Web Development . 06 October 2022

SQL : Pengertian, Sejarah dan Jenis Perintah SQL

Tahukah Anda SQL atau Structured Query Languange adalah salah satu point penting dalam sebuah studi teknik komputer jaringan ? Bahkan SQL menjadi bahasa pemrograman kedua yang paling banyak digunakan oleh para developer.

Bagi Anda yang ingin mendalam pekerjaan di bidang data, SQL ini wajib dikuasai. Bahasan pemrograman ini memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang hingga menjadi salah satu favorit para data scientist.

Perkembangan SQL tentu saja dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang terus mengalami perubahan dan kemajuan. Sehingga banyak bermunculan software keluaran terbaru, namun tidak menghilangkan keberadaan SQL.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung apa itu SQL ? Apa saja fungsi menggunakan SQL ini ? Nah, untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda sebaiknya simak ulasan berkut hingga tuntas ya.

Pengertian SQL

SQL dapat diartikan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses, mengubah dan memanipulasi data yang berbasis relasional. Bahasa komputer dalam data basis relasional ini sudah memiliki standarisasi sejak tahun 1986 oleh ANSI. 

SQL adakah salah satu bahasa query dasar dalam penglolaan database yang sudah banyak server mampu mengartikan bahasa SQL ini. Oleh karena itu, SQL menjadi bahan pembicaraan dan materi berharga bagi Anda yang bergelut dalam dunia IT.

Sejarah Kemunculan SQL

Jika Anda tertarik ingin mengetahui sejarah kemunculan SQL, itu menandakan Anda benar-benar tertarik dalam dunia IT. Sejarah kemunculan SQL dapat mengaju pada artikel seorang peneliti di IBM, Jhony Oracle.

Dalam artikel tersebut dibahas mengenai ide pembuatan sebuah basis data relasional yang muncul pada Juni 1970. Disana juga dibahas mengenai kemungkinan di masa depan untuk menciptakan sebuah bahasa data yang standar.

Kemudian muncullah istilah SQUEL (Structred English Query Languange) yang akhirnya disingkat menjadi SQL karena namana cukup sulit untuk dieja. SQL mengalami perbaikan pada tahun 1989 dan muncul versi SQL92 pada tahun 1992 yang sering digunakan dalam IT.

Profesi yang Membutuhkan Skill SQL

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa SQL berkaitan erat dengan pengelolaan data, sehingga sebagian besar profesi dalam data scientist membutuhkan skill dalam menggunakan sistem query ini. Berikut profesi yang membutuhkan keterampilan SQL

Data Scientist

Data scientist ialah seseorang yang bergulat dalam pembuatan database, mengolah data hingga menerjemahkannya menjadi sesuatu yang mudah untuk ditelaah. Terjemahan yang merupakan produk data ini nantinya dijadikan sebagai perusahaan untuk keputusan bisnis.

Baca : Mengenal Data Analyst : Pengertian, Tugas, Skill, Gaji & Cara Menjadi Data Analyst

Data Engineer

Data engineer adalah seorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menemukan tren atau pola dalam sebuah set data dan juga membangun algoritma yang dapat digunakan untuk mengakses data mentah dengan lebih mudah.

Business Analyst

Berprofesi sebagai business analyst membutuhkan SQL untuk menemukan kesenjangan dalam data set. Sebab analisa kesenjangan yang terperinci merupakan kunci sukses dari seorang business analyst.

Database Administrator

Database Administrator adalah profesi yang bertugas dalam mengelola software database untuk menyimpan, menysusun hingga mengakses data dengan sistem yang matang. SQL disini sangat perlu dikuasai untuk mendukung menjadi profesional dalam pekerjaan.

Quality Assurance Tester

Profesi yang membutuhkan skill SQL berikutnya ialah Quality Assurance Tester. Dimana profesi ini bertugas untuk memeriksa kerusakan atau masalah yang terjadi pada produk digital.

Jenis Perintah SQL

SQL memiliki jenis-jenis perintah yang harus dipahami oleh seorang yang berprofesi dalam bidang IT atau yang membutuhkan skill SQL seperti yang diuraikan pada ulasan diatas. Apa saja perintah-perintah dasar yang terdapat dalam SQR ? Simak penjelasannya berikut ini.

Data Definition Languange (DDL)

DDL merupakan jenis perintah yang digunakan untuk menguraikanatau mendefinisikan data seperti membuat tabel database baru, mengubah data set atau menghapus data. Perintah dasar DDL ini sebenarnya masih dibedakan lagi menjadi 5 jenis perintah.
Diantara perintah dasar DDL tersebut yaitu perintah create, perintah alter, perintah rename, perintah drop dan perintah show. Semua jenis perintah DDL juga harus Anda kuasai dengan baik jika ingin menjalankan tugas dari SQL.

Data Manipulation Languange (DML)

DML adalah perintah dalam SQL untuk memanipulasi data. Perintah dalam DML ini juga terbagi menjadi 4 jenis perintah. Diantaranya ialah perintah insert, select, update dan juga delete.

Data Control Languange (DCL)

Perintah dasar selanjutnya ialah DCL, yang mana digunakan untuk mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna. Dengan perintah inilah seorang admin database dapat menjaga kerahasiaan sebuah database.

Fungsi SQL

Fungsi SQL dapat memungkinkan Anda untuk mengakses ataupun mengubah database. Dengan SQL Anda bisa menjalankan sebuah query atau mengambil data yang dibutuhkan, termasuk didalamnya memperbarui dan menyisipkan data dalam database.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai pengertian SQL, sejarah kemunculannya, profesi yang membutuhkan skill SQL, jenis perintah SQL serta fungsi SQL. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Bagikan artikel ini: