Update . 11 November 2021

Mengenal Data Analyst : Pengertian, Tugas, Skill, Gaji & Cara Menjadi Data Analyst

Majapahit Teknologi - Data merupakan susunan dari beberapa komponen yang bertujuan untuk membentuk suatu hal. Dalam penyusunan sebuah data tersebut, tentu saja dikenal sebutan data analyst di dalamnya.

Data analyst ini sangat diperlukan dalam perkembangan teknologi mengingat hampir semua data memiliki tujuan pembentukan masing – masing.

Berikut ini adalah hal – hal yang wajib Anda ketahui seputar apa itu data analyst dan lain sebagainya, simak sebagai berikut:

Pengertian Data Analyst

Sesuai dengan tujuan penyusunan sebuah data dimana untuk mencapai tujuan perusahaan, maka dibutuhkanlah seorang data analyst.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa data analyst adalah seseorang yang bertugas mengolah, Menyusun, dan menerjemahkan data sesuai dengan tujuan awal pembuatan data tersebut bagi sebuah perusahaan.

Tugas Data Analyst

Tugas seorang data analyst

Setelah memahami apa itu data analyst, maka Anda wajib mengetahui apa sajakah tugas dari data analyst tersebut. Berikut ini adalah tugas – tugas dari seorang data analyst:

Bekerja Sama Dengan Tim Manajemen Untuk Kebutuhan Bisnis

Tugas pertama yang seorang data analyst adalah bekerja sama dengan tim manajemen untuk kebutuhan bisnis.

Dimana, maksud dari tugas ini adalah data yang berhasil diolah dan ditafsirkan oleh datan analyst akan disampaikan kepada tim manajemen agar diproses Kembali dan bertujuan mencapai kepentingan perusahaan.

Mampu untuk Menafsirkan Data

Tugas selanjutnya adalah kemampuan untuk menafsirkan data. Hal ini tentu bersifat wajib sebab data analyst merupakan suatu patokan tim manajemen dalam menentukan keputusan dalam mencapai tujun perusahaan.

Memahami Bahasa Pemograman

Kadang kala data yang akan di analisis adalah data yang bersifat komputerisasi, sehingga wajib bagi seorang data analyst untuk memahami Bahasa pemograman. Hal ini tentu saja membuat tujuan perusahaan semakin mudah untuk dicapai.

Kemampuan dalam Menganalisis

Selain menafsirkan dan memahami Bahasa pemograman, hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh data analyst adalah kemampuan dalam menganalisis.

Dimana, data yang berhasil untuk ditafsirkan wajib dianalisis untuk dipahami Kembali sesuai dengan tujuan.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Dapat berkomunikasi dengan baik menjadi tugas wajib oleh seorang data analyst.

Dimana, data yang berhasil diterjemahkan dan dianalisis wajib disampaikan kepada stakeholder perusahaan untuk ditentukan keputusan selanjutnya.

Memiliki Kemampuan dalam Membaca Arah Bisnis

Data yang telah diterjemahkan, diolah, dan dianalisis tersebut harus mampu disesuaikan dengan tujuan bisnis yang ada.

Sehingga, sudah sangat jelas seorang data analyst wajib memiliki kemampuan dalam membaca arah bisnis.

Melakukan Visualisasi Data

Kemampuan visualisasi data merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang analyst data agar mempu menunjukkan kepada stakeholder perusahaan mengenai tujuan pembuatan data, sehingga dapat diarahkan sesuai dengan keputusan selanjutnya.

Skill yang Harus Dikuasai oleh Data Analyst

Dalam menjalankan tugas – tugasnya sesuai dengan penjelasan di atas, tentu sudah sangat jelas bahwa data analyst wajib memiliki beberapa skill. Adapun skill – skill yang wajib ada pada seorang data analyst adalah sebagai berikut:

Mampu Menggunakan Machine Learning

Selain mampu memahami Bahasa pemograman, hal selanjutnya yang perlu adalah kemampuan menggunakan machine learning.

Sehingga, kedua hal tersebut dapat dikombinasikan untuk menafsirkan data yang dimiliki.

Mampu untuk Memvisualisasikan Data

Kemampuan visualisasi data seperti yang telah disebutkan memiliki tujuan penting bagi seorang data analyst untuk menyampaikan hasil analisisnya tersebut.

Hal ini juga memiliki tujuan agar stakeholder perusahaan atau pemangku kepentingan lainnya paham dengan jelas data yang disampaikan sehingga didapatlah keputusan selanjutnya.

Memahami Penggunaan Bahasa Pemograman SQL

SQL atau yang dikenal dengan MySQL merupakan alat pengolah data yang paling efektif terutama bagi seorang data analyst.

Sehingga, penggunaan basic dan expert dari my SQL tersebut wajib dipahami oleh Anda jika ingin menjadi data analyst.

Memahami Konsep Statistik dan Matematika

Bukan hanya Bahasa pemograman saja, statistic dan matematika yang menjadi kemampuan dasar pengolahan data harus mampu dipahami oleh Anda jika benar-benar ingin sebagai seorang data analyst agar tercapai penganalisisan data sesuai dengan tujuan.

Skill yang harus dikuasai data analyst

Baca : Apa Itu Big Data : Pengertian, Karakteristik & Contoh Penerapannya !

Cara Menjadi Data Analyst

Bagi Anda yang tertarik untuk berkarir di bidang data analyst, maka Anda wajib mengetahui cara berkarir di bidang data analyst.

Berikut ini adalah cara menjadi data analyst yang wajib Anda ketahui:

Kemampuan Berkomunikasi dan Presentasi

Seorang data analyst wajib memiliki kemampuan berkomunikasi dan presentasi untuk dapat menyampaikan hasil data yang telah dianalisisnya kepada stakeholder perusahaan.

Kemampuan Menilai Bisnis

Selain itu, seorang data analyst wajib menilai perkembangan bisnis. Dari hasil penilaian tersebut akan didapatkan data berupa perkembangan bisnis yang selanjutnya diolah Kembali untuk melakukan pembaharuan.

Kemampuan Analisis

Seorang data analyst tentu saja wajib memiliki kemampuan analisis. Hal ini tentu saja bersentuhan dengan jabatannya sendiri yang memiliki tugas menerjemahkan, menganalisis, dan mengolah data.

Membiasakan Diri dengan Microsoft Excel

Microsoft Excel sebagai alat untuk mengolah data menjadi salah satu kemampuan yang harus ada pada seorang data analyst. Sebab, Microsoft excel akan digunakan sebagai salah satu alat dasar pekerjaan data analyst.

Berasal dari Jurusan Tertentu

Seorang data analyst memiliki tugas yang spesifik, tentu saja hal ini membuat pekerjaan ini harus berasal dari jurusan tertentu.

Adapun jurusan yang umumnya bertujuan kerja sebagai data analyst adalah jurusan IT, jurusan Informatika, dan jurusan lainnya yang relevan.

Memahami Statistik

Pemahaman terhadap statistic dan matematika menjadi ilmu dasar yang harus dipahami oleh seorang data analyst. Apabila memutuskan untuk menggeluti bidangnya tersebut Terutama apabila data yang disuguhkan sepenuhnya bersifat grafik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan tujuan perusahaan.

Mengikuti Program Kursus Data Analyst

Program kursus data analyst akan menjadi dorongan bagi seseorang untuk semakin memahami dunia data analyst tersebut. Sehingga, dengan mengikutinya akan mendorong perkembangan karir.

Memahami Machine Learning

Sesuai dengan skill yang dimilikinya, tentu saja data analyst wajib memahami penggunaan machine learning sebagai alat untuk melakukan pekerjaannya tersebut.

Sehingga, pemahaman ini dipahami betul-betul oleh seorang data analyst untuk menjalankan karirnya tersebut.

Memahami Bahasa Pemograman

Bahasa pemograman merupakan komponen khusus untuk menghasilkan berbagai data yang dimiliki dan diolah sesuai dengan tujuan dari pekerjaan data analyst tersebut.

Gaji Data Analyst

Melihat berbagai skill dan kemampuan dari seorang data analyst, maka dapat dipastikan bahwa gaji data analyst sudah pasti memiliki angka yang memuaskan.

Adapun gaji data analyst berkisar 4 juta – 18 juta rupiah. Tentu sangat menggiurkan dan menjanjikan bukan?

Penutup

Berbagai informasi di atas akan menambah pemahaman Anda seputar apa itu data analyst.

Sehingga, Anda semakin memahami apa saja yang memang menjadi kebutuhan penting untuk bisa berkarir di bidang data analyst dan seberapa besar benefit yang akan Anda terima jika sudah berkarir sebagai seorang data analyst.

Jadi, apakah Anda berminat berkarir di bidang data analyst ?

Bagikan artikel ini: