Apa Itu HTML ? Pengertian, Sejarah & Fungsinya

Majapahit.id – Jika Anda adalah seorang programmer, pastinya Anda sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman HTML yang merupakan bahasa program paling dasar ketika ingin memulai belajar menjadi seorang programmer. Namun jika Anda adalah seorang pemula, Anda harus memulainya dari hal yang paling dasar yaitu HTML. Lalu, apa itu HTML ? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pekerjaan menjadi seorang programmer tentu saja sangat menyenangkan apalagi dengan gaji programmer yang tentu saja sangat menggiurkan dan juga banyak dicari oleh industri teknologi pada saat ini.

Oleh karena itu, sebagai calon seorang web developer yang sukses, Anda harus menguasai bahasa markup yang akan membantu Anda untuk merancang struktur halaman website yakni HTML.

Pengertian HTML

Apa itu HTML ? Ya, HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language (HTML) yang merupakan sebuah bahasa dalam pemrograman yang memang digunakan untuk mengembangkan website.

Dengan demikian, halaman website yang Anda ciptakan disusun dengan menggunakan bahasa HTML dan kemudian diterjemahkan dalam bahasa komputer agar dapat dipahami oleh pengguna.

HTML disusun dengan menciptakan suatu simbol dan kode tertentu yang akhirnya dimasukan kedalam dokumen atau file dan ketika dibuka pada suatu browser maka akan tampilah hasil dari HTML tersebut.

Penjelasan mengenai Hypertext, Markup & Languange. Sebagai berikut:

  • Hypertext bisa di bilang merupakan suatu metode yang dipakai untuk berpindah tempat dari halaman 1 ke lainnya dengan bantuan simbol tertentu.
  • Markup ialah suatu tindakan yang dilakukan dalam tag html untuk text yang berada didalamnya.
  • Language ialah suatu script atau bahasa pemrograman yang memiliki kata-kata untuk disusun berupa tag tertentu dengan tujuan untuk diterjemahkan dalam teks yang terlihat pada website.

Sejarah HTML

Ternyata HTML pada masa lalu lebih di kenal dengan sebutan Markup Language yang pada awalnya diciptakan oleh suatu Perusahaan perangkat keras & lunak yaitu IBM (International Bussiness Machines).

Pada tahun 1980, IBM pada masa itu telah menciptakan sebuah bahasa yang menggabungkan tag dengan teks dalam suatu dokumen.

Bahasa tersebut diciptakan oleh IBM yang dikenal dengan nama Markup Language atau Generalized Markup Language (GML).

apa itu html ? Baca disini secara lengkap html menurut para ahli dan fungsinya

Kemudian pada tahun 1986, ISO (International Standart Organization) telah mengeluarkan pernyataan yang mengubah GML menjadi SGML atau Standart Generalized Markup Languange yang pada saat itu ditetapkan sebagai standar dalam membuat dokumen dalam kepentingan bisnis atau kepentingan pekerjaan lainnya.

Selanjutnya pada tahun 1989, sebuah organisasi dari European Organization for Nuclear Research (CERN) yaitu Tim Berners Lee memiliki ide untuk menciptakan suatu skrip bahasa program pada suatu dokumen yang kemudian dikenal hingga saat ini yaitu HTML.

Nah maka dari itu, HTML merupakan bagian dari SGML serta Tim Berners Lee yang telah menciptakan HTML dan sampai pada saat ini, HTML terus di kembangkan namun diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML Menurut Para Ahli

  • Lia Kuswayatno : HTML ialah suatu metode yang menautkan satu dokumen ke dokumen lainnya melalui teks.
  • Arief : HTML adalah salah satu format yang memang digunakan dalam pembuatan dokumen atau aplikasi yang beroperasi pada halaman website.
  • Suyanto : HTML yaitu sebuah bahasa yang berfungsi untuk menulis halaman website, biasanya menggunakan extensi .htm, html dan lainnya.

Baca : Pengertian PHP | Bahasa pemrograman yang paling banyak diminati orang !

Fungsi HTML

HTML sendiri memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya seperti bahasa pemrograman lainnya yaitu untuk membangun tampilan website yang memang telah malaksanakan metode semantik untuk dapat memudahkan para pengembang dalam proses development & maintenance.

Selain itu, HTML juga bisa dikolaborasikan dengan bahasa CSS dan JavaScript.

HTML pada saat ini telah menggunakan versi HTML5 yang memiliki peran penting untuk menyusun kerangka halaman suatu website dan setelah itu, CSS akan membantu untuk memberikan tampilan yang elegan agar pengunjung nantinya betah di website Anda dan ada juga JavaScript yang nantinya memiliki peran dalam interaksi agar pengunjung mendapatkan pengalaman yang wow ketika berkunjung ke website Anda.

Fungsi HTML Secara Spesifik adalah sebagai berikut :

  • Membuat laman website.
  • Menampilkan informasi kedalam sebuah internet.
  • Menciptakan link menuju halaman website lain dengan metode terntetu seperti Hypertext.

Membuat halaman web.Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).

Kesimpulan

Tentu saja dengan Anda mengetahui bahasa pemrograman HTML ini akan membantu Anda untuk bisa menjadi programmer yang handal dimasa depan karena memang bahasa ini adalah bahasa dasar dalam pemrograman.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda pelajari.

Whatsapp