SEM . 06 August 2021

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) & Cara Kerjanya

Majapahit Teknologi – Sebenarnya banyak sekali metode lain untuk teknik digital marketing demi meningkatkan traffic atau kunjungan kedalam website dari hasil pencarian. Metode tersebut ialah dengan menggunakan Search Engine Marketing (SEM). Lalu, apa itu search engine marketing (SEM)? Mari kita simak Bersama-sama.

Tentu saja bagi para pelaku bisnis di bidang digital, istilah SEO atau SEM mungkin tidak asing lagi, karena mereka sudah sering menggunakan metode tersebut.

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)

Pengertian Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi digital marketing, sama seperti SEO, SEM memiliki tujuan untuk menghadirkan website Anda di urutan paling teratas pada hasil pencarian mesin pencari.

Namun, hal tersebut dengan catatan, Anda harus bersedia mengeluarkan biaya yang telah ditentukan oleh Anda, mengapa ? Karena website Anda nantinya dianggap sebagai iklan (Ads).

Oleh karena itu, orang-orang sering menyebutnya dengan istilah SEM sebagai paid search Ads, pay per-click (PPC), Cost Per Click (CPM dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang belum paham mengenai SEO, Anda bisa membaca SEO secara detail di bawah ini.

Baca : Pengertian SEO & Cara Kerjanya

apa itu SEM dan cara kerjanya

Mengapa Harus Menggunakan SEM ?

Walaupun Anda mengandalkan berbagai Teknik SEO untuk mengoptimalkan website di hasil pencarian organic, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan SEM, mengapa ? Simak alasannya sebagai berikut.

SEM Dapat Menentukan Target Audiens

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketimbang SEO adalah Anda dapat menentukan target secara spesifik dengan menggunakan SEM.

Menentukan target audiens yang seperti apa ? Ya, Anda bisa memilih karakteristik tertentu yang dapat melihat iklan Anda.

Karakteristik tersebut dimulai dari usia, jenis kelamin, ketertarikan, sampai dengan lokasi bisa Anda tentukan hanya dengan menggunakan SEM.

Tidak Harus Mengeluarkan Banyak Biaya untuk Memulainya

Pada dasarnya ketika Anda menggunakan SEM, Anda harus memerlukan biaya, namun biaya tersebut tidak harus dengan budget yang besar untuk dapat memulainya.

Hal ini di karenakan, Anda dapat menentukan sendiri besarnya budget yang akan dikeluarkan untuk SEM nantinya, dimulai dari ratusan ribu atau bahkan sampai dengan puluhan juta rupiah.

Meningkatkan Conversion Rate

Alasan berikutnya adalah dengan menggunakan SEM, Anda dapat meningkatkan conversion rate pada website. Selain daripada itu, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah kata kunci dengan search intent pembelian yang digunakan untuk website Anda nantinya.

SEM lebih cepat Dibandingkan dengan SEO

Ketika Anda baru saja menggunakan website untuk meningkatkan penjualan. Admin menyarankan untuk menggunakan SEM, mengapa ? Karena hasil SEM dapat Anda rasakan lebih cepat dibandingkan dengan SEO yang membutuhkan waktu dengan cukup lama.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu website agar muncul dalam hasil pencarian dengan lebih cepat.

Manfaat SEM

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan SEM untuk mengoptimalkan bisnis pada website Anda, simak sebagai berikut.

Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Ketika Anda menggunakan SEM, website yang sedang Anda kelola akan muncul pada bagian teratas di hasil mesin pencarian. Oleh karena itu, secara tidak langsung, bisnis Anda muncul di hadapan banyak orang, begitupun dengan calon pembeli produk atau jasa Anda.

Jumlah Trafik Meningkat

Orang-orang yang tertarik dengan iklan Anda sudah dipastikan akan mengklik dan langsung di arahkan kedalam website bisnis Anda. Dengan begitu, traffic atau kunjungan website pun tentu semakin meningkat.

Penjualan Semakin Meningkat

Semakin banyaknya orang yang melihat iklan Anda, tentu saja semakin besar juga kemungkinan untuk meraih penjualan bisnis Anda.

Manfaat SEM
Ilustrasi Google Analytics

Cara Kerja SEM

Apabila Anda memiliki bisnis Jasa, misalnya seperti jasa pembuatan aplikasi, website, digital marketing dan lain sebagainya.

Dan jasa tersebut akan Anda iklankan melalui layanan Google Ads, dengan keyword yang sudah ditentukan oleh Anda.
Pastinya, banyak sekali diluar sana pesaing yang juga menampilkan jasa yang sama dengan keyword yang tidak jauh bedanya dengan yang Anda targetkan.

Oleh karena itu, SEM menggunakan system lelang atau bid. Ada beberapa kriteria tertentu yang besar kemungkinan iklan Anda muncul di keyword tertentu yang sudah di targetkan.

Berikut adalah beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut.

  • Quality Score = Berfungsi untuk mengukur seberapa besar kualitas iklan yang Anda tampilkan. Hal tersebut dilihat dari seberapa berkualitasnya potensi klik dan relevan iklan dengan keyword yang Anda tentukan.
  • Max CPC Bid = Maksimal biaya yang Anda keluarkan untuk setiap iklan yang di klik.
  • Ad Rank = ialah suatu peringkat yang diberikan oleh platform seperti Google Ads untuk iklan Anda. Ad rank bisa di raih dengan semakin tingginya Max CPC Bid & Quality Score.

Semakin tinggi seluruh kriteria diatas, maka semakin tinggi pula iklan Anda untuk muncul dengan rank terbaik. Dengan kata lain, iklan Anda memiliki peluang untuk tampil lebih tinggi jika Anda memiliki budget yang besar serta iklan yang Anda tampilkan sudah relevan dengan keyword yang di targetkan.

Apakah Wajib Menggunakan SEM ?

Jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah diri Anda sendiri, mengapa ? karena Anda sendiri yang paham betul mengenai kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah website bisnis Anda cukup menggunakan SEO atau harus juga menggunakan SEM?

Baca Juga : Apa Itu Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu SEM yang dapat membantu website bisnis Anda lebih optimal pada hasil mesin pencarian melalui iklan berbayar seperti platform Google Ads dan lain sebagainya. So, Anda lebih memilih untuk menggunakan SEO atau SEM ? Atau bahkan keduanya secara sekaligus ?

Bagikan artikel ini: