Tekno . 11 March 2022

3 Tipe Aplikasi yang Harus Anda Tahu

Majapahit Teknologi - Memasuki dunia digital yang serba mudah, tentu Anda sering mendengar kata aplikasi. Ya, aplikasi atau apps ini memang sangat beragam tergantung dari jenis, kegunaan, pemakai, dan lain sebagainya. Software aplikasi pada dasarnya dibuat untuk mempermudah aktivitas dari pemakainya dalam berbagai urusan seperti halnya tujuan 3 tipe aplikasi berikut.

Setidaknya ada 2 metode bagaimana software aplikasi diproduksi oleh perusahaan Jasa Pembuatan Software, yakni pertama membuat berdasarkan minat dan kebutuhan secara umu, membacanya, lalu memproduksinya. Lalu yang kedua dengan berdasarkan minat dan kebutuhan khusus yang disampaikan oleh pengguna langsungnya.

3 Tipe Aplikasi

Secara sederhana, software aplikasi dibagi menjadi 3 tipe yakni ; Aplikasi Asli (Native), Aplikasi Hybrid, dan Aplikasi Web. Kenali lebih jauh dalam artikel ini, berikut ketiga jenis tersebut.

Aplikasi Asli (Native)

Aplikasi semacam itu dikembangkan untuk sistem operasi seluler tunggal secara eksklusif, oleh karena itu aplikasi tersebut “asli” untuk platform atau perangkat tertentu.

Aplikasi yang dibangun untuk sistem seperti iOS, Android, Windows Phone, Symbian, Blackberry tidak dapat digunakan pada platform selain milik mereka. Dengan kata lain, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi Android di iPhone.

Keuntungan utama dari aplikasi asli adalah kinerja tinggi dan memastikan pengalaman pengguna yang baik karena pengembang menggunakan UI perangkat asli. Selain itu, akses ke berbagai API yang tidak membatasi penggunaan aplikasi. Aplikasi asli jelas dapat diakses dari toko aplikasi dari jenisnya dan memiliki kecenderungan yang jelas untuk menjangkau pelanggan sasaran.

Beberapa kontra terhadap aplikasi asli lebih mahal dibandingkan dengan jenis aplikasi lain - karena kebutuhan membuat duplikat aplikasi untuk platform lain, dukungan dan pemeliharaan terpisah untuk berbagai jenis aplikasi yang menghasilkan harga produk yang lebih besar.

Aplikasi hibrid (Hybrid)

Mereka dibangun menggunakan teknologi web multi-platform (misalnya HTML5, CSS dan Javascript). Yang disebut aplikasi hibrid sebagian besar adalah aplikasi situs web yang disamarkan dalam pembungkus asli. Aplikasi memiliki pro dan kontra biasa baik aplikasi mobile asli maupun web.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Email Marketing Masih Layak Digunakan

Aplikasi multi-platform hybrid cepat dan relatif mudah dikembangkan - keuntungan yang jelas. Basis kode tunggal untuk semua platform memastikan perawatan murah dan pembaruan lancar. API yang banyak digunakan, seperti giroskop, akselerometer, geolokasi tersedia.

Di sisi lain, aplikasi hybrid kurang dalam kinerja, kecepatan dan optimasi keseluruhan dibandingkan dengan aplikasi asli misalnya. Juga, ada masalah desain tertentu karena ketidakmampuan aplikasi untuk melihat dengan cara yang persis sama pada dua atau lebih platform.

Aplikasi web

Ini adalah aplikasi perangkat lunak yang berperilaku mirip dengan aplikasi asli. Aplikasi web menggunakan browser untuk menjalankan dan biasanya ditulis dalam HTML5, JavaScript atau CSS. Hal ini di karenakan aplikasi ini mengarahkan pengguna ke URL dan menawarkan opsi "instal" dengan hanya membuat bookmark ke halaman mereka.

Selain itu, aplikasi web memerlukan memori perangkat minimum, sebagai aturan. Karena semua basis data pribadi disimpan di server, pengguna dapat memperoleh akses dari perangkat apa pun kapan pun ada koneksi internet.

Itulah sebabnya penggunaan aplikasi web dengan koneksi yang buruk akan menghasilkan pengalaman pengguna yang buruk. Kekurangannya adalah akses ke tidak banyak API untuk pengembang, dengan pengecualian geolokasi dan beberapa lainnya.

Bagikan artikel ini: