Business . 14 October 2020

Tantangan Memulai Bisnis E-Commerce & Cara Mengatasinya

Majapahit Teknologi - Perlu diketahui bahwa Indonesia sempat masuk dalam nominasi daftar Negara yang berpotensi besar dalam pertumbuhan bisnis Industri E - Commerce. Namun, hal tersebut tidak berjalan sesuai harapan. Karena tentu saja untuk menggapai hal tersebut banyak sekali tantangan bisnis e-commerce yang harus di lalui terlebih dahulu.

E - Commerce atau biasa di sebut dengan bisnis online, pada saat ini memang sangatlah banyak di minati oleh Masyarakat, khususnya Masyarakat luas di Indonesia.

Mengapa demikian? Karena pada saat ini sudah banyak yang memanfaatkan kemudahan untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Dimulai dari pelaku usaha rumahan hingga Perusahaan Multinasional.

Lantas, mengapa bisnis e commerce booming ? Jawabannya mudah. Karena dengan bisnis ini. Anda tidak perlu harus keluar rumah untuk berbelanja dengan santai.

Konsumen dengan sangat mudah hanya dengan 1 kali klik untuk memilih barang yang di inginkan dan memasukan barang tersebut ke dalam keranjang belanja.

Kemudian memilih metode pembayaran dan pengiriman. Setelah itu hanya tinggal menunggu barang yang di pesan untuk di kirim ke lokasi tujuan pengiriman barang.

Tentu saja sangat praktis dan simpel. Selain itu, untuk memulai bisnis e commerce, Anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar untuk bisa ikut eksis bersaing di dunia bisnis online.

Tantangan Memulai Bisnis E-Commerce

Sangat praktis dan simpel serta hemat tenaga. Karena Anda tidak perlu berpergian jauh untuk dapat berbelanja dengan puas. Namun, perlu diketahui oleh Anda bahwa bisnis e commerce di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan besar. Hal tersebut dimulai dari logistik sampai dengan karakteristik konsumen.

Baca : Pentingnya Aplikasi Mobile Untuk Bisnis E - Commerce

Tentu sangat praktis, bukan? Akan tetapi, ketika Anda ingin memulai bisnis e-commerce di tanah air. Ternyata masih menghadapi banyaknya tantangan, dimulai dari logistik hingga karakteristik konsumen. Berikut penjelasan secara rinci.

Persaingan Kompetitor

Pada saat ini, semakin banyak pelaku bisnis e - commerce. Anda jangan sampai heran apabila semakin banyak orang yang menawarkan dengan berbagai macam produk atau jasa yang sama.

Jadi, tantangan pertama Anda adalah bersaing bersama kompetitor. Tentu banyak strategi yang mesti dilakukan agar Anda bisa bersaing bersama pelaku bisnis e commerce yang sudah lebih dulu eksis. Misalnya seperti memakai teknik digital marketing yang baik dan benar.

Selain itu, Produk atau jasa yang Anda tawarkan harus mempunyai keunggulan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Tentu, hal ini akan sangat berpengaruh kepada penjualan Anda nantinya.

Alangkah baiknya, Anda meriset terlebih dahulu produk atau jasa dari kompetitor agar mengetahui letak kekurangan yang nantinya berguna untuk memperbaiki produk atau jasa yang Anda punya.

Mempelajari Karakter Pelanggan

Tantangan selanjutnya adalah Anda harus mempelajari karakter pelanggan yang bermacam - macam. Mengapa demikian? Hal tersebut berlaku seperti halnya slogan yang berbunyi "Pembeli adalah raja".

Anda akan banyak sekali menemui karakter pembeli yang berbeda - beda. Bisa saja, Anda mendapatkan karakter pembeli yang baik dan ramah atau bahkan sebaliknya.

Namun demikian, tentu saja Anda jangan sampai terbawa emosi apabila menemukan pelanggan yang memiliki sifat unik. Seperti banyak yang bertanya, tidak ramah dan lain sebagainya.

Tetap saja Anda harus memperlakukan pelanggan Anda dengan baik. Mengapa demikian? Karena bagaimanapun citra bisnis Anda harus dijaga. Tetap bersikap ramah kepada pelanggan walaupun karakter pelanggan tersebut kurang baik.

Selain itu, tidak jarang ada pelanggan yang memang baru memakai aplikasi E - Commerce sehingga tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Anda bisa membantu calon pelanggan tersebut untuk membeli produk Anda.

Tentu saja, calon pelanggan tersebut akan berterimakasih kepada Anda. Bahkan bisa saja pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap Anda nantinya.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Sebagai pelaku bisnis e commerce yang baru terjun. Anda harus mengikuti perkembangan teknologi dengan pesat. Dengan mengikuti perkembangan tersebut, Anda akan mempunyai senjata yang lebih ampuh untuk dapat memasarkan produk atau Jasa yang sedang Anda kelola.

Tantangan Bisnis E-Commerce

Baca Juga : Peluang Bisnis E - Commerce di Indonesia

Cara Mengatasi Tantangan Bisnis E-Commerce

Seperti yang sudah kita bahas. Bahwa memulai bisnis secara online, nantinya Anda akan menghadapi beberapa kendala yang pointnya sudah dibahas. Meskipun harus berhadapan dengan tantangan tersebut. Bukan berarti Anda hanya menyerah begitu saja tanpa usaha yang keras bagaimana memikirkan caranya untuk melalui tantangan tersebut.

Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi tantangan sebelum memulai bisnis e - commerce.

Siap Menghadapi Kompetitor

Saat Anda memulai bisnis apapun itu. Tentu saja Anda akan menghadapi kompetitor yang sudah lama bergelut untuk menjual produk atau jasa yang sama dengan Anda.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah Anda harus bisa menggunakan strategi penjualan yang menarik dan kreatif serta pelayanan yang ramah atau memberikan give away kepada pelanggan Anda.

Menjamin Bisnis Anda Bukan Penipuan

Mungkin ada sebagian atau hampir semua pelaku bisnis e commerce pada saat membangun bisnis sering dicurigai sebagai penipu. Apalagi jika barang sedang di kirim tidak juga kunjung datang ke alamat penerima.

Cara mengatasinya adalah dengan cara memberikan testimoni sebanyak - banyaknya dari pelanggan sehingga para calon pelanggan akan percaya kepada Anda. Atau Anda bisa membuat website dengan domain berbayar. Tentu hal tersebut akan menambah keyakinan kepada calon pelanggan.

Kesimpulan

Untuk menjalankan bisnis, pastinya akan ada tantangan tersendiri. Tergantung bagaimana bisnis tersebut. Karena setiap bisnis pastinya akan memiliki masalah yang tidak sama dan tentu saja Anda harus melewati hal tersebut dengan pantang menyerah. Masih banyak solusi yang bisa dilakukan dari pada harus menyerah begitu saja. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Bagikan artikel ini: