Mengenal Bahasa Pemrograman Java

Bahasa Pemrograman Java | Kita hampir setiap hari memantau perkembangan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan tersebut memang berasal dari berbagai bahasa pemrograman yang dapat membuat aplikasi, website, IoT dan lain sebagainya.

Banyak sekali yang mengatakan bahwa program java merupakan bahasa yang sangat powerfull. Karena bahasa tersebut memiliki sifat yang multiplatfrom yang memang di kenal memiliki library lengkap.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini. Admin akan membahas mengenai seputar pemrograman java yang sangat terkenal di kalangan para programmer.

Bahasa pemrograman java ialah bahasa yang memiliki tingkat tinggi. Bahasa ini berorientasi pada objek dan program java yang tersusun. Hal tersebut biasa di sebut dengan kelas.

Baca Juga : Jenis dan fungsi bahasa pemrograman

Kelas ini memiliki beberapa metode yang memang di lakukan untuk pekerjaan dan mendapatkan informasi. Maka dari itu, para programmer java dapat mengambil keuntungan dari kelas java untuk mendapatkan informasi. Kelas java tersebut biasa biasa di sebut dengan Java Application Programming Interface atau ( API ).

Mengenal Bahasa Pemrograman Java

Java merupakan bahasa program yang sudah di kembangkan dari tahun 1990. Tentu, saat ini sudah semakin berkembang menjadi lebih baik. Seperti yang kita ketahui bahwa java menjadi program yang paling sering di gunakan untuk jasa aplikasi android.

Keunggulan Bahasa pemrograman java

Selain dari pada itu. Program bahasa java menjadi salah satu pondasi untuk berbagai bahasa programan lainnya. Misalnya seperti scala, kotlin jython dan lain sebagainya.

Program java memiliki motto. Seperti di bawah ini.

Write Once, RUn Anywhere

Motto tersebut memiliki arti bahwa menggunakan java dapat di jalankan di berbagai platform yang memang berbeda – beda tanpa harus menyusun ulang dari awal.

Mengapa seperti itu? Karena penulisan kode program java ini bisa di simpan ke dalam file berkstensi java. Maka dari itu, ketika anda menggunakan javac compiler, anda bisa menyusun file yang berekstensi java menjadi file class.

Keunggulan Menggunakan Java

Pastinya Anda penasaran mengapa bahasa program java ini sangat populer di kalangan para programmer, padahal bahasa ini sudah memiliki umur namun, keunggulannya untuk membuat program tidak ada yang bisa menandingi. simak penjelasannya sebagai berikut.

Mudah di Kembangkan

Salah satu keunggulan yang paling di unggulkan adalah karena sangat mudah untuk di kembangkan. Mengapa demikian? Karena berbagai aplikasi banyak sekali yang menggunakan java sebagai pondasi di programnya.

Hal tersebut memberikan kesempatan yang sangat mudah untuk developer dalam mengembangkan aplikasinya menjadi lebih baik.

Bersifat Dinamis

Program java memiliki sifat dinamis karena dapat di kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Struktur kode yang sudah di buat akan dengan sangat mudah untuk di modifikasi dan di kembangkan sesuai dengan keinginan user.

Berorientasi Pada Obyek

Selain memiliki sifat yang dinamis. Bahasa ini pun memiliki orientasi yang berfokus pada objek. Maksudnya, aplikasi akan secara langsung di ciptakan dan di sesuaikan dengan objek atau tampilan pada aplikasi tersebut ketika sedang digunakan.

Digunakan di Berbagai PlatFrom

Pada umumnya. Ketika Anda sedang menjalankan program maka anda harus menjalankan program tersebut di platform tertentu. Berbeda dengan java, java dapat di tulis sebagai bahasa program yang portable artinya dapat digunakan di berbagai platform.

Baca Juga : Bahasa program untuk aplikasi android

Jadi, seperti itulah perkenalan singkat mengenai bahasa java yang sangat populer digunakan oleh para programmer. Selain itu, kelebihan di atas menjadi salah satu nilai lebih untuk menggunakan java sebagai bahasa yang mudah di aplikasikan dan mudah di pelajari.

Semoga artikel kali ini dapat membantu untuk menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat.

Whatsapp