Business . 28 July 2022

Email Marketing : Pengertian, Regulasi & Strategi Email Marketing

Tahukah Anda, email marketing merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya? Dengan email marketing, pemasaran produk bisnis dapat berjalan dengan lancar. Sudah tahu belum, apa itu email marketing?

Apa Itu Email Marketing ?

Email marketing adalah strategi yang menggunakan email sebagai media marketing. Namun ingat, strategi satu ini berbeda dengan jenis marketing lainnya.

Pilihan yang tepat sekali jika Anda ingin mempraktikan berbagai strategi email marketing untuk bisnis Anda.

Mengapa harus email marketing? Karena faktanya, promosi bisnis menggunakan email marketing tingkat keberhasilannya lebih besar jika dibanding melalui media sosial.

Inilah mengapa Anda perlu mengetahui informasi seputar email marketing. Simak uraian berikut ini.

Kenapa Email Marketing Penting?

Hampir seluruh perusahaan besar memanfaatkan email marketing sebagai media promosi. Namun sayangnya, tidak sedikit pula yang menyadari pentingnya email marketing bagi perkembangan bisnis.

Tahukah Anda bahwa email marketing memberi pengaruh bagi pemasaran perusahaan?

Email marketing dianggap sebagai cara pemasaran yang sangat efektif dan banyak digunakan oleh bisnis.

Mengingat email marketing merupakan bagian dari internet marketing, maka tidak mengherankan jika metode ini diklaim lebih murah dibandingkan dengan metode marketing tradisional.

Email marketing memiliki peranan yang penting karena berpotensi akuisisi konsumen baru yang memang jauh lebih besar jika dibandingkan yang lain.

Selain biayanya murah, banyak keuntungan yang didapatkan oleh bisnis dengan menggunakan metode pemasaran ini.

Diantara keuntungan yang diperoleh bisnis saat memanfaatkan email marketing sebagai sarana promosi yaitu personalisasi konten terhadap sasaran pelanggan, pengumpulan data umpan balik dan survei lebih mudah, meningkatkan penjualan dan traffic website dan lain-lain.


Regulasi Email yang Harus Diketahui

Jika Anda memilih email marketing untuk mempromosikan bisnis Anda, sebaiknya ketahui dahulu tentang regulasi email yang harus dipatuhi. Regulasi email ini berkaitan dengan hak dari pelanggan. Berikut regulasi email yang harus diketahui.

CAN-SPAM Compliance

Regulasi email CAN-SPAM Compliance bertujuan untuk melindungi hak pelanggan supaya mereka tetap memperoleh email yang relvean.

Perusahaan harus mencantumkan banyak informasi meliputi nama dan alamat perusahaan, link khusus dalam email dan lain-lain.

GDPR Compliance

GDPR adalah email regulation yang diprediksi dapat membina hubungan dengan berbagai perusahaan dan juga pelanggan akan menjadi lebih tahan lama.

Regulasi email ini memiliki persyaratan yang harus dipenuhi lebih berat, seperti penggunaan bahasa dalam email yang tidak boleh bertele-tele.

Kelebihan Email Marketing dalam Bisnis

Apa saja kelebihan email marketing sehingga banyak digunakan sebagai media promosi dalam bisnis? Ada banyak kelebihan email marketing ini karena merupakan saluran pemasaran yang kuat dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Berikut diantara kelebihan email marketing dalam bisnis.

Hemat Biaya

Memanfaatkan email marketing sebagai sarana promosi bisnis dianggap lebih menghemat biaya jika dibandingkan dengan pemasaran lainnya.

Email marketing tidak perlu mengeluarkan biaya iklan, pencetakan bahkan biaya ruang media.

Berbasis Izin

Kelebihan email marketing yang kedua yaitu sudah berbasis izin sehingga daftar pemasaran hanua terdiri dari pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Sehingga berpeluang akan terlibat bisnis nantinya.

Desain Fleksibel

Email marketing memungkinkan perusahaan dapat mengirimkan grafik, teks biasa dan juga file lainnya sesuai selera Anda.

Desainnya fleksibel dan terdapat pilihan opsi desain sehingga mudah dalam menyampaikan branding bisnis.

Scalable

Kelebihan email marketing yang tak kalah menguntungkan ialah dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang sangat besar atau daftar target Anda yang lebih kecil.

Personalisasi dan Segmentasi

Email marketing memungkinkan perusahaaan dapat mempersonalisasi pesan dan mengelompokkan daftar pemasaran yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan perusahaan.


Kekurangan Email Marketing didalam Bisnis

Selain memiliki beberapa kelebihan, tidak menutup kemungkinan email marketing juga mempunyai kekurangan.

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan strategi email marketing sebaiknya ketahui dulu kekurangan email marketing dalam bisnis berikut ini.

Resiko Spam

Spam atau email komersial menjadi salah satu penyebab terganggunya konsumen sehingga berdampak pada kehilangan banyak peluang bagi perusahaan.

Untuk itu, pastikan bahwa pemasaran email telah mematuhi aturan privasi & perlindungan data.

Masalah Desain

Email harusnya dirancang sedemikian rupa sehingga muncul dengan pantas di perangkat konsumen.

Mengingat beberapa orang hanya menerima email berupa teks, maka sebaiknya Anda harus mempertimbangkanbagaimana pesan yang akan terlihat.

Masalah Ukuran

Dalam hal ukuran email, file harus cukup kecil agar bisa diunduh dengan cepat. Sebab, email yang memuat banyak gambar akan memakan waktu cukup lama untuk dimuat sehingga dapat membuat kehilangan minat konsumen.

Sumber Daya dan Keterampilan

Untuk mempromosikan bisnis dengan email marketing, Anda harus emastikan bahwa Anda memiliki sumber daya dan keterampilan yang tepat.

Email Tidak Terkirim

Kekurangan yang terakhir ini manakala email yang dirancang dengan buruk kemungkinan tidak terkirim dan menjadi sia-sia.

Baca : Alasan Mengapa Email Marketing Masih Layak Digunakan

Cara Memulai Email Marketing

Setelah menyimak pembahasan diatas, apakah Anda tertarik untuk memulai email marketing?

Jika Anda ingin memulai email marketing untuk bisnis Anda, jangan ragu mengikuti langkah-langkah strategi email marketing yang efektif berikut ini.

Kenali Kebiasaan Calon Pelanggan

Langkah pertama memulai email marketing adalah dengan memperhatikan aspek dalam mengenali kebiasaan atau karakteristik calon pelanggan. Apakah sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan?

Dengan memahami bagaimana selera pelanggan dan mengenali karakteristiknya, bukan tidak mungkin Anda dapat menjalin komunikasi secara efektif. Bahkan lebih baik lagi jika berhasil membuat calon pelanggan terpesona dengan bisnis Anda.

Tetapkan Target Penjualan Lewat Email

Cara kedua ini terbilang gampang-gampang susah, Anda harus membuat target penjualan melalui email marketing. Anda bisa membuat konten yang menekankan karakteistik brand dan menonjolkan keunggulan brand untuk menarik perhatian calon konsumen.

Kelompokkan User

Langkah selanjutnya yaitu menglompokkan audiens ke dalam kelompok yang lebih kecil. Hal ini membantu supaya Anda bisa mengirimkan email yang relevan dengan promosi yang Anda buat.

Tentukan Jenis Campaign-mu

Nah, sebelum mengirimkan email marketing, tentukan terlebih dahulu jenis campaign yang sesuai dengan karakteristik calon konsumen Anda. Pastikan Anda pelajari setiap jenis kampanye email marketing dan pilih yang paling tepat.

Evaluasi dan Ukur Hasilnya

Setelah semua step diatas terpenuhi, maka yang terakhir adalah mengevaluasi dan mengukur hasilnya. Pastikan email marketing yang Anda buat merupakan yang terbaik.

Tips Menghindari Email Masuk Spam

Pernah merasa terganggu dengan masuknya email spam? Tidak bisa dipungkiri, email spam bisa menyerang jaringan komputer mana saja.

Namun ada beberapa tips ampuh untuk menghindari email masuk spam yang dapat Anda coba.

Diantaranya yaitu

  • Hindari membuka atau membalas email spam
  • Melaporkan email spam yang masuk
  • Blokir pengirim email spam
  • Menggunakan akun email dengan bijak
  • Membuat akun email kedua
  • Sembunyikan email serta memanfaatkan email hosting yang bisa Anda coba dengan menggunakan fitur anti spam.

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan seputar email marketing yang mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda saat ini. Setelah menyimak uraian diatas, apakah Anda tertarik ingin menggunakan email marketing sebagai sarana promosi bisnis?

Bagikan artikel ini: