Inventory . 27 January 2021

Apa Itu Inventory Control : Pengertian, Metode & Strategi Terbaik

Majapahit Teknologi – Apakah Anda adalah seorang pebisnis ? Jika Ya, Apakah Anda pernah mengalami jika tiba-tiba persediaan barang habis tanpa Anda perkirakan sebelumnya jika barang tersebut ternyata bisa terjual secara keseluruhan.

Tentunya, hal tersebut akan berpengaruh besar pada konsumen Anda yang nantinya akan merasa tidak puas terhadap pelayanan Anda dan pastinya berdampak pada reputasi Perusahaan.

Daripada hal tersebut terjadi pada Anda, Anda harus bisa menerapkan sistem inventory control yang dapat membantu bisnis Anda mengatur persediaan barang menjadi lebih mudah.

Perlu di ketahui, bahwa kegiatan inventory control ini merupakan sebuah aktivitas yang bisa di katakan dinamis dan tentunya cukup rumit apabila dijalankan.

Nah, kerumitan tersebut karena akan berhubungan secara langsung dengan tingkat permintaan pasar, misalnya seperti permintaan untuk menekan cost dan proses supply chain yang harus dipersingkat dengan sesingkat mungkin.

Walaupun rumit, apabila sebuah Perusahaan berhasil untuk menerapkan inventory control dengan sangat baik, maka kepuasan pelanggan adalah salah satu keuntungan untuk Perusahan semakin meningkat dengan pesat.

Berikut ini adalah penjelasan detail mengenai inventory control, dimulai dari definisi, manfaat, tugas dan lain sebagainya.

Pengertian Inventory Control

Apa itu inventory control ? Inventory control adalah sebuah proses yang dapat dilakukan oleh Perusahaan dengan tujuan untuk memaksimalkan penyimpanan atau persediaan stok barang.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa Perusahaan memiliki syarat kompeten untuk mencukup permintaan pasar dengan sebaik mungkin.

Fungsi Inventory Control

Pastinya di suatu Perusahaan, pengendalian persediaan atau inventory control, memiliki banyak fungsi yang dapat memenuhi kebutuhan Perusahaan, nah simak fungsinya sebagai berikut :

  • Dapat memastikan pesanan barang yang sudah sesuai dengan tujuan agar tidak perlu di retur kembali.
  • Mencegah keterlambatan pengiriman, baik bahan baku atau bahkan barang yang sedang dibutuhkan oleh Perusahaan.
  • Dapat berhati-hati ketika harga barang naik secara tiba-tiba.
  • Dapat meraih keuntungan dari pembelian yang sudah dilakukan.
  • Menyimpan bahan baku atau barang yang memang dihasilkan secara musiman dengan sangat baik.
  • Memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen dengan menyediakan barang atau produk yang sangat dibutuhkan oleh konsumen secara cepat dan tepat.
Apa itu inventory control

Manfaat Inventory Control

Mengontrol Gudang dengan baik merupakan hal yang sangat penting dalam operasional suatu bisnis. Oleh karena itu, memperhatikan pengendalian produk pada Gudang secara langsung bisa memastikan keputusan bisnis secara tepat dan memiliki dasar yang sangat kuat.

Nah, berikut ini adalah 3 manfaat inventory control yang wajib Anda ketahui :

Mengurangi Biaya Operasional

Mengelola Gudang secara tepat akan berdampak pada biaya operasional bisnis dalam jangka waktu tertentu.
Tetapi, menjaga proses operasional secara sederhana dapat membantu Anda untuk menghilangkan banyak pengeluaran misalnya seperti material dan juga proses pengiriman.

Tentunya dengan informasi yang tepat, Anda bisa membuat sebuah keputusan untuk keuangan bisnis secara tepat.

Menyeimbangkan Antara Persediaan & Permintaan

Ketika Anda memiliki keseimbangan di antara persediaan dan juga permintaan yang tepat, akan sangat memungkinkan jika bisnis Anda bisa berjalan dengan sesederhana mungkin.

Dengan menemukan tingkat keseimbangan yang pas merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat memastikan proses yang lancar pada produksi dan juga para penjual.

Caranya sangat mudah, Anda hanya harus mengimplementasikan dan memaksimalkan sebuah teknologi tertentu.

Karena hal itu akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi secara real time yang bisa digunakan untuk menentukan waktu yang tepat dalam mengisi stok barang atau memenuhi pesanan pelanggan.

Persiapan Safety Stock

Pastinya dengan memantau Gudang secara terus menerus dengan cara yang tepat, akan membantu Anda untuk mengantisipasi barang dengan menjaga jumlah safety stock yang sangat efektif untuk Gudang Anda.

Metode Inventory Control yang Baik

Berikut ini adalah metode inventory control terbaik yang harus Anda lakukan, agar inventory control pada Perusahaan dapat berjalan sukses, simak sebagai berikut :

Tracking Inventory

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mentraking inventory secara keseluruhan, dimulai dari pemantauan kegiatan sampai dengan melakukan pelacakan terhadap produk – produk persediaan dengan tujuan untuk mengetahui letak penyimpanan produk tersebut yang berada di dalam Gudang.

Proses pelacakan tersebut harus dilaksanakan dengan cara real time agar jumlah produk yang dikirim kepada pelanggan bisa di ketahui dengan pasti dan jelas.

Set Reorder Point

Berikutnya adalah set reorder point yang nantinya akan mengharuskan Anda atau Perusahaan untuk mengorder inventaris dengan jumlah yang sangat banyak. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila persediaan habis.

Quality Control

QC atau biasa di kenal dengan sebutan Quality control akan membantu Perusahaan dalam mengawasi pesanan dari pihak pemasok ataupun supplier secara cermat.

Selain itu, QC juga berfungsi untuk hal – hal lainnya seperti mengawasi inventaris, membuat keputusan yang tepat, menyenangkan konsumen sampai dengan memenuhi persayaratan atau peraturan yang ada.

Oleh karena itu, proses Quality control akan menjadi lebih mudah dan efisien apabila dibantu dengan adanya inventory control.

Menentukan Barang Persediaan

Apabila Perusahaan yang Anda jalankan sudah berjalan sejak lama dan juga cukup stabil, sebaiknya Anda selalu berusaha untuk memaksimalkan inventaris dengan sebaik mungkin.

Mengapa ? karena kebutuhan terhadap persediaan produk akan mengalami fluktuasi di sepanjang tahunnya.
Dengan demikian, memaksimalkan inventaris juga harus dilakukan oleh Perusahaan yang musiman, karena produk yang tidak bisa di jual dengan konsisten.

Menerapkan Zonasi

Zonasi akan sangat diperlukan jika Perusahaan sudah memiliki banyak SKU dengan berbagai macam produk. Tujuannya adalah untuk menjaga keteraturan produk yang bisa memudahkan Anda ketika ingin menemukan produk tersebut.

Dengan begitu, Zonasi bisa membantu Anda untuk menata ruangan Gudang dengan sangat baik, apalagi ketika menentukan area tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Mengaudit Secara Teratur

Dengan Anda mengelola persediaan, tentunya akan membantu Perusahaan ketika sedang melakukan audit inventaris. Nah, dengan inventory control, audit inventaris bisa berjalan dengan sangat efisien. Nantinya, masalah-masalah yang muncul pun bisa lebih mudah diidentifikasi.

Selain itu, cara sebelumnya yaitu zonasi, telah membantu menjadikan ruangan Gudang lebih teroganisir dengan sangat baik.

Strategi Inventory Control

Inventory control memiliki tujuan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Selain hal yang disebutkan di atas, inventory control juga kerap digunakan untuk memaksimalkan kinerja sebuah bidang produksi secara efisien sehingga dapat menambahkan nilai produktivitasnya.

Untuk melakukan inventory control ini diperlukan beberapa strategi. Adapun beberapa strategi inventory control yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Optimalkan Proses Pemesanan Ulang Stok

Strategi inventory control pertama yang wajib Anda ketahui adalah optimalkan proses pemesanan ulang stok. Yang dimaksud dengan strategi ini adalah seorang pengelola inventory harus mampu dalam mengoptimalkan proses pemesanan ulang stok.

Hal ini dimana seorang pengelola inventory harus mampu dalam melakukan kalkulasi yang pas akan ketersediaan stok dan kebutuhan stok yang ada saat ini.

Dengan mengoptimalkan proses pemesanan ulang stok, maka terdapat beberapa hal yang diuntungkan. Hal pertama yang diuntungkan adalah space atau penyimpanan Gudang yang tentunya menjadi modal utama dalam inventory.

Selanjutnya adalah modal pembelian yang dapat dikurangi budgetnya jika stok dikalkulasikan dengan baik dan setiap pemesanan dilakukan dengan jumlah bundle besar sekaligus, dan terakhir adalah produktivitas pengelola inventory yang kerap bernilai tinggi apabila daya pengoptimalannya bersifat baik.

Atur Tingkat Stok Minimum

Strategi inventory control selanjutnya adalah atur tingkat stok minimum. Dengan melakukan pengaturan tingkat stok minimum yang tepat maka sebuah inventory control tetap terjaga kualitasnya.

Dimana, stok tidak mengalami run out atau kehabisan yang membuat perusahaan bisa rugi banyak. Selain itu, dengan mengatur tingkat stok minimum sebuah perusahaan dapat memahami waktu dalam pengisian ulang stok barang tersebut.

Lakukan Audit Inventaris Secara Teratur

Selanjutnya yang menjadi strategi dalam inventory control adalah lakukan audit inventaris secara teratur. Hal ini kerap memiliki banyak keuntungan terutama dalam segi produksi perusahaan.

Audit ini memungkinkan inventaris atau inventory yang tersedia diketahui keadaannya yang sebenarnya. Apakah selama ini memang cukup? Atau memiliki tanda kutip dimana terdapat fraud – fraud yang menyelipi di sekitarnya.

Dengan melakukan audit inventaris secara teratur, maka dapat dipastikan pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat dengan mudah terjawab. Selain itu, keadaan pergudangan atau penyimpanan persediaan atau inventory tersebut dapat diketahui.

Apakah Gudang masih layak dipakai? Terdapat fasilitas yang kurang atau hal lainnya. Maka audit inventaris secara teratur adalah langkah yang tepat dalam mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut.

Implementasikan Teknik FIFO & FEFO

Implementasikan Teknik fifo (first in first out) dan fefo (first expired first out) adalah Tindakan yang tepat dalam melakukan inventory control. Dengan kedua Teknik tersebut, maka sebuah perusahaan akan sangat kecil kemungkinannya dalam mengalami kerugian persediaan.

Semua barang akan tersalur dengan baik dan menggunakan Teknik yang lebih tepat. Tentu saja kedua Teknik tersebut dapat disesuaikan dan dipiliih salah satunya untuk diterapkan.

Simpan Inventory Anda Dengan Baik

Inventory control tentu saja tidak akan beranjak dari penyimpanan yang baik dari inventory atau persediaan yang ada tersebut. Penyimpanan yang baik akan membuat barang menjadi lebih berkualitas dan anti rusak.

Tentu saja, hal tersebut memberikan keuntungan bukan hanya pada kualitas barang yang tetap terjaga tetapi juga dari kemungkinan kerugian barang yang disimpan tersebut akibat kerusakan yang dimiliki.

Kategorikan Stok Barang Anda

Inventory control juga tidak akan beranjak dari pengelolaan persediaan yang tepat. Salah satu bentuk pengelolaan yang tepat tersebut adalah mengkategorikan stok barang yang ada.

Dengan mengkategorikan stok barang yang ada tersebut, maka dapat lebih mudah diketahui persediaan mana yang kunjung habis, sedang dibutuhkan, atau masih sangat tersedia sehingga tidak perlu dilakukan restok.

Gunakan Inventory Control Software Terintegrasi

Menggunakan inventory control software terintegrasi juga adalah strategi yang sangat tepat dalam inventory control. Dimana, dengan memanfaatkan produk teknologi maka proses inventory akan menjadi lebih baik dan lebih efisien untuk dilakukan.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah ulasan terkait dengan inventory control secara lengkap. semoga inventory control bisa di terapkan di Perusahaan Anda dengan sangat baik.

Seain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan strategi inventory control di atas sangatlah wajib Anda ketahui dan pahami setiap poinnya.

Hal tersebut bukan hanya memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan, tetapi bagi setiap pihak perusahaan terutama sang pengelola inventory yang kerap membutuhkan ide – ide atau strategi untuk menjalankan kegiatan inventory control tersebut.

Bagikan artikel ini: