Business . 21 June 2021

Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Kualitas Bisnis

Majapahit Teknologi - Jika Anda adalah pebisnis atau pengusaha. Anda harus memastikan terlebih dahulu mengenai Analisis SWOT yang tentu saja sangat bepengaruh pada bisnis Anda. Lalu, apa itu analisis swot?

Jika memang ingin mengembangkan bisnis Anda lebih jauh, maka jawaban yang pasti adalah dengan menggunakan metode analisis swot. Berikut ini adalah penjelesan mengenai analisis swot dimulai dari pengertian, manfaat, strategi dan lain sebagainya.

Pengertian Analisis SWOT

apa itu analisis SWOT? Analisis SWOT adalah sebuah teknik analisa yang ditujukan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan acaman (Threats).

Perlu diketahui bahwa teknik sering kali diterapkan dalam suatu Perusahaan atau organisasi secara umum, begitupun dengan proyek tertentu.

Selain itu, teknik ini juga sangat populer dikalangan konsultan bisnis seperti Albert Humphrey yang telah menggunakan teknik ini pada tahun 1960 & 1970 yang pada masa itu digunakan untuk menganalisis Perusahaan dalam daftar Fortune 500.

Kemudian, analisis SWOT sudah biasa digunakan untuk menganalisa perkembangan Perusahaan dan sebagai tolak ukur keberhasilannya. Sedangkan jika didalam proyek tertentu, analisis SWOT telah digunakan untuk mengetahui seberapa baik kinerja yang telah dilaksanakan.

Apabila Anda sudah melaksanakan analisis SWOT, maka Anda akan belajar mengenai strategi terbaik untuk bisa memprioritaskan pekerjaan yang memang ANda lakukan untuk dapat mengembangkan bisnis.

Manfaat Analisis SWOT

Dengan menggunakan SWOT, Anda akan mendapatkan sejuta manfaat yang akan Anda rasakan untuk dapat mencapai suatu tujuan yang tentu saja mempertimbangkan internal dan eksternal.

Mengapa? Karena pada strategi ini, Anda tidak akan berfokus pada laba dan Anda bisa menerapkannya untuk organisasi nonprofit atau lembaga pemerintahan.

Selebihnya Anda bisa melihat manfaat yang akan Anda rasakan, sebagai berikut:

  • Menganalisis kondisi internal & external lembaga.
  • Dapat mengetahui sejauh mana diri Anda berada di lingkungan.
  • Mengetahui posisi sebuah lembaga.
  • Menyelidiki kemampuan Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dengan para kompetitor.
  • Mendapatkan informasi kondisi internal & external Perusahaan.

Tujuan SWOT

Pembahasan berikutnya adalah mengenai tujuan dari SWOT itu sendiri. SWOT memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang sampai dengan ancaman di suatu Perusahaan atau lembaga.

Selain daripada itu, analisis SWOT bisa menggambarkan dan menunjukan kepada Anda seperti situasi yang sedang dihadapi atau bahkan yang nantinya akan dihadapi secara langsung oleh Perusahaan.

Komponen Analisis SWOT

apa itu analisis swot dan manfaatnya

SWOT merupakan singkatan dari Strengths, weaknesses, Opportunities, dan Threats yang memiliki makna yang berbeda dari masing-masing komponen tersebut.

Lalu, apa makna dari masing-masing komponen analisis SWOT tersebut? Simak ulasan berikut.

Faktor Internal

Komponen analisis SWOT secara faktor internal meliputi dari berbagai hal seperti pemasran, keuangan, sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan dan lain sebagainya.

Sampai pada akhirnya faktor internal terbentuk menjadi strength dan weakness, penjelasannya sebagai berikut.

Strengths (Kekuatan)

Komponen pertama adalah Strengths atau kekuatan merupakan hal-hal positif yang memang dimiliki oleh Perusahaan. Hal ini berkaitan dengan keunggulan kompetitif seperti jumlah aset, pegawai, modal, teknologi, dan lain sebagainya.

Artinya strengths ini adalah kekuatan atau kualitas dari Perusahaan maupun bisnis Anda yang dapat membuat lebih unggul dari kompetitor.

Silahkan Anda coba seperti membuat list daftar kekuatan apa saja yang Anda ketahui untuk membedakan kualitas bisnis Anda dengan kompetitor.

Hal ini bertujuan agar Anda memiliki ciri khas tersendiri yang tentu saja berbeda dari kompetitor dengan ide bisnis yang serupa.

Weakness (Kelemahan)

Selanjutnya terdapat komponen Weaknesses yang merupakan sisi negatif didalam Perusahaan. Apa saja sisi negatif tersebut? Sisi negatif tersebut meliputi dari berbagai proses bisnis, jenis material, kualitas SDM, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga membandingkan kelemahan Perusahaan dengan pesaing yang sesuai dengan bisnis Anda secara internal.

Pada dasarnya, hal ini sama seperti kekuatan atau Strengths. Selain itu, dalam menganalisa kelemahan diharapkan untuk jujur pada diri sendiri. Mengapa? Karena dengan jujur, Anda akan mengetahui secara keseluruhan apa saja kelemahan yang terdapat di Perusahaan atau bisnis Anda.

Misalnya seperti kekurangan tim teknis yang sangat handal dan lain sebagainya yang tentunya harus mengikuti sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Faktor External

Selain terdapat faktor internal, Analisis SWOT juga tergantung pada faktor external yang melekat erat dengan kondisi yang terjadi di luar Perusahaan tetapi akan mempengaruhi dalam mengambil keputusan.

Misalnya seperti sosial budaya, politik dan lain-lain sampai pada akhirnya faktor external ini berngaruh terhadap terbentuknya opportunity dan threat, simak sebagai berikut.

Opportunities (Peluang)

Berikutnya adalah opportunities atau peluang merupakan sebuah faktor secara external yang tentu saja berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis Anda.

Misalnya seperti kesempatan promosi, meningkatnya jumlah permintaan, situasi pasar yang baik, ekonomi dan lain sebagainya.

Selain daripada itu, Silahkan Anda coba untuk membuat list program perencanaan dari awal pembuatan bisnis.

Setelah itu, Anda perbarui setiap 3-6 bulan sekali agar Anda bisa menganalisis program mana yang paling efektif untuk Anda gunakan kedepannya.

Threats (Ancaman)

Terakhir adalah Threats merupakan sebuah ancaman yang nantinya harus dihadapi oleh Perusahaan atau pemilik bisnis untuk menjalankan sebuah rencana ataupun meraih suatu target.

Misalnya seperti tren pasar yang mulai lemah, perilaku konsumen yang menurunkan permintaan atau bahkan sosial yang tidak mendukung usaha Anda.

Intinya faktor apapun itu yang berkaitan dari external akan berpotensi membahayakan masa depan Perusahaan kedepannya.

Strategi Perpaduan SWOT

Berdasarkan analisa, Anda bisa mengkombinasikan strategi SWOT dari dua point SWOT untuk bisa menentukan langkah strategi terhadap bisnis Anda, sebagai berikut.

  • Strengths - Opportunities

Strategi pertama adalah untuk fokus pada kekuatan dan peluang yang nantinya akan mendapatkan alternatif ofensif dengan menggunakan kekuatan internal dengan tujuan untuk memanfaatkan peluang external.

  • Weakness - Threats

Fokus terhadap kelemahan dan ancamanan dengan tujuan untuk meraih banyak pilihan defensif dengan memanfaatkan kelemahan internal agar mengurangi ancaman eksternal.

  • Strengths - Threats

Dengan menggunakan kekuatan internal yang nantinya akan mengurangi ancaman dari external.

  • Weakness - Opportunities

Ketika Anda fokus terhadap kelemahan dan peluang, dengan begitu nantinya Anda bisa menopang kelemahan dari sisi internal dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari kesempatan dari sisi eksternal.

Penerapan Analisis SWOT

Dengan Anda menggunakan Analisis SWOT, sebenarnya bisa menjadi salah satu langkah yang tepat untuk melakukan analisis terhadap bisnis maupun produk yang terdapat di Perusahaan Anda.

Jadi, dengan melalui SWOT, bisa diketahui hasilnya. Maka, Perusahaan dapat mengetahui secara lanjut mengenai kekuatan, kelemahan, mengenai produk.

Begitupun dengan Anda, Anda pun bisa mengetahui kelemahan, kekuatan yang terdapat pada bisnis Anda nantinya.

Selain itu, Anda pun bisa meminimalisir kelelemahan tersebut menjadi sebuah kekuatan yang sempurna. Tidak sampai disitu saja, Anda pun bisa mengetahui peluang yang bagus untuk Perusahaan maupun bisnis untuk kedepannya.

Dan Anda bisa mengetahui apa saja yang nantinya mengancam pemasaran produk serta bisa dihindari ataupun diatasi oleh Anda nantinya.

Baca Juga : Tantangan Memulai Bisnis E-Commerce & Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Kesimpulan pada ulasan kali ini adalah analisis SWOT sangat diperlukan untuk pengembangan bisnis karena bisa mengalisa secara keseluruhan dari kekuatan, kelemahan, peluang sampai dengan ancaman yang tentunya sangat berguna untuk perkembangan bisnis di masa yang akan datang.

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai apa itu analisis SWOT, manfaat, fungsi, tujuan sampai dengan strategi yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat :)

Bagikan artikel ini: