Update . 20 October 2022

VPS : Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

VPS hosting, mungkin istilah ini sudah familiar terdengar bagi Anda yang telah menggeluti dunia IT atau mengelola sebuah webiste. VPS atau Virtual Private Server ini merupakan salah satu layanan hosting yang paling populer dan banyak digunakan saat ini.

Hosting terbaik tentunya diinginkan oleh para developer untuk menunjang websitenya agar berjalan lancar. Apalagi jika website tersebut untuk keperluan bisnis yang diharapkan mendapatkan hasil bagus. Nah, VPS hosting lah pilihan terbaiknya.

Namun sebelum mempertimbangkan untuk menggunakan VPS, ada baiknya pahami dulu apa itu VPS, jenis-jenis, fungsi hingga kelebihan dan kekurangan VPS. Dengan demikian Anda bisa menyimpulkan bahwa VPS ini memang paket hosting terbaik bagi kebutuhan Anda.

Apa itu VPS ?

VPS merupakan layanan web hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resource khusus di server walaupun digunakan oleh lebih dari satu user. VPS termasuk jenis web hosting yang biasa digunakan untuk mengakomodir pembuatan website.

Perlu dipahami bahwa VPS adalah server yang sifatnya virtual yang menjadikan servernya tidak berwujud fisik. VPS berkaitan erat dengan teknologi virtualisasi, sehingga memungkinkan dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda.

Sederhananya, VPS hosting ini serupa dengan shared hosting. Dimana berbagi satu serer dengan pengguna lain, akan tetapi secara bersamaan juga menyerupai dedicated server. Hal ini karena Anda mempunyai akses untuk mengubah pengaturan server sendiri.

Umumnya, pemilik website menyewa VPS karena jumlah traffic pada website yang sudah tinggi. VPS mungkin menjadi pilihan yang paling tepat jika Anda belum membutuhkan resource dari dedicated server karena bisa mengcover kebutuhan Anda dengan tidak berlebih.

VPS hosting biasanya akan menawarkan Anda banyak pilihan mengenai paket VPS. Setiap paket VPS tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu mengenai spesifikasi, fitur, pelayanan hingga harganya tentunya berbeda satu sama lain.

Jenis-Jenis VPS

Sebelum memilih layanan VPS hosting, setidaknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu sesuai kebutuhan. Untuk jenisnya VPS terbagi menjadi dua jenis berdasarkan cara pengaturan dan pengelolaannya. 

Managed VPS

Jenis VPS ini merupakan layanan hosting yang disediakan lengkap bersama tim profesional dalam mengurus pengolaan server Anda. Managed VPS mempunyai layanan selama 24 jam, melakukan backup secara berkala hingga memperbaharui sistem operasi.

Unmanaged VPS

Unmanaged VPS adalah jenis layanan hosting untuk mengelola server virtualnya sendiri. Dimana penyedia layanan server hanya bertanggung jawab untuk menyediakan koneksi jaringan dan server fisik.

Fungsi VPS

Jika Anda masih ragu dengan layanan VPS, ada baiknya ketahui terlebih mengenai berbagai fungsi VPS. Berikut diantara fungsinya.

Web Hosting

Fungsi VPS yang paling banyak dikenal oleh masyarakat ialah sebagai web hosting. VPS menyediakan sumber daya yang cocok bagi situs website dengan traffic yang tinggi. Selain itu juga juga menawarka berbagai tools dan framework tambahan yang relatif murah.

Game Server

Game server adalah salah satu kegunaan dari VPS yang bisa dibuat untuk menginstall game, membuat koneksi khusus bermain game, mendapr akses root untuk mengelola game server agar sesuai kebutuhan dan lain sebagainya.

VPS sebagai Layanan VPN

Fungsi yang ketiga ialah sebagai layanna VPN, dimana lewat jaringan ini Anda bisa menyembunyikan identitas saat mengakses internet. 

Mengembangkan dan Menguji Aplikasi

VPS juga berfungsi untuk mengembangkan apliksasi serta mengujinya, seperti aplikasi yang ada di destkop, website maupun platform seluler.

Backup Data

Fungsi VPS yang terakhir ialah backup data. Dengan VPS ini, Anda dapat menyimpan data terakhir server secara up-to-date. Sehingga jika terjadi masalah pada server utama, masih ada backup server yang bisa di-restore.

Kapan Harus Menggunakan VPS ?

Kapan sih Anda butuh dan harus menggunakan layanan VPS ? Walaupun VPS memiliki manfaat yang begitu besar, namun tidak semua web perlu menggunakan VPS. Berikut beberapa hal yang peerlu diperhatikan kapan saatnya Anda menggunakan VPS.

Traffic Website Terlalu Tinggi

Jika Anda memiliki situs web yang trafficnya terlalu tinggi hingga jutaan pengunjung tiap bulan, maka Anda perlu menggunakan layanan VPS. Hal ini supaya website Anda memperoleh resource serta bandwith yang lebih besar, sehingga performa website tidak akan terganggu

Ingin Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Website

Biasanya layanan shared hosting tidak memberikan kontrol penuh bagi perusahaan. Inilah yang membuat pengguna akhirnya memilih layanan VPS yang bisa bebas memilih sistem operasi server dan lainnya.

Membutuhkan Penyimpanan File Berukuran Besar

Jika Anda memerlukan ruang penyimpanan file yang cukup besar, maka VPS lah pilihan paling tepat. VPS menawarkan ruang penyimpanan besar tentunya dengan harga yang terjangkau.

Membutuhkan Server yang Lebih Aman

Dengan menggunakan VPS, maka keamanan webiste Anda akan lebih terjamin. Hal ini karena ruang penyimpanan serta bandwith yang tidak terbagi-bagi membuat server menjadi lebih stabil dan aman.

Memiliki Pengetahuan Cukup untuk Mengelola VPS

Saat Anda telah memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola VPS, kenapa masih ragu menggunakan layanan ini ? Cara menggunakan VPS terbilang cukup mudah asal Anda menyimak panduannya dengan seksama.

Tips Memilh VPS

Setelah mengetahui fungsi dan kapan harus menggunakan VPS, berikut tips memilih VPS.

Identifikasi Kebutuhan Anda

Tips pertama yaitu dengan mengidentifikasi kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda lebih mudah dalam memilih layanan hosting VPS sesuai kebutuhan.

Pilihan Sistem Operasi

Aspek penting berikutnya yang perlu dipertimbangkan ialah sistem operasi server. Apakah Anda ingin menggunakan sistem operasi Windows atau Linux yang disediakan oleh layanan VPS ?

Kapasitas Bandwith Bulanan

Tips yang ketiga yaitu mengenai kapasitas bandwith bulanan. Dimana bandwith disini fungsinya membagi kecepatan transfer data supaya didistribusikan secara adil ke seluruh pengguna.

RAM dan CPU

Pastikan Anda memilih kapasitas RAM dan CPU yang sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas RAM dan CPU pada server VPS memiliki batasan, karena semakin banyak website pada server akan mempengaruhi kinerja RAM. 

Ruang Penyimpanan

Perlu diketahui bahwa VPS menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar sehingga mampu memuat berbagai macam file. Jadi pilih layanan VPS yang kapasitasnya memadai.

Cari Tahu Teknologi yang Digunakan

Tips penting selanjutnya yaitu mencari tahu teknologi apa yang digunakan saat memilih layanan VPS.

Sistem Keamanan

Berikutnya yaitu pastikan bahwa penyedia layanan VPS telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang bisa diandalkan.

Akses Root

Akses root pada server akan memungkinkan Anda memiliki kontrol penuh pada server sehingga bisa langsung menginstal beragam aplikasi dengan mudah.

Sesuaikan Anggaran

Tips terakhir yang perlu diperhatikan yaitu pilih layanan VPS sesuai anggaran yang dimilikli dan sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan VPS

Apa saja kelebihan VPS sehingga Anda harus menggunakan layanan hosting ini ? Berikut beberapa kelebihan dari VPS.

Resource yang Lebih Terjamin

VPS akan membuat resource berupa RAM, CPU dan bandwith yang Anda gunakan sepenuhnya. Performa situs akan lebih terjamin karean tidak perlu berbagi resource dengan pengguna lain.

Performa

Kelebihan VPS dapat dibuktikan dengan performanya yang lebih baik. Dengan performa server yang baik pastinya akan menghasilkan performa website yang baik pula.

Skalabilitas

Dengan menggunakan VPS, secara otomatis Anda bisa meningkatkan skalabilitas CPU, bandwith, ruang penyimpanan dan lainnya untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan resource Anda.

Kontrol

Pengguna VPS tetap memiliki akses ke SSH dan root server walaupun berada dalam satu server fisik yang sama dengan pengguna lainnya.

Privasi dan Keamanan

VP adalah layanan hosting yang membuat pengguna VPS lain tidak akan bisa mengakses database Anda meski berada dalam satu server fisik karena privasi dan keamanan terjamin.

Kekurangan VPS

Dibalik kelebihan yang dimiliki layanan VPS, ada juga sisi kekurangan dari penggunaan VPS yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

Harus Memiliki Kemampuan Teknis

Jika Anda sebagai pengguna VPS tidak memilik kemampuan teknis yang mumpuni, sebaiknya sewa tim khusus untuk mengelola server. Hal ini karena VPS menunut penggunanya untuk menguasai pengetahuan teknis pengoperasian server dengan baik.

Harga Lebih Tinggi

Kekurangan VPS yang kedua yaitu harganya yang lebih tinggi karena sifatnya lebih eksklusif jika dibandingkan dengan biaya sewa layanan shared hosting.

Kesimpulan

Demikianlah informasi seputar VPS hosting yang meliputi pengertian, jenis, fungsi, tips memilih VPS, kelebihan hingga kekurangan VPS yang perlu Anda ketahui. Jadi, setelah menyimak uraian diatas Anda bisa menarik kesimpulan bahwa VPS adalah hosting terbaik

Bagikan artikel ini: