Basic Programming . 01 September 2020

Apa Itu Bahasa Pemrograman Java : Pengertian, Sejarah, Fungsi & Keunggulannya

Majapahit Teknologi – Di kesempatan kali ini, admin akan membahas mengenai bahasa pemrograman yang paling populer di kalangan para programmer yaitu bahasa java.

Apa itu java? Yuk segera simak ulasan berikut ini. Banyak sekali yang mengatakan bahwa program java merupakan bahasa yang sangat powerfull. Karena bahasa tersebut memiliki sifat yang multiplatfrom yang memang di kenal memiliki library lengkap. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini.

Admin akan membahas mengenai seputar pemrograman java yang sangat terkenal di kalangan para programmer.Bahasa pemrograman java ialah bahasa yang memiliki tingkat tinggi. Bahasa ini berorientasi pada objek dan program java yang tersusun.

Hal tersebut biasa di sebut dengan kelas. Kelas ini memiliki beberapa metode yang memang di lakukan untuk pekerjaan dan mendapatkan informasi. Maka dari itu, para programmer java dapat mengambil keuntungan dari kelas java untuk mendapatkan informasi. Kelas java tersebut biasa biasa di sebut dengan Java Application Programming Interface atau (API).

Pengertian Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa program yang sudah di kembangkan dari tahun 1990. Tentu, saat ini sudah semakin berkembang menjadi lebih baik. Seperti yang kita ketahui bahwa java menjadi program yang paling sering di gunakan untuk jasa aplikasi android.

"Write Once, RUn Anywhere"

Motto tersebut memiliki arti bahwa menggunakan java dapat di jalankan di berbagai platform yang memang berbeda – beda tanpa harus menyusun ulang dari awal.

Mengapa seperti itu? Karena penulisan kode program java ini bisa di simpan ke dalam file berkstensi java. Maka dari itu, ketika anda menggunakan javac compiler, anda bisa menyusun file yang berekstensi java menjadi file class.

Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Bahasa Java pertama kali di kenalkan di sebuah projek yang bernama “The Green Project” yang bertempat di Sun Microsystem pada sebuah Perusahaan perangkat lunak yang berlokasi di Amerika.

Projek tersebut di ketuai oleh James Gosling, Mike Sheridan, Patrick Naughton dan juga Bill Joy. Pada awal mulanya, projek tersebut memiliki tujuan untuk membuat sebuah alat yang pintar.

Tetapi, di karenakan tidak puas dengan hasil dari bahasa program C++ & C, Akhirnya mereka membuat keputusan untuk membuat bahasa koding yang lebih baik daripada bahasa pemrograman C++ & C.

Pada akhirnya setelah melewati 18 bulan projek berjalan, James Gosling telah berhasil menciptakan bahasa program baru yang di namai dengan Oak.

Namun, pada waktu itu nama Oak telah dipakai oleh Perusahaan Oak Technology. Hingga pada akhirnya pada tahun 1995, Oak telah di ganti menjadi Java.

Nama Java sendiri di kabarkan terinspirasi dari kopi Jawa. Oleh karena itu, logo pada bahasa program Java yaitu secangkir kopi.

Fungsi Bahasa Java

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari bahasa pemrograman Java, simak sebagai berikut:

Hanya Berfokus Pada Objek

Pada bahasa pemrograman Java biasanya hanya berfokus pada Objek, karena ketika hanya berfokus pada objek saja, program komputer bisa berkomunikasi antar satu sama lain dalam kelompok pada objek.

Bahasa yang Dipakai Sederhana

Jika harus dibandingkan dengan bahasa program yang lain, bahasa Java bisa katakan lebih sederhana, mengapa? Karena bahasa java sudah menggunakan sintaksis yang hampir mirip dengan bahasa C++.

Keamanan Cukup Ketat

Pengamanan pada bahasa java sendiri memiliki lapis yang cukup tebal, terbilang ada tiga lapis yang tentu saja lapis tersebut digunakan untuk melindungi sistem agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bisa Digunakan Pada Sistem Operasi Manapun

Java bisa di gunakan pada sistem operasi mana saja, hal tersebut di karenakan bahasa java adalah termasuk Platform Independence. Ketika membuat suatu file, maka file tersebut bisa berjalan pada perangkat mana saja.

Garbage Collector

Fungsi berikutnya adalah terdapat garbage collector yang dapat mengumpulkan sampah dengan cara yang otomatis. Tentunya dengan garbage collector, para programmer tidak harus dibebani dengan adanya memori yang kurang baik.

Perpustakaan yang Lengkap

Selain itu, daftar perpustakaan pada bahasa program java memiliki daftar yang sangat lengkap. Pastinya para programmer bisa membuat suatu aplikasi yang tentunya sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Memakai Sistem Exception-Handling

Fungsi berikutnya adalah Exception-handling karena menyediakan cara untuk memisahkan pada bagian pengamanan kesalahan serta bagian kode normal. Kode tersebut nantinya akan dituntun kepada struktur script program yang jauh lebih baik.

Selain itu, jika kesalahan telah ditemukan, maka java akan menciptakan exception yang bisa ditangkap dan juga di kelola oleh suatu program tanpa harus memberikan dampak yang buruk.


Mendukung Native Method

Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan tadi, java juga mendukung native method yang berfungsi untuk menulis di bahasa lain, misalnya seperti bahasa C & C++.

Dengan memiliki dukungan dengan cara native method ini, tentunya akan memungkinkan para programmer ini menulis berbagai fungsi yang dapat dilakukan dengan sangat cepat dibandingkan dengan fungsi yang lain.

Terdapat Fitur GUI

Di dalam bahasa java terdapat fitur GUI yang memiliki arti Grafical User Interface.

Penyempurnaan Dari Bahasa C++

Jika Anda adalah seorang programmer yang sudah terbiasa dengan menggunakan bahasa C++, Anda tidak usah khawatir dengan program bahasa Java.

Mengapa? Karena pada bahasa java sudah memiliki gaya yang disesuikan dengan C++ dan bahkan pada bahasa java, Anda bisa memperluas kode yang Anda inginkan dibandingkan dengan menggunakan C++.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Java

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui dalam menggunakan bahasa pemrograman Java, simak sebagai berikut:

Kelebihan Bahasa Java

Pastinya Anda penasaran mengapa bahasa program java ini sangat populer di kalangan para programmer.

Padahal bahasa ini sudah memiliki umur namun, keunggulannya untuk membuat program tidak ada yang bisa menandingi. simak penjelasannya sebagai berikut.

Mudah di Kembangkan

Salah satu keunggulan yang paling di unggulkan adalah karena sangat mudah untuk di kembangkan. Mengapa demikian? Karena berbagai aplikasi banyak sekali yang menggunakan java sebagai pondasi di programnya.

Hal tersebut memberikan kesempatan yang sangat mudah untuk developer dalam mengembangkan aplikasinya menjadi lebih baik.

Bersifat Dinamis

Program java memiliki sifat dinamis karena dapat di kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Struktur kode yang sudah di buat akan dengan sangat mudah untuk di modifikasi dan di kembangkan sesuai dengan keinginan user.

Berorientasi Pada Obyek

Selain memiliki sifat yang dinamis. Bahasa ini pun memiliki orientasi yang berfokus pada objek.

Maksudnya, aplikasi akan secara langsung di ciptakan dan di sesuaikan dengan objek atau tampilan pada aplikasi tersebut ketika sedang digunakan.

Digunakan di Berbagai PlatFrom

Pada umumnya. Ketika Anda sedang menjalankan program maka anda harus menjalankan program tersebut di platform tertentu.

Berbeda dengan java, java dapat di tulis sebagai bahasa program yang portable artinya dapat digunakan di berbagai platform.

Memudahkan Dalam Menyusun Script

Kelebihan berikutnya adalah bahasa Java sangat mudah untuk Anda pelajari, para programmer dan juga developer harus menyusun sebuah program dengan menggunakan sebuah script.

Dengan Anda menggunakan bahasa Java, Anda bisa dengan mudah menggunakan script tersebut. Dengan demikian, para developer pemula pun bisa dengan mudah mengembangkan suatu aplikasi dalam bahasa pemrograman Java.

Kekurangan Bahasa Java

Walaupun banyak sekali kelebihan dalam menggunakan bahasa Java, namun bukan berarti bahasa program tersebut tidak ada kekurangannya.

Nah, simak sebagai berikut untuk mengetahui beberapa kekurangan dalam menggunakan bahasa Java:

Menggunakan Memory Cukup Tinggi

bahasa java memang selalu memberikan fitur yang cukup banyak dan tentunya luar biasa, misalnya seperti kemudahan dalam membuat script, ftur object oriented dan lain sebagainya.

Tetapi, semua kelebihan tersebut harus di imbangi dengan kebutuhan memory yang cukup besar dalam menggunakan bahasa Java tersebut.

Sangat Mudah Didekompilasi

Selain itu, bahasa Java sangat mudah didekompilasi, Dekompilasi adalah sebuah proses yang dapat membalikan kode menjadi kode sumbernya. Selain itu, perlu diketahui bahwa kode akhir dari Java adalah Bytecode yang artributnya dalam bahasa tingkat tinggi.

Fitur GUI Kurang Menarik

GUI adalah tampilan dari aplikasi atau website yang dapat berfungsi untuk saling interaksi antar pengguna.

Akan tetapi, jika Anda ingin membuat suatu program aplikasi & website dengan menggunakan Java, sudah dipastikan hasilnya akan kurang menarik.

Hal tersebut karena Java lebih banyak digunakan dalam membuat back-end dalam membuat aplikasi.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah perkenalan singkat mengenai apa itu bahasa java yang sangat populer digunakan oleh para programmer.

Kelebihan di atas menjadi salah satu nilai lebih untuk menggunakan java sebagai bahasa yang mudah di aplikasikan dan mudah di pelajari.

Selain dari itu, Anda juga bisa mempelajari bahasa pemrograman yang tidak kalah pentignnya yaitu bahasa pemrograman PHP yang pastinya akan bermanfaat untuk Anda pelajari. Semoga artikel kali ini dapat membantu untuk menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini: