Inventory . 17 February 2021

Tips Meningkatkan Manajemen Inventori Secara Sederhana

Majapahit.id - Hai Majapartners ! untuk mengelola persediaan barang atau inventori merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Perusahaan. Khususnya Perusahaan yang memang bergerak dibidang retail. Tips atau cara untuk Meningkatkan manajemen inventori, Anda harus benar-benar melakukannya secara profesional agar barang yang keluar masuk dapat bekerja secara optimal.

Dengan demikian, Anda harus melakukan perubahan serta inovasi baru agar Perusahaan yang sedang Anda kelola dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Cara Meningkatkan Manajemen Inventori

Anda bisa memulainya dengan cara yang sederhana. Berikut ini adalah tips & cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan manajemen inventori untuk Perusahaan Anda. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Audit Barang Secara Berkala

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan audit barang secara berkala. Tentu saja ini merupakan langkah yang sangat sederhana. Namun, bisa meningkatkan manajamen inventori.

Anda bisa memulainya dengan cara melihat kondisi barang. Mana yang harus dikeluarkan atau mana barang yang tahan lama serta barang mana yang dalam kondisi rusak.

Tentu, saja dengan cara ini. Anda bisa tahu situasi barang yang ada di dalam gudang. Maka, ketika ada masalah, Anda bisa langsung segera mengatasi barang tersebut.

Anda harus mengatur atau membuat waktu tertentu dengan tujuan untuk audit barang. Misalnya seperti harian, mingguan atau bahkan bulanan. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi berbagai masalah dalam manajemen inventori.

Kenapa harus di audit secara berkala ? Karena apabila barang tidak di cek, tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi nilai jual.

Melindungi Barang Secara Optimal

Tips kedua adalah menjaga kondisi barang secara optimal. Tentu Anda harus memastikan kondisi barang dalam keadaan cukup dan safety stock. Dengan begitu, stok di dalam gudang akan aman ketika dibutuhkan atau disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, Anda juga harus memastikan jumlah ideal barang yang akan dipesan serta biaya dari barang tersebut. Jika Anda memesan barang dengan jumlah yang banyak. Maka, akan sangat mungkin harga barang tersebut akan turun.

Lebih parah lagi, dampaknya akan terasa pada biaya penyimpanan yang semakin naik. Jadi, alangkah baiknya Anda untuk menjaga kondisi barang dalam keadaan yang sangat optimal.

Buat Perencanaan yang Matang

Tips selanjutnya adalah dengan cara membuat perencanaan yang matang. Ketika Anda menciptakan rencana yang baik dan matang maka Anda bisa memproyeksikan berapa banyak yang barang yang dibutuhkan. Karena pada dasarnya, jangan sampai persediaan barang kurang atau lebih. Hal tersebut akan merugikan Perusahaan Anda.

Tips Meningkatkan Manajemen Inventori yang tepat

Tentu saja dengan cara ini, Perusahaan akan tahu serta dapat memperkirakan berapa jumlah stok barang yang harus ada didalam gudang.

Untuk membuat perencanaan yang baik. Anda harus bisa memahami sistem persediaan yang berada di manajemen inventori. Anda harus membuat sistem persediaan dengan cara catat barang keluar dan masuk. Selain itu, Anda pun harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan atau menambah stok barang.

Membedakan Barang Sesuai Status & Jenis

Cara berikutnya adalah dengan tidak mencampur barang. Baik itu secara status maupun jenisnya. Penting sekali untuk Anda lakukan agar hal tersebut tidak terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa membedakan barang berdasarkan sttatus & Jenisnya.

Baca : Tujuan Manajamen Inventory

Mengapa demikian ? Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda untuk mencari barang yang sedang dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung untuk mencari barang yang sedang dibutuhkan tersebut.

Gunakan Software Terbaik

Untuk meningkatkan manajemen inventori. Anda harus menggunakan software terbaik. Sudah jelas bahwa tujuan menggunakan software adalah karena software atau aplikasi memiliki kemampuan ketelitian, kejelian serta keakuratan.

Hal ini tentu saja akan membuang banyak waktu serta biaya apabila Anda dan Perusahaan melakukannya secara manual. Jadi, Anda harus memakai aplikasi atau software untuk manajamen inventori yang memang sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu Perusahaan menjadi lebih baik.

Misalnya seperti manajemen order, servis, asset tracking yang berfungsi untuk melacak produk & optimasi inventori yang dapat membantu Anda untuk memprediksi permintaan secara otomatis.

Anda bisa menggunakan software manajemen inventori yang diciptakan oleh Tim Majapahit Teknologi. Tentu, Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Misalnya seperti hemat biaya, keamanan data terjamin serta data yang akan selalu up to date mengenai inventori Perusahaan yang sedang Anda kelola.

Kesimpulan

Dengan meningkatkan manajemen untuk persediaan barang. Anda akan dengan sangat mudah mengatur serta mendapatkan prediksi yang tepat untuk keberlangsungan barang tersebut.

Caranya sangat mudah kan ? Sekarang silahkan Anda terapkan cara sederhana tersebut untuk Perusahaan agar mendapat hasil serta keuntungan yang lebih baik.

Bagikan artikel ini: