Web Development . 16 June 2021

Apa Itu Developer : Pengertian & Syarat Menjadi Web Developer

Majapahit Teknologi - Bagi Anda yang sudah bergelut di dunia IT sejak lama, mungkin Anda sudah mengenal mengenai apa itu developer software dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang baru saja masuk kedalam dunia IT, menjadi developer adalah pilihan yang tepat karena pada saatini menjadi salah satu profesi yang paling diminati oleh banyak orang.

Apabila Anda ingin menjadi web developer. Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai bahasa pemrograman dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui tugas sebagai developer software, kualifikasi dan lain sebagainya.

Untuk itu, pada ulasan ini akan dibahas mengenai pengertian, tugas sampai dengan kualifikasi menjadi developer yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

Pengertian Developer

Apa itu developer? Pengembang perangkat lunak atau biasa dikenal dengan istilah Developer adalah seseorang yang memiliki tugas untuk merancang suatu sistem. Baik secara stuktur, prospek sampai dengan tampilan sistem itu sendiri.

Ada kemungkinan developer juga bisa mengaplikasikan sistem tersebut ke dalam suatu objek terntentu yang kemudian jika developer sedang dibutuhkan, maka developer bisa diberikan tugas untuk mengembangkan suatu sistem yang memang telah ia ciptakan.

Pada intinya, developer memiliki kedudukan yang paling penting dalam sebuah organisasi pembuatan projek bisnis karena developer memiliki peran yang sangat besar sama seperti halnya ketua pada sebuah organisasi/instansi.

apa itu developer dan tugasnya

Oleh karena itu, seorang developer harus bisa memahami kebutuhan apa saja yang dibutuhkan ketika ingin membuat suatu proyek.

Bila diasumsikan pada sebuah startup. Maka developer harus memiliki ide apa yang harus dijalani, rencana apa yang harus direalisasikan dan lain sebagainya.

Selain daripada itu, seorang developer juga harus mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari aplikasi atau software yang telah ia ciptakan. Sehingga aplikasi tersebut bisa dikembangkan kembali di kemudian hari.

Tugas Developer

Menjadi developer, Anda harus memiliki keahlian khusus. Dengan begitu nantinya Anda bisa memegang atau mengerjakan proyek besar yang biasanya bekerja sama dengan beberapa developer yang berbeda.

Dilihat dari spesialisasi dan tugasnya, developer ini dibagi menjadi 3 macam, sebagai berikut:

Front-end Developer

Bekerja menjadi seorang front end Developer merupakan pekerjaan impian yang banyak diminati saat ini. Namun, menjadi front-end developer banyak sekali tugas serta kewajiban yang harus di tuntaskan.

Tugas front-end Developer diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat mengoptimasi website.
  • Selalu memastikan kompatibilitas website.
  • Memaksimalkan User Experience (UX).
  • Menentukan struktur halaman website.
  • Kerap memperhatikan konsistensi branding melalui desain website.

Skill yang harus dimiliki oleh front-end Developer diantaranya sebagai berikut:

  • HTML dan CSS.
  • JavaScript.
  • Framework CSS.
  • Preprocessor CSS.
  • Framework JavaScript.

Back-end Developer

Berbeda dengan front end developer, back end developer memiliki tugas untuk membuat sistem yang tidak terlihat secara langsung oleh user atau bisa di bilang bekerja dibalik layar.

Berikut ini adalah tugas dari back end developer, sebagai berikut:

  • Membuat sebuah kode program untuk aplikasi agar lebih aman.
  • Dapat mengatasi setiap permasalahan yang sering muncul pada server.
  • Mampu mengembangkan kode program dan lakukan testing.
  • Menciptakan ide serta konsep untuk ditambahkan pada produk aplikasi.
  • Mengatur struktur model data.

Skill yang harus dikuasai oleh back end developer, sebagai berikut:

  • Menguasai bahasa pemrograman Backend seperti NodeJs, Ruby, Python dan lain sebagainya.
  • Memahami berbagai jenis server.
  • Kompeten dalam menggunakan API.

Full-stack Developer

Menjadi full stack developer bukanlah hal yang main-main. Selain itu, apabila Anda ingin mengetahui tugas developer secara umum, menjadi full stack developer secara langsung merupakan jawaban yang paling tepat.

Ketika Anda ingin menjadi seorang full stack developer, maka Anda harus menguasai tugas dari front end dan back end developer secara bersamaan.

Apalagi saat ini banyak sekali Perusahaan besar yang mencari full stack developer. Tentu saja dengan bayaran yang tinggi pula.

Syarat Menjadi Developer

Baca Juga : Pengertian Programmer, jenjang karir dan tugasnya

Ada beberapa kualifikasi yang harus Anda penuhi apabila ingin menjadi seorang developer yang handal, simak sebagai berikut:

Paham Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman menjadi salah satu hal yang paling penting untuk Anda kuasai. Terdapat 3 bahasa pemrograman yang harus Anda kuasai dengan sungguh-sungguh yaitu HTML, CSS dan JavaScript.

Menguasai Libraries dan Frameworks

Ketika sudah memahami bahasa pemrograman yang sudah ditentukan, Anda harus menguasai Libraries.

Mengapa harus menguasai Libraries dan framework? Pada dasarnya libraries dan frameworks diciptakan untuk menyederhanakan dan mempercepat pekerjaan Anda dengan HTML, CSS & JavaScript.

Banyak sekali libraries dan frameworks yang telah digunakan oleh developer dalam membuat proyek. Namun tetap saja bootstrap dan jQuery merupakan library dan framework yang paling populer.

Tentu, dengan memahami kedua hal tersebut, Anda akan mendapatkan keutungan besar dalam berkarir menjadi seorang web developer.

Git & Github

Git merupakan sebuah sistem kontrol versi yang bisa melacak perubahan kode yang telah dibuat. Sementara itu, github ialah sebuah layanan hosting untuk menyimpan repositori Git Anda.

Dengan menggunakan github, Anda bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan tim untuk mengerjakan proyek secara bersamaan.

Kesimpulan

Saat ini, Pekerjaan developer IT banyak sekali dicari oleh Perusahaan besar di Indonesia.

Saat ini, developer menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari oleh Perusahaan besar di Indonesia.

selain itu, banyak Perusahaan yang sudah mulai go online yang artinya banyak sekali tenaga web developer yang dibutuhkan untuk mengembangkan situs ataupun yang lainnya.

Ditambah dengan hadirnya Perusahaan Startup yang semakin banyak. Tentu saja memerlukan tenaga seorang developer yang handal untuk membangun software terbaik untuk Perusahaan.

Semoga ulasan ini bermanfaat :)

Bagikan artikel ini: