Update . 27 January 2023

Software Rekomendasi Pembuat Aplikasi Android Terbaik

Di era modernisasi yang canggih teknologi seperti sekarang, siapapun bisa membuat aplikasi yang diimpikan secara mandiri. Hadirnya software pembuat aplikasi android, adalah solusi paling mudah untuk merancang sebuah aplikasi hanya melalui smartphone.

Bagi anda yang ingin belajar membuat aplikasi mobile, tentu sangat membutuhkan software khusus untuk membantu proses pembuatan aplikasi tersebut. Beberapa software pengembangan untuk membuat aplikasi android adalah sebagai berikut.

Android Studio

Software pembuat aplikasi android yang pertama yaitu Android Studio. Merupakan software integrated development (IDE) yang resmi dari Google untuk membuat sebuah aplikasi berbasis android.

android studio

Android Studio ini dilengkapi dengan beberapa fitur andalan. Diantaranya ialah emulator, instant run, intelligence code editor dan juga layout editor yang berfungsi untuk mempercepat proses coding dan pengembangan aplikaasi.

Apache Cordova

Apache Cordova awal mulanya bernama PhoneGap yang kemudian mengalami pergantian nama pada tahun 2011 setelah perusahan Nitobi dibeli oleh Adobe Sytems. Dengan software ini anda bisa mengembangkan aplikasi android, iOS serta windows phone.

Apache cordova

Jka anda ingin mengembangkan aplikasi di beragam sistem operasi, Apache Cordova pilihan yang paling tepat. Pasalnya, software ini mampu digunakan dengan bahasa HTML 5, CSS# dan Javascript.

Adobe Flash Builder

Software ketiga pembuat aplikasi android terbaik yakni Adobe flash Builder. Software ini banyak digunakan oleh developer dalam mengembangkan game dan beragam aplikasi lainnya.

Adobe flash

Adobe Flash Builder tersedia dalam dua edisi, yaitu standart dan premium yang fiturnya lengkap. Anda bisa mengoperasikan software ini dengan baik asalkan menguasai bahasa ActionScript dan framework open source Flex.
Ionic.

Tahukah anda bahwa ada software yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile hybrid ? Ya, Ionic namanya. Dikenal dengan sebutan Ionic Framework, software ini dilengkapi dengan komponen CSS seperti button, list, form, grids, tabs dan lain-lain.

Baca : 10 Software Anti Malware Terbaik

React Native

React native

React Native adalah software pembuat aplikasi android yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi smartphone yang mendekati dengan aplikasi native. Software ini bisa membuat aplikasi untuk android dan iOS dengan mudah di waktu yang bersamaan.

MIT App Inventor

MIT App Inventor

Software pembuat aplikasi android selanjutnya yaitu MIT App Inventor yang cocok digunakan bagi pemula. Software ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan digunakan, serta menggunakan block-based programming tool.

Xamarin

Xamarin

Xamarin adalah software yang bisa anda gunakan jika ingin membuat aplikasi android dengan menggunakan bahasa pemrograman. Menariknya, para developer dapat membuat aplikasi berkualitas tinggi dengan bantuan software satu ini.

Eclipse

Jika anda sedang mencari software pembuat aplikasi android untuk pemula, maka Eclipse pilihan yang paling cocok. Software satu ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi android yang paling populer di kalangan para developer.

Eclipse software

Eclipse merupakan software yang cukup user friendly. Didukung oleh Gradle build system yang fleksibel jika dibandingkan dengan Android Studio. Tak salah jika Eclipse diklaim sebagai software yang mudah digunakan oleh pemula.

Netbeans

Dianatara beberapa software pembuat aplikasi android diatas, Netbeans tak kalah bagusnya dijadikan pilihan membuat aplikasi yang anda inginkan. Netbeans termasuk software yang open source sehingga anda bisa berdiskusi dengan pengguna lainnya.

Netbeans

Software ini dilengkapi dengan tools dan fitur IDE yang sudah terintegrasi lengkap dalam satu software. Dengan begitu, saat menggunakan software ini anda tidak kerepotan mencari plugin lainnya. Bahasa pemrogramannya adalah Java, C++, PHP dan lain-lain.

Unity

Unity adalah software pembuat aplikasi android yang paling tepat untuk membuat aplikasi game. Software ini dapat anda gunakan di berbagai macam sistem operasi, seperti Linux, Windows dan juga MacOS.

Unity

Unity dapat digunakan dengan beberapa bahasa pemrograman, seperti Javascript, C# dan masih banyak lagi. Software ini pun sangat tepat digunakan untuk membuat aplikasi game dua dimensi dan 3 dimensi. Menarik sekali, bukan ?

Kesimpulan

Itulah dia pembahasan seputar software pembuat aplikasi android terbaik yang mungkin dapat dijadikan referensi bagi anda. Nah, dari kesepuluh software untuk pengembangan aplikasi diatas, kira-kira anda tertarik ingin mencoba yang mana nih ? Semoga berhasil ya!

Bagikan artikel ini: