Update . 01 July 2021

Company Profile & Contohnya

Majapahit.id - Pada saat ini, company profile sudah di anggap sebagai perkenalan secara profesional. Hal ini memiliki tujuan untuk menarik perhatian, baik itu audiens, investor ataupun calon klien.

Dalam membuat company profile tentu saja harus ditulis dengan baik dan hati-hati yang nantinya akan membedakan dengan para pesaing atau biasa disebut dengan competitor.

Tanpa kehadiran company profile, calon investor maupun calon klien tidak akan mengetahui informasi secara jelas yang terdapat pada Perusahaan tersebut. Misalnya seperti produk apa yang di tawarkan, jasa apa yang mereka miliki dan lain sebagainya.

Tentu, secara tidak sadar, bahwa profil Perusahaan saat ini sudah di anggap sangat penting dalam menarik perhatian seseorang terhadap Perusahaan.

Oleh karena itu, pada ulasan ini, admin akan membahas mengenai company profile secara definisi, contoh, cara membuat dan lain sebagainya. Simak ulasan ini terus ya :)

Pengertian Company Profile

Company profile adalah sebuah bentuk untuk perkenalan secara profesional dengan memiliki tujuan untuk memberi tahu kepada orang-orang mengenai produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Selain daripada itu, biasanya company profile juga dibuat berdasarkan kisah awal mulanya Perusahaan tersebut berjalan. Memberi tahu visi dan misi serta memberikan informasi mengenai produk dan layanan Perusahaan tersebut.

Pentingnya Company Profile

Seberapa pentingkah profil Perusahaan untuk di buat pada Perusahaan? Penasaran? Simak alasannya sebagai berikut.

  • Menawarkan banyak peluang untuk pertumbuhan bisnis dan Perusahaan.
  • Dapat membantu calon klien untuk mengetahui mengenai Perusahaan secara detail ketika mencari produk atau layanan tertentu di Perusahaan tersebut.
  • Mampu mendorong calon investor untuk berkomunikasi secara langsung dengan tim dari Perusahaan tersebut ketika ia ingin berinvestasi.
  • Memberikan gambaran umum mengenai seluruh informasi yang relevan, misalnya seperti kekuatan, target klien, produk, layanan maupun rekam jejak atau sejarah dari Perusahaan tersebut.
  • Memperkuat branding Perusahaan.

Keuntungan Memiliki Company Profile

Berikut ini adalah keuntungan apabila Anda memiliki profil Perusahaan untuk Perusahaan, sebagai berikut.

  • Dapat digunakan sebagai alat promosi atau pemasaran.
  • Memberikan gambaran kepada calon klien mengenai produk dan layanan Perusahaan.
  • Membantu memberikan keyakinan kepada calon klien.
  • Menyampaikan gambaran umum mengenai proposisi nilai yang ditawarkan oleh Perusahaan kepada calon karyawan.
  • Membangun kredibilitas yang baik bagi Perusahaan.

Contoh Company Profile

Berikut ini adalah beberapa contoh company profile dari Perusahaan-Perusahaan yang sudah terkenal dan populer, apa saja? Simak sebagai berikut.

Google

Di era yang serba digital saat ini siapa sih kira-kira yang tidak mengetahui Perusahaan raksasa ini? Ya, Google.

Google merupakan Perusahaan raksasa dan terbesar di dunia. Google adalah Perusahaan multinasioanl Amerika Serikat yang bergerak di bidang layanan dan produk internet, misalnya seperti mesin pencari, perangkat lunak, periklanan dan lain sebagainya.

Contoh Company Profile Perusahaan Google

Jika Anda ingin melihat contoh company profile milik google, Anda bisa melihatnya secara live di tautan berikut ini : about.google.

Tokopedia

Bagi Anda yang memiliki hobi berbelanja, pastinya Anda sudah tidak asing dengan yang 1 ini. Ya, contoh company profile berikutnya adalah Tokopedia.

Tokopedia adalah salah satu Perusahaan terbesar di Indonesia. Tokopedia ini adalah Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik atau biasa disebut dengan istilah marketplace.

Contoh Company Profile Perusahaan Tokopedia

Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia berhasil menjadi salah satu unicorn atau Perusahaan rintisan yang bergaruh bagi Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Nah, Anda bisa melihat secara langsung bagaimana contoh profil Perusahaan dari Tokopedia, berikut tautannya : Tokopedia/about.

Gojek

Gojek merupakan sebuah Perusahaan Indonesia yang memiliki layanan angkutan dengan menggunakan jasa ojek. Perlu diketahui bahwa Gojek didirikan pada tahun 2010 di Jakarta, Indonesia oleh Nadiem Makarim.

Contoh Company Profile Perusahaan Gojek

Pada saat ini, Gojek sudah sering di andalkan untuk membantu masyarakat dalam menjangkau transportasi dengan sangat mudah dan aplikasi Gojek sudah diunduk sebanyak 10 kali lebih di Google Play Store mapun App Store.

Berikutnya Anda juga bisa melihat contoh profil dari Perusahaan Gojek secara langsung di tautan berikut ini Gojek/about

Apa Saja Yang Harus Ada Ketika Membuat Company Profile?

Ketika Anda memiliki bisnis atau Perusahaan rintisan, Anda harus mengembangkan dengan berbagai strategi yang baik dan benar. Salah satunya adalah membuat company profile terbaik yang bisa diterima oleh audiens, calon investor ataupun calon klien.

Selain daripada itu, profil Perusahaan juga merupakan salah satu langkah untuk mempromosikan Perusahaan dengan cara yang unik.

Tentu saja yang dapat menjangkau orang lain dan membuat mereka tertarik dengan Perusahaan tersebut. Baik itu jasa atau pun produk yang mereka tawarkan.

Berikut ini adalah komponen penting yang harus ada ketika Anda membuat profil Perusahaan agar terlihat lebih baik ketika ditawarkan kepada audiens dan lain sebagainya, sebagai berikut:

Informasi Dasar Perusahaan

Dalam membuat profil Perusahaan, Anda harus mencantumkan beberapa informasi mendasar mengenai Perusahaan. Namun, tidak semua jenis Perusahaan harus menuliskan informasi dasar Perusahaan.

Berikut ini adalah komponen informasi yang setidaknya harus ada ketika membuat company profile, sebagai berikut.

  • Portofolio Klien.
  • Visi dan Misi.
  • Deskripsi produk atau layanan.
  • Sejarah Perusahaan.
  • Detail Tim.

Masukan Informasi Mendetail Perusahaan

Selain dari informasi mendasar mengenai Perusahaan tersebut. Anda juga harus mencantumkan informasi mendetail mengenai Perusahaan dengan jelas.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar audiens bisa mengenal Perusahaan Anda lebih jauh.

Berikut detail informasi Perusahaan yang harus di cantumkan.

  • Nama Perusahaan.
  • Tanggal Didirikan.
  • Alamat Perusahaan.
  • Nomor Telp Perusahaan.
  • Situs Website.
  • Email Perusahaan.

Prestasi Perusahaan

Jika Perusahaan Anda sudah mendapatkan prestasi atau beberapa pencapaian terbaik. Tentu saja Anda juga harus memasukannya ke dalam profil Perusahaan.

Pencapaian tersebut misalnya seperti:

  • Penghargaan.
  • Sertifikasi.
  • Program atau Projek khusus.
  • Testimoni.

Informasi Tambahan

Selain informasi yang di sebutkan di atas, Anda juga bisa memasukan informasi tambahan, seperti berikut.

  • Penjualan tahunan.
  • Jumlah karyawan.
  • Foto-foto.
  • Dsb.

Tanya Jawab Terkait Profil Perusahaan

pengertian Company Profile dan Contohnya

Company Profile disajikan dalam bentuk format apa ?

Profil Perusahaan bisa dibuat dalam bentuk cetak seperti katalog, buku ataupun flyer. Namun, hal tersebut bukanlah satu-satunya cara untuk menyajikan profil Perusahaan.

Anda bisa menyajikannya dalam bentuk yang sangat kreatif, misalnya dalam bentuk digital seperti website, video dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin membuat profil Perusahaan secara digital yaitu website. Anda bisa konsultasikan dengan tim Majapahit Teknologi terkait jasa pembuatan website company profile.

Berapa Panjang Halaman Company Profile

Halaman yang dibuat untuk company profile seharusnya tidak dibuat seperti buku berjilid-jilid. Menurut admin, alangkah baiknya jika profil Perusahaan dibuat dengan seringkas mungkin, misalnya seperti 4-6 halaman sudah merangkum seluruh informasi Perusahaan.

Bagaimana Susunan Company Profile yang Baik & Benar ?

  1. Cover depan.
  2. Kata pengantar.
  3. Tentang Kami.
  4. Visi & misi.
  5. Produk atau layanan Perusahaan.
  6. Kelebihan Perusahaan.
  7. Prestasi Perusahaan.
  8. Galeri foto.
  9. Daftar klien.
  10. Cover belakang & kontak informasi Perusahaan.

Kesimpulan

Membuat company Profile untuk Perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Karena bagaimana pun, profile Perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap calon karyawan, klien atau bahkan investor.

Semoga bermanfaat :)

Bagikan artikel ini: