peran ai dalam sistem kesehatan modern

Bagaimana Peran AI Dalam Mempengaruhi Sistem Kesehatan Modern

Majapahit – Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence atau AI dalam sistem kesehatan modern memanfaatkan algoritma dan perangkat lunak untuk memperkirakan pengetahuan manusia saat menganalisis informasi kompleks yang terhubung ke layanan kesehatan.

Program berbasis AI ditujukan untuk menganalisis bagaimana metode pencegahan atau perawatan medis terkait dengan hasil akhir.

ai sistem kesehatan modern

Bidang medis adalah bidang utama investasi dalam AI. Produk, layanan, dan proses medis yang cerdas telah dikembangkan oleh perusahaan seperti IBM, Google, Apple, dan banyak lainnya.

Peran AI Dalam Sistem Kesehatan Modern

Apa Itu AI Dan Mengapa Itu Penting Dalam Bidang Kesehatan?
Secara umum, AI memungkinkan komputer untuk belajar dari pengalaman mereka, beradaptasi untuk mengatur parameter, dan melakukan tugas yang sebelumnya hanya dilakukan oleh manusia.

Dalam kebanyakan kasus implementasi AI, dari bermain catur hingga mobil tanpa pengemudi, pengembang harus menerapkan pembelajaran yang mendalam dan pemrosesan bahasa alami. Teknologi ini memungkinkan untuk mengajar komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan mengolah data dalam jumlah besar dan mengidentifikasi pola.

Bidang medis sudah dapat dianggap sebagai salah satu yang paling menjanjikan dalam hal penggunaan AI. Aplikasi AI secara besar-besaran dapat meningkatkan akurasi diagnosis, memudahkan kehidupan orang yang memiliki berbagai penyakit, dan mempercepat produksi obat baru.

Saat ini, dokter menggunakan banyak perangkat untuk memudahkan diagnosis, memantau kondisi pasien, dan melakukan operasi bedah. Namun, baru-baru ini menjadi jelas bahwa AI mampu melakukan banyak hal lainnya. Misalnya, media sosial dapat membantu menentukan bahaya yang mengancam kesehatan seseorang.

Berita Lainnya : Mengapa Sistem Manajemen Gudang Logistik Diperlukan Oleh Perusahaan?

Pencapaian terbesar AI dalam perawatan kesehatan terhubung dengan pengumpulan dan penyimpanan data. Misalnya, catatan medis elektronik yang menyimpan semua data tentang penyakit pasien, layanan yang diberikan, dan dokumen medis lainnya.

Namun, pasar ESDM dikendalikan oleh sekelompok kecil perusahaan, dan programnya sendiri belum bisa disebut sempurna.

Juga, robot yang membantu dalam melakukan operasi bukan fiksi ilmiah lagi. Pada tahun 2000, Intuitive Surgical merilis sistem bedah Da Vinci , yang mampu melakukan operasi bypass koroner. Setelah melakukan investasi yang besar, ia juga diajarkan cara menghilangkan kanker prostat.

Sistem Bedah Da Vinci

Meskipun AI semakin mahir, dokter masih menghabiskan banyak waktu berkomunikasi dengan pasien dan melakukan diagnosa, tetapi diyakini bahwa di masa depan, mereka hanya akan mengontrol proses ini, mengurangi beban kerja terapis. Banyak dari mereka sudah menggunakan aplikasi khusus dan alat lainnya.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa contoh AI dalam perawatan kesehatan.
Bagaimana AI Diimplementasikan Dalam Perawatan Kesehatan?

  1. Memproses Data Pasien Dengan Saksama

    Untuk perawatan yang kompeten dan diagnosa yang akurat, dokter harus mempelajari data pasien: gambar, hasil tes, protokol pemeriksaan, dan anamnesis yang mengandung informasi lengkap. Kadang-kadang, bahkan dokter yang berpengalaman tidak dapat melihat gambaran lengkap karena data tidak sistematis.

    Menurut Google Labs, satu dari sepuluh pasien menderita karena diagnosis yang salah. Diyakini bahwa AI dapat menyelesaikan masalah ini. Spesialis Google sudah bekerja di beberapa rumah sakit, di mana program Google Deepmind Health menganalisis informasi yang tersedia tentang gejala pasien dan memberikan daftar rekomendasi.

    Dokter, dengan menggunakan tip dari sistem, memberikan resep perawatan. Program IBM Watson Health juga memungkinkan pengguna untuk membuat diagnosa; itu dapat mengenali kardiomiopati, trombosis, serangan jantung.

    Berkat AI, dimungkinkan untuk menilai dampak obat pada tubuh manusia, membantu dokter memahami bagaimana fitur unik dari struktur genetik pasien mempengaruhi perjalanan penyakit dan apa efek obat baru.

    Dengan bantuan aplikasi IBM Watson Health Cloud , dokter menerima dan menganalisis data tentang tubuh pasien dari gelang elektronik dan kemudian dapat memilih program perawatan yang efektif.
  2. Diagnostik

    Saat ini, AI dapat mengenali gejala neoplasma ganas untuk mendiagnosis gangguan penglihatan, TBC, dan gangguan otak. Contohnya adalah layanan Ada .

    Aplikasi seluler ini menghasilkan pertanyaan, dan kemudian pengguna menjelaskan gejalanya, setelah itu Ada mencari informasi tentang masalah dan memberikan rekomendasi. Layanan serupa dapat menunjukkan penyakit, termasuk diabetes.

    Misalnya, aplikasi khusus bernama Sense.ly telah dikembangkan untuk orang-orang yang baru saja ke rumah sakit. Ini menganalisis status kesehatan pengguna secara real-time dan kemudian mengirimkan data ini ke terapis.

    Teknologi baru seperti analisis genetik semakin populer karena analisis DNA memungkinkan untuk mengidentifikasi kecenderungan seseorang terhadap penyakit tertentu, seperti diabetes, sakit maag, dan banyak lagi.

    Selain itu, satu proyek, MedClueRx , memungkinkan pengguna untuk menentukan obat mana yang dapat membantu dengan depresi, epilepsi, dan penyakit pada sistem saraf.

    Kami tidak bisa tidak menyebutkan layanan yang dapat menggantikan dokter pribadi. MedWhat AI adalah aplikasi ponsel dengan fungsi pengenalan ucapan bawaan . Aplikasi ini tertarik pada kesehatan pengguna dan menjawab berbagai pertanyaan, seperti cara menghilangkan sakit kepala.

    Dalam waktu dekat, MedWhat akan memberikan akses ke riwayat medis pasien dan informasi genetik.
  3. Memproses Informasi Dalam Jumlah Besar

    Ini adalah fakta yang terkenal bahwa AI dapat memproses beberapa ribu halaman per detik saat mencari informasi yang diperlukan. Setiap sekitar dua puluh menit, sebuah artikel medis baru muncul di dunia.

    Oleh karena itu, sistem pendukung keputusan berbasis AI, CDSS, diciptakan untuk membantu pekerja medis. Ini menggabungkan informasi dan data tentang indikator kesehatan pasien dan riwayat medis mereka.
  4. Pembuatan Obat

    Obat-obatan adalah senyawa organik kompleks, dan menemukan struktur yang tepat membutuhkan waktu lama. Sebelum sampai ke pasar, suatu obat melewati banyak pemeriksaan dan tes, tetapi itu tidak menjamin bahwa obat tersebut akan efektif. Lebih dari 50% obat kanker baru tidak memiliki efek nyata pada pasien.

    AI dirancang untuk memodelkan komposisi obat dengan lebih akurat. Di masa depan, peneliti akan dapat mengatur fungsi yang diperlukan, dan AI akan membentuk struktur kimia obat. Bahkan saat ini, layanan yang disebut Atomwise menggunakan AI untuk menemukan formula obat yang optimal.

Keuntungan Dari AI Di Industri Kesehatan

Para ilmuwan berharap bahwa dengan bantuan AI, akan segera mungkin untuk mengembangkan obat ultra-presisi dan memberikan perawatan individual untuk setiap pasien, dengan mempertimbangkan fitur genetik dan fitur lain yang unik. AS telah mengumumkan peluncuran proyek pertama untuk pengembangan obat presisi.

Kemajuan medis dan teknologi selama 50 tahun terakhir telah memungkinkan kita untuk membawa perawatan kesehatan ke tingkat yang baru.

Aplikasi dan sistem AI memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dapat disangkal:

  • Peningkatan daya komputasi, yang mengarah pada pengumpulan dan pemrosesan data yang lebih cepat
  • Peningkatan volume dan ketersediaan data terkait kesehatan yang diperoleh dari perangkat pribadi dan medis dokter dan pasien
  • Peningkatan database pengurutan genom
  • Pengenalan catatan medis elektronik.

Mengapa Implementasi AI Dalam Sistem Kesehatan Modern Bisa Menjadi Sulit

Sayangnya, ada beberapa kendala dalam pengenalan teknologi AI dalam kedokteran. Pertanyaan sering muncul dari para profesional medis sendiri, yang memiliki ketidakpercayaan yang wajar terhadap beberapa inovasi.
Apa penyebab masalahnya? Mari kita coba mengerti.

Jasa Terbaik : Jasa Pembuatan Website

Penghalang utama untuk masa depan AI dalam kedokteran adalah memastikan privasi dan keamanan data. Dengan AI, ada risiko mengungkapkan data rahasia dari riwayat medis pasien. Selain itu, ada risiko peretasan yang disengaja untuk membahayakan sejumlah besar orang dengan, misalnya, menyebabkan overdosis insulin pada penderita diabetes.

Masalah kedua adalah operasi algoritma yang tidak akurat. Contoh terbaru adalah algoritma IBM Watson Health. Algoritma ini digunakan oleh ratusan rumah sakit di seluruh dunia untuk merekomendasikan perawatan bagi pasien kanker, tetapi didasarkan pada sejumlah kecil kasus dan jumlah data nyata yang sangat terbatas.

Banyak rekomendasi perawatannya salah. Sebagai contoh, itu menyarankan penggunaan obat yang tidak kompatibel untuk pasien dengan perdarahan hebat, yang merupakan kontraindikasi yang jelas.

Bagaimana AI Akan Mengubah Perawatan Kesehatan Di Masa Depan ?
Futuris medis Bertalan Mesko pernah mengatakan bahwa AI adalah stetoskop abad ke-21. Dia mencatat bahwa instrumen sederhana seperti stetoskop adalah sesuatu yang pada awalnya tidak ingin dikenali oleh komunitas medis.

Butuh beberapa dekade bagi dokter untuk mulai menggunakannya. Hal yang sama terjadi sekarang dengan AI seseorang mencoba memanfaatkannya sebaik mungkin sementara yang lain takut akan hal itu.

Teknologi AI, machine learning, dan neural network sangat menyederhanakan kehidupan dokter. Inovasi dalam kedokteran memungkinkan untuk mendiagnosis penyakit dengan lebih akurat, menemukan obat lebih cepat, dan melacak kondisi pasien.

Sejumlah teknologi baru yang mengesankan sedang dikembangkan sekarang, dan masih banyak lagi yang akan dating. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

Google sedang berupaya membuat algoritma yang akan menganalisis data ESDM dan menemukan pola-pola penting. Teknologi ini akan membantu dokter memprediksi perkembangan kondisi pasien dan akan memberi tahu berapa lama pasien harus tinggal di rumah sakit, serta menghitung kemungkinan kematian.

Microsoft menggunakan AI untuk mengembangkan obat dan perawatan kanker. Proyek ini mencakup analisis matematis pengembangan sel. Gagasan utamanya adalah menerapkan metode perjuangan yang sama pada sel-sel ganas ke kegagalan pada program komputer.

Perusahaan ini juga menciptakan layanan publik bernama Microsoft Healthcare Bot, yang menawarkan untuk menggunakan institusi medis dalam pengembangan asisten virtual dan chatbots untuk menyelesaikan berbagai masalah medis.

IBM sedang mengembangkan sistem berbasis AI di bidang perawatan kanker dan telah menghabiskan lebih dari $ 4 miliar untuk membeli beberapa perusahaan dengan cadangan data medis yang besar.

Baca Juga : Minnie, Robot kecil untuk meningkatkan minat baca Anak

Watson Grup, yang teknologinya IBM rencanakan untuk perawatan kesehatan, diciptakan pada awal 2014 dan sekarang mempekerjakan sekitar 10.000 orang. Tugas utama Watson adalah memahami pertanyaan yang dirumuskan dalam bahasa alami dan menemukan jawaban untuk mereka dengan bantuan AI.

Medtronic dan IBM bersama-sama mengembangkan aplikasi untuk memantau pengobatan penderita diabetes. Software Sugar.IQ adalah asisten cerdas untuk diabetes yang akan dapat memprediksi penurunan gula darah kritis tiga jam sebelum pasien menunjukkan gejala.

Data dari 600 pasien anonim digunakan untuk membuat teknologi. Orang dapat melacak kondisi mereka menggunakan aplikasi seluler dan perangkat medis khusus.

Intel sedang mengembangkan program berbasis AI yang dapat mengidentifikasi pasien yang berisiko penyakit berbahaya dan menawarkan opsi perawatan.

Artikel ini hanya sebagian kecil dari peluang yang telah dibawa AI ke sektor perawatan kesehatan.

Whatsapp