

Secara umum, aplikasi terbagi menjadi beberapa bagian, simak sebagai berikut :

Aplikasi Asli (Native)

Aplikasi semacam itu dikembangkan untuk sistem operasi seluler tunggal secara eksklusif, oleh karena itu aplikasi tersebut “asli” untuk platform atau perangkat tertentu.

Aplikasi yang dibangun untuk sistem seperti iOS, Android, Windows Phone, Symbian, Blackberry tidak dapat digunakan pada platform selain milik mereka.

Dengan kata lain, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi Android di iPhone.

Keuntungan utama dari aplikasi asli adalah kinerja tinggi dan memastikan pengalaman pengguna yang baik karena pengembang menggunakan UI perangkat asli.

Selain itu, akses ke berbagai API yang tidak membatasi penggunaan aplikasi. Aplikasi asli jelas dapat diakses dari toko aplikasi dari jenisnya dan memiliki kecenderungan yang jelas untuk menjangkau pelanggan sasaran.

Beberapa kontra terhadap aplikasi asli lebih mahal dibandingkan dengan jenis aplikasi lain – karena kebutuhan membuat duplikat aplikasi untuk platform lain.

Dukungan dan pemeliharaan terpisah untuk berbagai jenis aplikasi yang menghasilkan harga produk yang lebih besar.

Aplikasi hibrid (Hybrid)

Mereka dibangun menggunakan teknologi web multi-platform (misalnya HTML5, CSS dan Javascript). Yang disebut aplikasi hibrid sebagian besar adalah aplikasi situs web yang disamarkan dalam pembungkus asli.

Aplikasi memiliki pro dan kontra biasa baik aplikasi mobile asli maupun web.

Aplikasi multi-platform hybrid cepat dan relatif mudah dikembangkan – keuntungan yang jelas. Basis kode tunggal untuk semua platform memastikan perawatan murah dan pembaruan lancar.

API yang banyak digunakan, seperti giroskop, akselerometer, geolokasi tersedia.

Di sisi lain, aplikasi hybrid kurang dalam kinerja, kecepatan dan optimasi keseluruhan dibandingkan dengan aplikasi asli misalnya.

Juga, ada masalah desain tertentu karena ketidakmampuan aplikasi untuk melihat dengan cara yang persis sama pada dua atau lebih platform.

Aplikasi web

Ini adalah aplikasi perangkat lunak yang berperilaku mirip dengan aplikasi asli. Aplikasi web menggunakan browser untuk menjalankan dan biasanya ditulis dalam HTML5, JavaScript atau CSS.

Hal ini di karenakan aplikasi ini mengarahkan pengguna ke URL dan menawarkan opsi “instal” dengan hanya membuat bookmark ke halaman mereka.

Selain itu, aplikasi web memerlukan memori perangkat minimum, sebagai aturan. Karena semua basis data pribadi disimpan di server, pengguna dapat memperoleh akses dari perangkat apa pun kapan pun ada koneksi internet.

Itulah sebabnya penggunaan aplikasi web dengan koneksi yang buruk akan menghasilkan pengalaman pengguna yang buruk.

Kekurangannya adalah akses ke tidak banyak API untuk pengembang, dengan pengecualian geolokasi dan beberapa lainnya.

Contoh Program Aplikasi

Baca Juga : Aplikasi Android Paling Populer

Banyak sekali contoh aplikasi yang sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari untuk kebutuhan bekerja, hiburan dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah contoh program aplikasi yang sering di pakai, simak sebagai berikut :

  • Microsoft Word, merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk membuat, membaca dan mengolah kata serta membuat dokumen dengan berbagai fitur menarik yang sangat lengkap.
  • MS. Powepoint, adalah aplikasi yang sering di pakai untuk di gunakan sebagai presentasi maupun pembelajaran siswa di sekolah.
  • Adobe Photoshop & Corel Draw, ialah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengedit sebuah gambar atau foto menjadi lebih menarik.
  • Adobe Premiere & Adobe Affter Effects, merupakan sebuah aplikasi yang di buat untuk di gunakan sebagai edit video agar terlihat menjadi lebih menarik dan professional.
  • Google Chrome & Mozila Firefox, ialah sebuah aplikasi web browser yang berfungsi untuk membantu user untuk menjelajahi dunia internet.

Jika Anda ingin membuat aplikasi yang digunakan untuk bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Anda bisa menghubungi kami untuk menjalin kerja sama dalam pembuatan aplikasi Android maupun IOS secara mobile dan juga desktop. Adapun Portofolio yang bisa Anda lihat terlebih dahulu, sebagai berikut :

Jika Anda tertarik, Anda bisa menghubungi kami Disini.

Penutup

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu aplikasi dan beberapa klasifikasi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat ?

Bagikan artikel ini: