Tekno . 01 November 2019

Otomasi Industri : Pengertian, Manfaat, Jenis, Keuntungannya & Tips Menerapkannya !

Majapahit Teknologi - Pesatnya automasi dan Industri 4.0 mempelopori landscape proses manufaktur yang terus berubah. Pabrikan dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan dan mendigitalkan sistem mereka sebagai sarana untuk memasang umur panjang dalam bisnis mereka.

Kegagalan untuk melakukan hal itu berisiko membuat mereka jatuh di antara permintaan pelanggan yang terus meningkat.

Pengertian Automasi

Perlu di ketahui Automasi berasal dari bahasa Yunani yaitu "AUTOMOTOS". Pada awal mula kata tersebut hanya bermaksud dengan tujuan untuk bergerak sendiri atau istilah kerennya adalah (Self Moving). Awalnya, kata tersebut muncul pada tahun 1936 oleh D.S Harder. Setelah itu, Automasi mulai berkembang pada tahun 1952.

Dengan demikian, Automasi adalah sebuah rancangan teknologi yang menggunakan mesin atau elektronik berupa sistem komputer dengan tujuan untuk bisa mengoprasikan dan mengendalikan proses produksi.

Automasi Dalam Industri 4.0

Digitalisasi, automasi, dan pengumpulan data adalah prinsip utama Industri 4.0 yang harus diselaraskan oleh produsen. Dengan melakukan itu, produsen dapat meningkatkan efisiensi sambil merampingkan biaya dan mempertahankan pengalaman pelanggan yang berkualitas.

Apa Itu Otomasi Industri ?

Setelah mengetahui defisini dari Automasi, Anda juga di haruskan untuk mengenal sistem otomasi pada Industri.

otomasi industry adalah sebuah sistem yang memang digunakan untuk bertujuan mengontrol dan memantau berbagai proses, mesin atau bahkan sebuah perangkat yang terkomputerisasi.

Pastinya, sistem ini akan secara otomatis untuk mengurangi pekerjaan manusia di bidang industry. Selain dari pada itu, sistem ini juga bisa menggantikan tugas berulang kali yang memang dilakukan oleh 1 orang.

Sebagai pemasok terkemuka dan produsen solusi komponen penting, Komponen Essentra adalah salah satu dari banyak produsen yang baru memulai perjalanan Industri 4.0 mereka.

Perencanaan Pintar

Untuk Komponen Essentra, area bisnis utama yang menggabungkan otomatisasi dapat dibagi menjadi tiga area terpisah; perencanaan pintar, mesin pintar, dan data pintar.

Untuk perencanaan yang cerdas, perusahaan menggunakan perangkat lunak perencanaan permintaan canggih untuk menentukan ukuran lot dan poin pengisian ulang dalam sistem ERP.

Proses ini kemudian melepaskan permintaan ke alat penjadwalan yang canggih, yang memiliki kapasitas untuk mengatur pekerjaan paling efisien sesuai dengan berbagai kriteria, seperti menghindari perubahan bahan atau warna. Proses otomatis ini terhubung ke sistem pemantauan produksi utama perusahaan.

Bahkan robotika sederhana seperti sprue picker dan in-line recycle telah membantu meningkatkan penangkapan cetakan dan pemulihan limbah. Mengotomatiskan proses ini telah membantu mengurangi limbah bahan baku bulanan perusahaan sekitar 75%.

Mesin pintar

Selama tiga tahun terakhir, perusahaan juga telah meningkatkan sekitar 25% dari mesinnya di lantai toko Inggris untuk mengambil keuntungan dari teknologi baru.

Dengan melakukan hal itu, karyawan sekarang memiliki kemampuan untuk menghubungkan mesin ke sistem cloud, memungkinkan individu untuk secara langsung mengunduh parameter pemrosesan yang disetujui ke mesin yang pada akhirnya mempercepat seluruh proses.

Essentra juga telah memasukkan kemampuan akses jarak jauh pada alat berat untuk memungkinkan insinyur mesin eksternal mendiagnosis kesalahan yang mengurangi periode waktu henti potensial.

Komponen Essentra saat ini sedang mengembangkan proses di mana teknisi dapat memiliki akses untuk memecahkan masalah pemrosesan dari jarak jauh dan membuat modifikasi pada proses melalui ponsel pintar mereka.

Manfaat lain dari munculnya mesin pintar adalah bahwa 70% dari bahan yang digunakan perusahaan juga sekarang langsung dimasukkan ke dalam mesin yang mengurangi penanganan manual, limbah dan waktu henti mesin.

automasi dan industri 4.0

Data Pintar

Data Pintar adalah bidang utama otomatisasi bagi produsen. Proses ini menangkap informasi keefektifan peralatan keseluruhan (OEE) real-time yang tidak hanya membantu sistem mempertahankan tingkat kinerja yang diperlukan, tetapi juga menawarkan data yang tak ternilai di mana ada ruang untuk perbaikan.

Misalnya, parameter pengaturan lembar disimpan secara elektronik, yang berarti bahwa parameter itu dapat diunduh secara otomatis ke mesin untuk mengurangi waktu pengaturan.

Munculnya otomatisasi dan data pintar yang diperoleh dari sistem pemantauan produksi telah membantu secara langsung dengan program pengembangan perkakas, yang telah menghasilkan perolehan efisiensi besar-besaran.

Akibatnya, Komponen Essentra memiliki lebih dari separuh jumlah mesin di lantai toko, sementara dua kali lipat output dalam 20 tahun terakhir.

Menciptakan pabrik yang cerdas dan merevolusi seluruh proses produksi pada awalnya dapat tampak seperti tugas yang rumit dan tidak ada habisnya, tetapi produsen akan dapat menuai manfaat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Automation and Industri 4.0 sepenuhnya mendefinisikan kembali proses manufaktur yang sudah ketinggalan zaman dan akan membantu mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Ini adalah waktu yang sangat menarik bagi industri manufaktur dan produsen harus menanggapi perkembangan teknologi ini dan memastikan mereka memenuhi tuntutan pasar yang terus berubah.

Manfaat Automasi Dalam Dunia Industri

Maraknya automasi pada saat ini adalah karena dengan adanya sistem integrasi (SI), atau bisa dijelaskan sebagai seluruh bagian produksi di pabrik dikelola oleh satu pusat kendali secara keseluruhan. Misalnya seperti panel listrik, sumber daya dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah manfaat automasi dalam dunia industri yang harus Anda ketahui. Sebagai berikut

Pelaporan & Pemeriksaan Menjadi Mudah

Sistem automasi akan memudahkan seluruh kegiatan untuk bisa mengakses data-data. misalnya seperti pelaporan dan audit. Dengan ini, para staf bisa dengan mudah dan cepat untuk bisa menemukan informasi yang dibutuhkan.

Meningkatkan Produksi

Dengan adanya Automasi bisa meningkatkan frekuensi serta jumlah produksi. Namun tanpa adanya memboroskan daya dan waktu. Tentu saja hal ini dianggap sempurna karena dapat menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya.

Mengurangi Resiko Cedera

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tentu akan membantu manusia untuk mengerjakan aktivtias dalam sehari-harinya.

Misalnya seperti adanya automasi bisa membantu untuk mengurangi resiko cedera pada karyawan. Khususnya seperti tugas pekerjaan yang mengambil resiko nyawa seperti pemotongan, penggunaan bahan kimia dan lain sebagainya.

Jenis Otomasi Industri

Jika Perusahaan Anda ingin menggunakan mesin otomasi, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu berbagai jenis dari sistem otomatisasi yang tersedia. Simak sebagai berikut :

Otomatisasi Tetap

Jenis pertama adalah Otomatisasi tetap yang dimana robot atau mesin telah dibuat untuk melakukan tugas yang sudah ditentukan dengan berulang kali.

Tentunya, proses ini tidak mengalami perubahan apapun. Namun, perlu digaris bawahi jika jenis otomasi seperti ini sangat cepat, tepat aman serta dapat meningkatkan produksi yang tinggi.

Selain itu, jenis ini sangat cocok untuk Industri dengan memiliki volume beban yang tinggi serta variabilitas kerja yang rendah.

Otomatisasi Lembut

Beda halnya dengan Otomatisasi lembut yang memiliki proses dengan dikendalikan secara langsung oleh komputer yang dapat deprogram untuk bisa menyesuaikan operasinya dengan berbagai produk yang berbeda.

Tentunya hal ini sangat berguna ketika Industri tersebut memproduksi suatu item yang berbeda dengan memerlukan konfigurasi yang pastinya berbeda.

Hasilnya ? Otomatisasi akan memiliki biaya yang sangat tinggi daripada otomatisasi keras dengan kecepatan yang lebih rendah.

Nah, jenis mesin otomatisasi ini terbagi menjadi 2, yaitu :

Otomatisasi Terprogram

Pada jenis ini, nantinya proses akan dikendalikan oleh program. Jadi, Anda memerlukan pengaturan baru untuk bisa menghasilkan produk baru. Anda juga diharuskan untuk mengkonfigurasi secara ulang serta menyesuaikan dari sisi software dan hardware.

Oleh karena itu, jenis ini sangat disarankan untuk industry dengan produksi rendah. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan proses pemrograman ulang mesin tersebut sangat rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Otomatisasi Fleksibel

Jenis berikutnya adalah otomatisasi fleksibel yang bisa mengkonfigurasi mesin agar bisa sesuai dengan produk baru dalam waktu yang sangat singkat.

Sudah jelas otomatisasi ini diberikan nama fleksibel, karena mereka akan memberikan kemudahan dalam konfigurasinya.

Oleh karena itu, otomasi ini sangat dianjurkan untuk industry menengah, misalnya seperti Mesin CNC.

Keuntungan Otomasi Industri

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang sangat menarik, apabila Anda menerapkan otomasi pada Perusahaan Industri, simak sebagai berikut :

Dapat Meningkatkan Produktivitas Industri

Tentunya dengan menggunakan mesin, Anda bisa menghemat waktu untuk membuat suatu produk serta kualitas produksinya yang akan tetap terjaga

Selain itu, hal tersebut pun bisa mengurangi kesalah yang akan terjadi. Mengapa ? Karena otomasi bisa menghasilkan konsistensi dan produktivitas yang lebih tinggi dan bisa berjalan dengan waktu 24 jam tanpa berhenti sama sekali.

Menghemat Pengeluaran

Ketika Perusahaan Industri sudah menggunakan robot untuk produksinya, biaya yang akan dikeluarkan akan lebih banyak namun hanya berlaku untuk di awal serta perawatannya saja.

Tentunya akan berbeda jika menggunakan tenaga manusia, dimana Perusahaan akan mengeluarkan gaji & tunjangan yang harus diberikan.

Meningkatkan Keselematan Kerja

Ketika sebuah Perusahaan industry sudah menggunakan otomasi, para operator sudah tidak harus mengerjakan tugas yang berbahaya lagi.

Oleh karena itu, penerapan otomasi dalam dunia industry akan membantu operator manusia untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih aman dan tidak berbahaya seperti dulu lagi, karena hal tersebut bisa di kerjakan oleh mesin otomasi.

Cara Menerapkan Otomasi Industri Dengan Baik

Otomasi Industri

Baca Juga : Mampukah artificial intelligence menggantikan peran manusia ?

Ketika merubah suatu sistem dalam Pekerjaan, tentunya hal tersebut tidak semudah yang Anda bayangkan. Pastinya membutuhkan waktu serta adaptasi yang cukup untuk terbiasa dengan sistem Pekerjaan yang baru.

Oleh karena itu, Admin akan memberikan beberapa tips menarik untuk dapat menerapkan otomasi industry, simak sebagai berikut :

Menentukan Rencana Jangka Panjang

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan rencana jangka panjang dalam menggunakan sistem otomasi.

Disisi lain, hal tersebut membutuhkan budget yang cukup besar untuk bisa menerapkan di awal.

Oleh karena itu, sebelum mengganti sistemnya, alangkah baiknya Perusahaan Anda sudah memiliki rencana jangka panjang, misalnya seperti proses apa saja perangkat otomasi yang nantinya akan di terapkan pada Perusahaan, banyaknya biaya dan lain sebagainya.

Memulainya Secara Perlahan

Setelah menentukan rencana untuk jangka panjang Perusahaan, segeralah memulainya. Namun, jangan sampai terburu-buru untuk menerapkan teknologi tersebut.

Mengapa ? Karena karyawan pastinya membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan dengan alat-alat yang ada pada sistem tersebut.

Selain itu, Perusahaan juga harus memberikan pelatihan terlebih dahulu, agar para karyawan bisa dengan mudah memahami sistem terbaru tersebut.

Memilih Sistem yang Tepat untuk Perusahaan

Tips terakhir, Anda harus bisa memastikan untuk bisa menerapkan sistem otomasi yang tepat dengan kebutuhan Perusahaan.

Dengan demikian, melakukan pengecekan dan analisis terlebih dahulu merupakan langkah tepat untuk menghindari kerugian.

Kesimpulan

Dengan adanya sistem automasi tentu saja bisa meningkatkan berbagai Produktivitas dan Persaingan di berbagai Perusahaan industri dan lain sebagainya.

Karena dengan hadirnya teknologi ini bisa mengotomatiskan tugas-tugas tertentu yang bisa membahayakan nyawa manusia sekalipun.

Bagikan artikel ini: