Perbedaan Online Shop, MarketPlace & E-commerce

Belanja online sudah menjadi salah satu kebiasaan baru bagi masyarakat Indonesia pada saat ini. Belanja online juga menghadiri sensasi yang berbeda dan membuat kesenangan tersendiri bagi pembeli. Karena hanya dengan menghubungkan koneksi internet dan Anda sudah bisa membeli berbagai macam produk yang Anda inginkan.

Kemudahan yang ditawarkan ketika sedang berbelanja online sangat banyak sekali terutama dalam memilih produk maupun mendapatkan diskon belanja yang sangat menguntungkan.

Selain itu, banyak pula para penjual yang menawarkan untuk memberikan layanan mengenai produk dengan seputar tanya jawab secara detail atau spesifikasi lengkap produk yang dijual. Cara tersebut menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga komunikasi antara penjual & pembeli.

Perbedaan Online Shop, Marketplace & Ecommerce

Setiap berbelanja online bukan berarti Anda menyebutnya dengan istilah online shop saja, karena terdapat juga marketPlace yang bisa berbelanja secara online.

Lalu, apa saja perbedannya ? Simak sebagai berikut.

Online Shop

Online shop atau toko online ialah sebuah sistem belanja online yang dimana para penjual menawarkan barang atau jasa dengan berkomunikasi secara langsung dengan pembeli karena online shop ini mengacu pada berbagai toko yang terdapat pada platform online.

Perlu di ketahui, online shop juga tidak harus ada pada sebuah website karena Anda bisa menemukan online shop di sosial media contohnya seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

MarketPlace

Jika marketPlace ialah sebuah situs pihak ketiga untuk transaksi jual beli jasa maupun produk dengan menyediakan tempat berjualan serta fasilitas pembayaran. Selain itu, marketplace bisa dikatakan sebagai departemen store online.

Pada sistem ini, sebuah website menyediakan tempat atau fasilitas untuk bagi para penjual untuk menjual produk maupun jasanya. Nah, disinilah Anda bisa menemukan banyak produk maupun jasa.

Selain itu, banyak juga penjual online shop yang bekerja sama dengan marketplace. Karena marketplace sendiri sangat simpel dan mudah untuk digunakan, hanya dengan memilih produk, tekan tombol beli dan melakukan transfer sesuai dengan harga yang tercantum.

Perbedaan Online Shop marketplace

Disisi lain pada sistem ini, Anda tidak akan menemukan fitur tawar menawar serta diskon dari penjual secara langsung seperti yang ditawarkan seperti pada online shop.

Contoh marketplace sendiri adalah tokopedia, shoppe, lazada dan lain sebagainya.

E-commerce

Berikutnya adalah Ecommerce yang memang hampir sama dengan marketplace. Perbedaannya hanya terdapat di produk atau barang yang dijual pada website tersebut. Mereka tidak membuka fasilitas website untuk umum atau penjual yang lain untuk menawarkan produk mereka kepada konsumen secara online.

Contoh ecommerce adalah seperti zalora, berrybenka dan lain sebagainya.

Mana yang Tepat untuk Bisnis Anda ?

Setelah mengetahui perbedaan dari ketiga platfrom tersebut. Ada baiknya Anda menentukan di platform manakah bisnis Anda cocok, karena Anda harus mempertimbangkan dari segala sisi dan kondisi. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Menentukan Efektifitas Biaya

Jika Anda membuat website ecommerce tentu saja akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Solusinya Anda bisa menggunakan manfaat dari marketplace serta online shop melalui sosial media.

Namun disisi lain, Anda juga harus bersaing dimulai dari harga, kualitas produk dan lain sebagainya. Hal ini di karenakan ada toko yang juga menawarkan barang atau produk yang sama dengan Anda.

Peluang E-commerce tentu saja masih terbuka dengan lebar, kemungkinan besar banyak sekali pengunjung ke website serta melakukan transaksi secara langsung di website Anda.

Teknis & Biaya

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, jika Anda membuat ecommerce, tentu saja Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena Anda harus harus membayar seseorang untuk membuat website tersebut dan juga mengelolanya.

Jika Anda menggunakan marketplace & online shop, Anda bisa menggunakannya secara gratis dan hanya perlu untuk mendaftar serta mengupload foto produk maupun jasa Anda.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah perbedaan Online Shop, marketplace & ecommerce. Untuk menjual produk ataupun jasa secara online melalui online shop dan lainnya menuntut Anda untuk lebih mandiri, seperti Anda harus membuat website, sosial media dan lain sebagainya.

Sebenarnya, Anda bebas untuk memilih dan menggunakan dari 3 platform di atas. Disisi lain, Anda juga bisa menggunakan semuanya secara bersamaan.

Bagi Anda yang ingin membuat ecommerce maupun marketplace, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan toko online profesional dan terpercaya.

Whatsapp