Tekno . 25 August 2020

Aplikasi Berbasis Web : Pengertian, Jenis & Contohnya

Majapahit Teknologi - Trend berbisnis saat ini adalah dengan menggunakan beberapa teknologi canggih untuk membantu dalam meningkatkan omset penjualan. Seperti membuat website, aplikasi dan lain sebagainya.

Namun, seperti yang sudah kita ketahui bahwa teknologi tidak jalan di tempat, melainkan berjalan maju untuk melangkah lebih jauh.

Pada saat ini, sudah banyak aplikasi yang muncul namun berbasis website. Artinya aplikasi tersebut mirip dengan yang ada di website.

Kita sebut saja seperti facebook, twitter, yahoo mail, gmail dan lain sebagainya yang sudah terlebih dahulu menggunakan aplikasi berbasis website.

Perangkat lunak atau software pada saat ini memang telah banyak di gunakan oleh Perusahaan besar untuk memuat informasi secara resmi kepada publik.

Namun, hal tersebut saat ini sudah di tinggalkan dan berpindah dengan menggunakan aplikasi website. Karena aplikasi berbasis website ini di rasakan dapat mengatasi masalah yang sering muncul ketika masih menggunakan software.

Dengan demikian Aplikasi berbasis website ini memang sudah banyak di gunakan dan dapat merencanakan program untuk mengelola Perusahaan. Misalnya seperti stock barang, data karyawan dan lain sebagainya.

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

Perlu diketahui, aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang pada waktu itu dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman populer, sebut saja HTMl, PHP, CSS & Js.

Tentunya hal tersebut pastinya membutuhkan web server dan juga browser yang berfungsi dapat menjalankan Chrome, Firefox atau bahkan Opera.

Selain daripada itu, aplikasi website bisa beroperasi pada jaringan internet dan juga intranet, data yang terpusat serta kemudahan dalam mengaksesnya.

Hal yang paling diuntungkan adalah Anda tidak membutuhkan banyak sumber daya dari sisi hardware maupun software, tentunya hal tersebut berbeda dengan aplikasi berbasis desktop dan smartphone.

Para pengguna juga tidak perlu menginstal terlebih dahulu para perangkat milik pengguna tersebut, karena pengguna hanya membutuhkan internet dan web browser untuk bisa mengaksesnya.

Aplikasi Berbasis Web

Jenis Aplikasi Berbasis Website

Setelah Anda mengetahui apa itu aplikasi berbasis web, hal selanjutnya adalah mengenal apa saja jenis dari aplikasi berbasis web, simak sebagai berikut :

Sosial Media Berbasis Web

Jenis yang pertama adalah web media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna untuk saling terhubung satu sama lain dengan konsep percakapan online secara cepat dan real time.

Contohnya : Facebook, Instagram, Twitter dsb.

Sistem Informasi Berbasis Web

Selain untuk berkomunikasi, website juga bisa digunakan untuk membantu aktivitas dan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Sehingga dengan begitu, pekerjaan manusia akan dilakukan dengan tersistem, terpusat serta termonitoring dengan baik dan terlihat di aplikasi. Nah, saat ini dikenal dengan istilah sistem informasi.

Walaupun demikian, sistem informasi terbagi menjadi beberapa bagian lagi, hal tersebut tergantung pada kebutuhan dari bidang pekerjaan masing – masing.

Contohnya : Sistem informasi koperasi, Hospital Management dan lain-lain.

Search Engine

Pastinya Anda hampir setiap saat mengunjungi aplikasi berbasis web ini. Mesin pencari bisa mendapatkan informasi ang tepat dan akurat hanya dalam hitungan detik saja.

Contohnya : Google, Yahoo, Youtube dan sebagainya.

Web Jual Beli & Bisnis

Banyak sekali manfaat website yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah melakukan transaksi untuk jual beli secara online.

Atau biasa dikenal dengan e-commerce. Nah, dengan menggunakan e-commerce, Anda akan menemukan banyak hal yang pastinya Anda butuhkan terkait dengan produk barang atau bahkan jasa.

Contohnya : Tokopedia, Shoppe, Bukalapak dan lain-lain.

Web Berita

Jenis aplikasi berbasis web berikutnya adalah berita, yang dapat menampilkan sejumlah informasi secara real time dari seluruh dunia.

Contohnya adalah Detik, Kompas, Kumparan dan lain sebagainya.

Aplikasi Web Browser

Berikutnya adalah aplikasi browser yang merupakan sebuah perangkat lunak yang bermanfaat untuk digunakan membuka dan menjalankan halaman website.

Contohnya : Google Chrome, Microsoft Edge, Opera dan lain sebagainya.

Aplikasi Web Server

Web server adalah sebuah perangkat lunak yang dimana Anda bisa menerima permintaan serta mengirimkan respon kedalam protokol HTTP.

Dalam proses implementasinya, tentunya sudah terprogram dengan sangat baik dan dibantu oleh bahasa pemrograman server side atau istilah kerennya adalah back end.

Contohnya : Nginx, XAMPP, Apache Tomcat dan lain sebagainya.

Contoh Aplikasi Web Server

Berikut ini adalah beberapa contoh dari aplikasi web server yang telah eksis telah lama, sebagai berikut :

Website Pemerintahan

Website instansi milik Pemerintahan banya sekali yang digunakan untuk kepentingan sosialisasi, pengarahan atau bahkan penyampaian informasi secara cepat dan tepat.

Contohnya : Kemdikbud, kemenkes dsb.

Gmail

Gmail adalah sebuah aplikasi yang diciptakan oleh Google untuk membuat akun email, mengirim dan menerima pesan email.

Sampai saat ini, gmail menjadi salah satu kepentingan yang tidak bisa di tinggalkan, karena email menjadi hal penting untuk melamar pekerjaan, mendaftar aplikasi dan lain sebagainya.

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Otodidak

Lalu, apa sajakah keunggulan ketika Anda menggunakan aplikasi berbasis web untuk bisnis maupun perusahaan Anda. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari aplikasi berbasis web, simak sebagai berikut :

Mudah di Akses

Kelebihan perama adalah karena web apps ini sangat mudah di akses. Setiap user akan mudah mendapatkan berbagai informasi yang akan di berikan oleh Perusahaan. Karena aplikasi web ini bisa dibuka di berbagai macam perangkat dan operasi sistem.

Setup Server Mudah

Mengapa di sebut dengan setup server yang mudah? Ya, karena web apps ini merupakan software yang menggunakan bahasa pemrograman yang memiliki system terpusat, yang artinya ialah memperbaharui suatu kode hanya dengan melakukan 1 server saja. 

Selain itu, ketika beban cukup besar, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk menambah kapasitas perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi web Anda.

Solusinya adalah hanya dengan meningkatkan kualitas server. Oleh karena itu, hal tersebut sudah dapat di selesaikan dengan sangat mudah.

Fleksibel

Keunggulan lainnya adalah karena web apps lebih fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan berbagai perangkat & sistem operasi yang sudah ada.

Update Cepat

Maintenance serta update akan cepat mendapatkan update. Karena dapat di melakukan update pada server yang memiliki sifat secara terpusat, Hal ini pun akan mempercepat proses maintenance.

Tidak Perlu Instalasi

Aplikasi berbasis website tidak perlu tidak memerlukan instalasi di komputer atau gadget, pengisntalan hanya di lakukan pada server. Dengan begitu, proses instalisasi bisa berjalan dengan lebih cepat.

Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Kekurangan yang pertama adalah membutuhkan koneksi internet dan intranet yang sangat bagus dan juga stabil.

  • App berbasis website, pastinya membutuhkan keamanan yang sangat baik. Hal tersebut dikarenakan aplikasi dijalankan oleh data terpusat.
  • Sehingga ketika server pusat mengalami down, maka aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Aplikasi web saat ini sangat penting untuk digunakan serta bisa dikembangkan jika menggunakan Bahasa pemrograman web yang bisa berjalan dari sisi clien & membutuhkan web server sampai dengan web browser untuk menjalankannya.

Bagikan artikel ini: