Robot Canggih yang Terinsprasi Dari Hewan, Penasaran? Simak Ulasannya !

Majapahit.id – Pada saat ini, perkembangan teknologi robot semakin berkembang dengan pesat. Tentu, peran teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dalam aktivitas manusia. Karena dengan adanya teknologi, manusia bisa mengerjakan hal apapun dengan cepat dan mudah.

Begitupun dengan perkembangan robot, Para ahli teknologi robot pada saat ini selalu terus memberikan inovasi terbaru serta mengembangkan robot dengan memiliki berbagai tujuan. Misalnya seperti penelitian, perbantuan, perbaikan bahkan sampai dengan mainan dan lain sebagainya.

Dunia robotik memiliki berbagai inspirasi yang mereka dapatkan. Misalnya alam & hewan. Contohnya seperti robot yang diciptakan sekitar tahun 1739. Robot yang diciptakan pada masa itu di beri nama dengan sebutan Disgesting Duck. Fungsinya adalah untuk mengupas gandum.

Di contoh lain ada robot penyu serta kura-kura. Robot ini di ciptakan dengan tujuan untuk menghindari bahaya dengan bentuk yang mirip dengan hewan asli penyu dan kura-kura tersebut.

Robot Canggih Ini Terinsprasi Dari Hewan

Para ahli dunia robotik memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan inspirasi dalam pembuatan wujud robot. Tidak hanya yang berwujud seperti manusia saja. Namun, ada juga yang menyerupai sebagai hewan.

Penasaran bagaimana bentuk robot yang terinspirasi dari hewan? Simak ulasannya sebagai berikut:

Robobees

Robot ini diciptakan dengan inspirasi hewan tawon, mikrobot ini bisa dikatakan sebagai robot dengan ukuran terkecil di dunia. Beratnya saja hanya sekitar 100 Miligram dengan besar setengah ukuran klip kertas.

Perlu di ketahui oleh Anda bahwa robot ini memiliki keahlian atau kemampuan untuk terbang dengan sayapnya yang mengepang dengan kecepatan 120 Kilometer per detik. Selain itu, robot ini diciptakan dengan kemampuan berenang dan bertahan di atas permukaan air. Keren banget kan?

Robot Terinspirasi Dari Hewan tawon

Robot ini diciptakan oleh Wiss Institute dengan memiliki tujuan untuk pernyerbukan tanaman, misi pencarian, pengawasan, bahkan sampai dengan pemantauan cuaca.

Naro Tartaruga

Selanjutnya adalah robot dengan nama Naro Tartaruga. Robot ini diciptakan oleh ilmuan yang berasal dari Swiss Federal Institute Of Technology. Pada dasarnya robot ini terinspirasi dari hewan kura-kura.

Robot Terinspirasi Dari Hewan Naro Tartaruga

Robot ini diciptakan dengan bahan alumunium yang memiliki keahlian berenang seperti kura-kura pada aslinya. Dengan memiliki kecepatan berenang yang tinggi, robot ini sanggup untuk menyelam sampai dengan 300 kaki. Ya, memang pada dasarnya robot ini diciptakan untuk menguji seberapa dalam sebuah robot bisa berenang kedalam lautan yang amat luas.

Simak Juga : Robot Ini Bisa Berinteraksi Dengan Lebah !

Robugtix T8x Robot Spider

Selanjutnya ada robot yang terinspirasi dari hewan laba-laba. Perusahaan Tobugtix merupakan Perusahaan yang menciptakan serta memproduksi robot ini. Bisa di bilang, robot ini terlihat sangat real karena memang diciptakan berdasarkan bentuk dari hewan laba-laba pada aslinya.

Robot yang terinspirasi dari hewan Robugtix T8x Robot Spider

Robot ini memiliki kecanggihan yang luar biasa. Misalnya, robot laba-laba ini memiliki sekitar 26 serpomotor. Perlu diketahui, serpomotor ini digunakan untuk mengontrol gerakan laba-laba secara alami.

Flying Bionic Bird

Perusahaan start up yang berasal dari Perancis telah menciptakan robot remot kontrol yaitu Flying Bionic Bird yang bisa terbang layaknya seperti burung pada aslinya. Robot remot kontrol ini memiliki berat yang sangat ringan, bisa dibilang hanya sekitar 9 gram.

Desain yang diciptakan pun hampir mirip dengan burung asli. Hebatnya, robot remot kontrol ini tidak menakuti burung asli lainnya ketika sedang bersama.

Robot Terinspirasi Dari hewan burung

So, Anda tidak perlu khawatir apabila memiliki robot remot control ini akan diserang oleh binatang pemangsa. Misalnya seperti elang, kucing dan lain sebagainya. Mengapa demikian ? Karena Bionic Bird ini diciptakan dari kombinasi busa superkuat dan terstruktur dengan serat karbon yang berada pada sayap serta ekornya.

Baca Juga : Generasi Wifi 6 ! Tingkatkan Kecepatan Internet Rumah Anda !

Untuk jangkauan terbang, robot ini memiliki jangkauan terbang di udara dengan radius 100 meter. Anda bisa menerbangkannya melalui smartphone dengan durasi 10 menit. Bagaimana jika baterainya lemah? Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengisi daya dengan telur charge dengan durasi 12 menit. Keren kan !

Octobot

Para ilmuan harvard menciptakan robot manuver yang super licin dari cephalopoda seperti gurita dan cumi-cumi yang telah menjadi inspirasi robotik para ilmuan tersebut. Robot Octobot ini merupakan penemuan yang cukup mutakhir karena telah terinspirasi dari keluarga gurita. Karena octobot diciptakan dengan meniru tekstur dari gurita serta menerapkan komponen-komponen yang sangat empuk.

robot yang terinspirasi dari hewan gurita

Perlu Anda ketahui, robot ini merupakan hasil cetakan 3D printer yang telah disematkan sirkuit didalamnya. Sehingga pergerakan robot ini terdapat reaksi kimia hidrogen-peroksida yang memang bisa mengisi serta mengosongkan udara di dalam sebuah ruang yang berisi udara.

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi pada saat ini, manusia bisa menciptakan banyak hal dengan sangat mudah dan juga cepat. Hal tersebut termasuk juga dalam pembuatan robot yang menyerupai dengan hewan. Tentu, kita harus bisa mengapresiasi atas keberhasilan para ilmuan yang telah mengembangkan robot serta teknologi lainnya.

Apabila Anda membutuhkan Jasa IOT untuk perkembangan teknologi di Perusahaan Anda. Silahkan konsultasikan bersama tim Majapahit Teknologi.

Whatsapp