contoh kecerdasan buatan

Contoh Artificial Intelligence

Majapahit.id – Akhir-akhir ini, aktivitas manusia semakin mengandalkan teknologi yang canggih untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam mengatasi suatu masalah atau menjadi jalan pintas agar pekerjaan manusia menjadi lebih cepat, efisien dan efektif.

Teknologi tersebut tak lain adalah Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang merupakan ilmu di bidang komputer. Ilmu tersebut telah mengajarkan mengenai pola pikir yang memiliki sangkutan dalam bekerja sama dengan manusia, intellejen mesin dan lain sebagainya.

Salah satu contoh AI yang paling sering digunakan sampai detik ini adalah mesin pencarian atau search engine. Orang-orang bisa menemukan sesuatu dengan cepat hanya tinggal mengetikan kata kunci. Dengan begitu, Anda bisa mencari informasi atau produk dengan mudah dan cepat.

Jika Anda belum mengetahui apa itu Artificial intelligence silahkan simak pada tautan tersebut.

Contoh Kecerdasan Buatan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak sekali beberapa Contoh Artificial Intelligence (AI) yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun banyak sekali manusia yang tidak menyadarinya padahal teknologi yang sering digunakan adalah contoh dari kecerdasan buatan yang saat ini sedang terus dikembangkan agar lebih baik.

Berikut ini adalah contoh kecerdasan buatan yang sering Anda gunakan.

Gmail

Contoh Artificial Intelligence gmail

Google memiliki layanan yang sering digunakan oleh manusia dengan mengandalkan mesin pembelajaran untuk memberhetikan email, apabila email tersebut tidak Anda inginkan.

Dengan bantuan sistem tersebut, pesan yang tidak Anda inginkan akan secara otomatis masuk kedalam spam. Hal ini bisa melindungi Anda dari gangguan malware karena email yang mencurigakan.

Selain itu, google juga sedang mengembangkan beberapa fitur, salah satunya adalah fitur Smart Reply yang bisa membalas email dengan gaya & bahasa yang sangat mirip seperti dengan penggunanya.

Google Translate

Contoh Artificial Intelligence berikutnya yang sering Anda gunakan adalah google translate. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Banyak sekali orang-orang yang belum mengerti bahasa asing dengan tepat. Oleh karena itu, google translate hadir agar membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Hal ini bisa dilaksanakan dengan hadirnya AI yang dapat menjerjemahkan bahasa asing ataupun hanya dengan memotret tulisan yang Anda kerjkan.

Google Maps

Perusahaan google merupakan Perusahaan paling sukses karena banyak sekali produk dan layanan yang mereka hadirkan. Salah satunya adalah google maps yang merupakan peta digital untuk digunakan manusia dalam mencari suatu tempat.

Program navigasi ini memiliki algoritma yang menyarankan pengguna untuk mendapatkan rute yang paling mudah, cepat dan terhindar dari macet untuk menuju tempat yang Anda tuju.

Selain itu, AI yang dimiliki oleh google maps, menyimpan banyak sekali data yang sangat besar untuk menampung peta serta rute dunia.

Fitur Selfi

Contoh Artificial Intelligence fitur selfi

Ketika Anda berfoto ria bersama teman-teman dengan menggunakan kamera dari smartphone, pastinya Anda sering menambahkan fitur-fitur yang sudah disediakan dalam kamera smarthphone, misalnya seperti filter editing, beauty dan lain sebagainya.

Selain itu, pada saat ini sudah banya kamera yang memberikan akses wajah agar terlihat lebih muda ataupun lebih tua. Tentu, dengan teknologi kecerdasan buatan atau (AI) bisa mendeteksi wajah, warna dengan kualitas yang sempurna. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk mengedit gambar agar terlihat lebih keren.

Netflix

Contoh Artificial Intelligence netflix

Kira-kira siapa ya yang tidak mengetahui layanan paling populer ini? Rasanya tidak mungkin jika ada orang yang tidak mengetahui mengenai Netflix.

Ya, netflix merupakan layanan film online paling terpopuler dengan menggunakan konsep content-on-demand yang bisa memberikan prediksi film dan serial yang mungkin akan disukai oleh para penggunanya.

Apakah Anda pernah bertanya lebih dalam dari manakah rekomendasi film tersebut berasal? Ternyata dibalik semua itu adalah dengan menggunakan AI. Ya, netflix memiliki teknologi yang bisa memprediksi film kesukaan Anda berdasarkan dengan apa yang Anda tonton dan Anda sukai.

Belanja Online

Contoh Artificial Intelligence belana online

Pastinya Anda sering melakukan belanja online pada saat ini, kebanyakan orang mengatakan bahwa belanja online merupakan belanja terbaik karena dengan alasan mudah, murah serta praktis.

Program belanja online bisa memiliki puluhan ribu hingga jutaan produk yang bisa Anda temukan. Ketika Anda baru membuka halaman beranda, Anda akan menemukan pilihan produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kategori.

Lalu, apa sih yang menyebabkan bahwa belanja online menggunakan teknologi AI?

Anda bisa melihat dan menemukannya pada rekomendasi produk yang sering ditampilkan pada halaman beranda. Nah, rekomendasi tersebut berasal dari program yang selalu mempelajari kebiasaan Anda dalam mencari ataupun membeli suatu produk.

Pemesanan Ojek Online

Contoh Artificial Intelligence ojek online

Saat ini sudah banyak aplikasi untuk pemesanan ojek online, ketika Anda memesan ojek online tersebut, Anda akan diperlihatkan dimana sajakah ojek online tersebut berada. Dalam pemesanan ini selalu otomatis dan secara acak dalam memilih driver.

Hadirnya aplikasi ojek online ini sangat berguna dan efektif untuk digunakan, karena munculnya berbagai layanan seperti layanan pembelian makanan ataupun mengantarkan paket secara cepat.

Pada aplikasi ini, program kecerdasannya akan selalu di upgrade. Dengan begitu aplikasi ini tidak akan disalah gunakan oleh pengguna maupun driver.

Siri

Contoh Artificial Intelligence siri

Contoh kecerdasan buatan berikutnya adalah aplikasi terobosan dari Apple yang diciptakan untuk menjadi asisten pribadi yang pintar ketika Anda mendapatkan suatu masalah karena aplikasi ini dirancang agar bisa membantu Anda untuk menyelesaikan banyak masalah.

Selain itu, Siri juga bisa mengirim pesan, mengatur jadwal meeting, menelpon dan lain sebagainya. Oleh karena itu, siri merupakan aplikasi yang menjadi salah satu contoh AI yang bisa mengolah perintah Anda menjadi tindakan nyata.

Spotify

Contoh kecerdasan buatan spotify

Sama seperti layanan Netflix, AI didalam spotify bisa bekerja dengan cara merekomendasikan musik yang mungkin Anda sukai.

Kelebihannya pada aplikasi ini dapat membuatkan playlist lagu mingguan untuk Anda. Selain dari pada memprediksi genre yang Anda sukai, spotify juga bisa memberikan rekomendasi musik terbaik walaupun Anda belum pernah menyetel lagu tersebut sebelumnya.

Virtual reality (VR)

Contoh kecerdasan buatan Virtual reality

Berikutnya adalah Virtual reality (VR) yang biasa dikenal dengan sebutan lainnya adalah realitas virtual merupakan teknologi yang bisa membuat Anda bisa berinteraksi secara nyata dengan objek imajinasi hasil dari simulasi komputer.

Pada umumnya, teknologi ini di gunakan untuk di manfaatkan sebagai alat bantu observasi hampir diseluruh bidang khususnya pada industri games.

Kesimpulan

Disadari ataupun tidak, ternyata penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak kita temukan dan sudah melebar dengan cukup luas serta tidak bisa di pisahkan oleh manusia begitu saja.

Demikianlah contoh dari artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan didalam kehidupan sehari-hari yang biasanya sering Anda temukan.

Whatsapp