Pengertian Programmer : Jenjang Karir, Tugas & Jenis Pekerjaan Programmer

Majapahit.id – Zaman semakin berkembang dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Tentu pada saat ini, kita sudah bersahabat bersama gadget atau laptop yang didalamnya terdapat aplikasi mobile, dektop sampai dengan web. Kira-kira siapa sih orang-orang dibalik layar yang menciptakan aplikasi tersebut? Jawabannya adalah Programmer. Lalu, apa itu programmer? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Belakangan ini, dunia IT tengah berkembang dengan cepat, hal ini di dikarenakan dengan adanya berbagai Perusahaan Startup berbasis teknologi yang menjadi salah satu alasannya.

Dengan demikian, karir menjadi seorang programmer diminati oleh anak muda pada saat ini dan hal tersebut banyak sekali Perusahaan yang membuat kebutuhan posisi menjadi progammer kian meninggi.

Walaupun banyak diminati oleh anak muda pada saat ini, tetapi tetap saja Perusahaan akan memilih para programmer yang memiliki skill di atas rata-rata dan juga tidak heran apabila Perusahaan atau startup akan memberikan salary yang amat menggiurkan.

Apa Itu Programmer ?

Pengertian programmer adalah seseorang atau tim yang mampu menulis atau membuat sebuah software/aplikasi. Programmer mampu membuat atau memberikan sebuah perintah kepada komputer untuk dapat melaksanakan suatu tugas dengan bahasa pemrograman tertentu.

Bagi setiap programmer akan mampu memiliki latar belakang dengan pegetahuan mengenai komputer dan pastinya ilmu programming yang memang terdiri dari berbagai macam bahasa pemrograman tertentu.

Misalnya seperti :

  • Java
  • HTML
  • C++
  • Perl
  • SQL
  • PHP
  • Dan sebagainya.

Hebatnya, banyak sekali programmer yang memiliki keahlian lebih dari satu seperti database, keamanan, mobile atau developer web.

Pada umumnya, seorang progammer hanya memiliki satu keahlian programming seperti dekstop programming atau web programming. Karena sangat jarang sekali terdapat seorang programmer yang memiliki keahlian dari kedua tersebut.

apa itu programmer

Tugas & Tanggung Jawab Programmer

Seorang programmer harus mampu men-debug atau menguji untuk memastikan bahwa mereka berhasil menciptakan suatu program tanpa adanya bug atau kesalahan.

Jika memang terdapat suatu program yang tidak bekerja dengan baik, maka mereka harus memeriksa kode tersebut dan memperbaikinya.

Di bawah ini merupakan tugas programmer yang memang diterapkan pada beberapa Perusahaan, sebagai berikut:

Menentukan Kebutuhan

Ketika programmer ingin membuat suatu program aplikasi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan kebutuhan yang diperlukan. Misalnya seperti menentukan aplikasi tersebut yang akan dibuat akan dijalankan pada platform apa saja ? Apakah Windows, Mac OS, linux dan lain sebagainya.

Mengonsep/Membuat Flowchart

Membuat alur program sebelum membuat atau menciptakan sebuah program aplikasi dengan tujuan untuk bisa menggambarkan pada urutan menyelesaikan masalah dengan cara yang sederhana, rapi, dan jelas atau memastikan suatu program agar memiliki alur sendiri.

Menulis Kode Program

Ketika programmer sudah membuat alur flowchat maka dari itu tugas selanjutnya adalah mengubah flowchat tersebut menjadi suatu program dengan bahasa pemrograman tertentu.

Mendebugging

Debug ialah proses untuk dapat mencari suatu kesalahan dari program yang sudah ditulis. Secara lengkap, debug merupakan error yang memang terjadi karena tidak sempurnanya sebuah intruksi yang telah dijalankan. Banyak sekali faktor terjadinya bug.

Jadi, seorang programmer harus bisa mencari kesalahan pada suatu program atau aplikasi agar ketika aplikasi tersebut dijalankan sudah tidak terdapat error atau bug.

Menguji Program

Selain itu, programmer mampu untuk menguji suatu program yang sudah jadi ke pengguna. Hal ini biasa dilakukan ketika sebelum dirilis ke publik dan program dirilis dengan versi beta.

Membuat Laporan

Selain membuat program, programmer harus melakukan laporan yang terjadwal dengan manajer produk untuk set intruksi pada sebuah fitur.

Bekerja Sama Dengan Tim Desain

Ketika ingin membuat suatu program, biasanya tim programmer akan bekerja sama dengan tim desain untuk UI & UX. Tim UI bertugas untuk menciptakan seluruh halaman dengan tampilan yang istimewa. Sedangkan desainer UX akan membuat setiap halaman agar mudah digunakan oleh setiap pengguna.

Meski begitu, kerja sama antar tim desain serta programmer tidak selalu berjalan dengan baik. Misalnya seperti tim programmer meminta agar tim desain UI & UX agar memperhatikan tingkat kesulitan. Begitupun sebaliknya, tim UI dan UX mementingkan tampilan halaman yang istimewa.

Jenis Pekerjaan Programmer

Banyak sekali jenis pekerjaan programmer yang bisa Anda tempatkan ketika ingin melamar pada suatu Perusahaan, Yuk, simak sebagai berikut:

Hardware Engineer

Posisi ini memiliki tugas untuk bisa mengkonfigurasikan berbagai macam hardware komputer serta mengatur posisi letak perangkat komputer.

Selain itu, jika terdapat hardware yang tidak berfungsi, pada posisi ini Anda harus bisa membetulkan sebuah perangkat keras agar bisa berjalan dengan baik kembali.

Software Developer

Selanjutnya ada posisi bagian software developer yang memiliki tugas untuk bisa mengembangkan atau menciptakan serta memodifikasi sebuah software yang terdapat pada komputer atau program.

Selain itu, software developer juga bertugas untuk bisa menganalisa suatu kebutuhan pengguna, merancang bahkan mengembangkan solusi pada software tersebut.

Web Developer

Programmer juga bekerja dengan posisi sebagai web developer yang bertugas untuk bisa merancang, mendesain, mengembangkan serta memodikasi website.

Database Developer

Pada posisi ini, Anda akan memiliki tugas untuk dapat menghubungkan database dengan suatu intruksi serta mengatur, mengurutkan sampai mengambil sedikit informasi yang dibutuhkan.

Gaji Programmer di Indonesia

Profesi programmer pada saat ini memiliki peluang yang cukup banyak. Hal ini di karenakan gaji yang diterima oleh seorang programmer sangat menjanjikan. Namun hal tersebut tetap balik lagi pada kemampuan skill seorang programmer tersebut.

Programmer pemula atau junior yang sudah bekerja sama dengan Perusahaan startup bisa mendapatkan gaji dengan rata-rata sekitar 4-8 Jt.

Baca : Tips Menjadi Programmer

Jika, seorang programmer yang sudah senior dengan skill dan juga memiliki pengalaman yang cukup bagus, bisa mendapatkan gaji sekitar 8-20 jt.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu programmer serta jenjang karir programmer yang cukup menjanjikan.

Menjadi programmer tentu saja merupakan suatu peluang besar untuk bisa Anda karena dengan peluang karir yang menjanjikan, tidak jarang banyak sekali orang yang ingin menjadi programmer.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang programmer, Anda harus berusaha sekeras mungkin dan bersaing secara sehat.

Whatsapp