Apa Itu Relationship Manager ? Tugas & Gaji Posisi Relationship Manager

Majapahit.id – Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai CRM Software Indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai apa itu relationship manager beserta tugas dan gaji pokok yang akan diterima. Simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian Relationship Manager

Relationship Manager adalah seseorang yang bekerja atau memiliki tugas untuk dapat meningkatkan hubungan bisnis dengan Perusahaan, Baik itu mitra dan juga klien.

Pada umumnya, manajemen hubungan dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Manajemen hubungan bisnis
  2. Manajemen hubungan klien

Dari kedua bidang manajemen tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dapat memfasilitasi hubungan yang baik dengan para pelanggan, customer, klien, rekan bisnis dan lain sebagainya.

Dengan demikian, bisnis yang sudah dibicarakan bisa memaksimalkan nilai hubungan tersebut serta mempertahankan reputasi yang baik untuk kedepannya.

Tentu saja keterampilan yang hebat dalam berkomunikasi & berkoordinasi adalah hal yang sangat diperlukan untuk menjadi relationship manager. Komunikasi menjadi hal yang penting agar bisa berkomunikasi secara baik dengan klien dan mitra lainnya.

Relationship Manager harus bisa bekerja sama dengan staff yang berhubungan dengan pelanggan untuk bisa membantu mereka agar memahami kebutuhan klien & memotivasi mereka agar memberikan standar layanan yang terbaik.

Selain mempunyai keterampilan untuk berkomunikasi, relationship manajer harus memiliki kemampuan untuk analitis yang sangat kuat agar bisa memahami keseluruhan mengenai produk atau layanan yang memang dijual, target yang mereka jual dan tren yang lebih luas.

Tentu saja semakin memahami aspek bisnis, maka akan baik & efisien dalam berkomunikasi dengan klien atau membantu staff lainnya agar memenuhi kebutuhan klien dan mitra.

Jenis Relationship Manager

Perlu diketahui, jika di Perusahaan kecil, relationship manager memiliki tanggung jawab untuk mengawasi berbagai aspek hubungan bisnis & klien.

Namun, jika di Perusahaan yang besar, relationship akan di bagi menjadi 2 bidang, yakni sebagai berikut.

Client Relationship Managers

Pertama adalah Client Relationship Managers atau dalam bahasa indonesia manajer hubungan klien yang memiliki tujuan untuk bisa membangun hubungan dengan para klien. Hal ini berdasarkan pada kepercayaan dan nilai. Tentu, hal ini akan sangat membantu untuk dapat menciptakan hambatan yang sangat kuat terhadap persaingan.

Manajer hubungan klien akan bekerja dengan eksekutif senior, manajer penjualan, teknis atau bahkan direktur keuangan. Selain itu, bisa juga bekerja sama secacra langsung bersama klien untuk bisa mengatasi masalah.

Business Relationship Managers

Selanjutnya adalah Business Relationship Managers atau dalam bahasa indonesia nya adalah manajer hubungan bisnis yang akan bertugas untuk selalu mengawasi komunikasi internal unit bisnis didalam Perusahaan.

Manajer hubungan bisnis akan senantiasa untuk selalu mencari tren, menangani masalah, menganalisa komunikasi, kontrak & negosiasi.

Tugas Relationship Manager

Berikutnya adalah pembahasan mengenai tugas dari Relationship Manager. Dalam tugas relationship manager, pengelolaan hubungan konsumen akan dipecah menjadi 3 tugas yang tentu saja masih saling berkaitan.

Nah, untuk penerapan tugas tersebut tentu saja berdasarkan konsumen tertentu, tugasnya sebagai berikut.

Memahami Konsumen

Tugas dari relationship manager yang pertama adalah menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen. Oleh karena itu, tugas ini adalah untuk memahami & mengenal konsumen secara dekat.

Karena bukan tidak mungkin jika Perusahaan besar tidak mengenal atau tidak mengetahui identitas pelanggan mereka. Padahal ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh Perusahaan agar Perusahaan tersebut bisa mengenali audiens atau pelanggan secara dekat.

Dengan begitu, hal ini secara tidak langsung memastikan sebuah Perusahaan untuk menandai pelanggan secara individu atau perorangan.

Pertama-tama Anda memberikan pemahaman kepada pelanggan untuk memberikan pengertian bahwa mereka sedang berbisnis dengan Perusahaan apa, pihak siapa atau bahkan dengan pihak mana Perusahaan bekerja sama. Dengan begitu, hubungan akan terjalin dengan baik dan akan saling menguntungkan.

Selain dari pada itu, Perusahaan juga harus tahu kapan pelanggan atau konsumen akan kembali lagi & mengetahui seluk beluk setiap detail para konsumen, hal ini termasuk seperti perilaku, pilihan serta karakteristik.

Memperbedakan Konsumen

Tentunya, seorang relationship manager harus mengetahui untuk membedakan setiap konsumen tertentu. Karena hal tersebut sangat penting serta memberikan Perusahaan untuk bisa fokus pada sumber daya yang nantinya akan membawakan value kepada konsumen itu sendiri atau bahkan Perusahaan.

Untuk membedakan konsumen atau pelanggan nantinya akan melewati proses kategorisasi konsumen. Hal tersebut akan di nilai berdasarkan apa yang mereka miliki.

So, lebih baik jika Anda yang mendahulukan konsumen untuk dapat berbisnis secara bersamaan daripada konsumen yang nilainya belum jelas.

Berinteraksi Dengan Konsumen

Tentu saja interaksi adalah hal yang sangat penting bersama konsumen. Dengan interaksi yang efektif dengan para pelanggan nantinya akan memberikan sebuah pengetahuan yang lebih baik mengenai apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Tugas dan gaji posisi relationship manager

Simak : Tugas Payroll Staff | Persyaratan & Skill yang dibutuhkan

Gaji Relationship Manager di Indonesia

Di kutip dari indeed, rata-rata gaji pokok untuk posisi relationship manager di Indonesia adalah sebesar Rp. 4.607.579 untuk Perbulannya.

Tentu saja hal ini termasuk wilayah yang berada di Indonesia.

  • Jakarta : Rp. 6.007.115
  • Bandung : Rp. 5.135.239
  • Surabaya : Rp. 4.572.298
  • Denpasar : Rp. 3.801.178

Kesimpulan

Relationship Manager membantu Perusahaan untuk bisa mempertahankan reputasi positif di berbagai kalangan karena bisnis yang dipandang sebagai kontributor positif bagi masyarakat adalah bisnis yang mampu menarik klien dan mitra bisnis.

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu relationship manager, tugas dan gaji pokok yang diterima disetiap bulannya. Semoga bermfaat.

Whatsapp