Update . 25 November 2021

Shared Hosting : Pengertian, Contoh & Tips Memilih Shared Hosting Terbaik

Majapahit Teknologi - Penggunaan hosting sebagai pendukung komponen pada website menjadi hal yang sangat penting dilakukan sebab hosting memiliki berbagai jenis. Salah satu jenis hosting yang dapat dilakukan pada sebuah website adalah shared hosting.

Berikut ini Anda akan mempelajari tentang apa itu shared hosting dan semakin memahami salah satu jenis hosting tersebut.

Pengertian Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting pada sebuah website dimana cara kerjanya berupa peletakan beberapa website dalam satu fisik server, sehingga layanan ini kerap dinamakan dengan shared hosting.

Shared hosting ini memiliki berbagai kelebihan terutama dalam segi biaya sehingg akan sangat ringan terutama bagi calon pemilik website pemula yang memiliki modal terbatas.

Contoh Shared Hosting

Adapun contoh dari layanan shared hosting tersebut adalah bluehost hosting, hostinger, host armada, verpex, host galor, dan berbagai layanan shared hosting lainnya.

Tentunya berbagai shared hosting di atas menawarkan harga murah dan lebih ekonomis dibandingkan menggunakan private hosting.

Pengertian shared hosting
Ilustrasi gambar mengenai apa itu hosting

Tips Memilih Shared Hosting Terbaik

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih shared hosting terbaik seperti berikut ini:

Performa Server

Tips pertama ditinjau dari performa server. Dimana, performa yang dimiliki suatu server hosting haruslah unggul, baik, dan cepat sehingga dapat digunakan secara efektif.

Review Pelanggan

Review pelanggan merupakan patokan selanjutnya bagi Anda yang sangat mudah untuk memilih shared hosting terbaik. Dari review tersebut, maka akan terlihat secara jelas reaksi pelanggan setelah menggunakan jasa hosting tersebut.

Kapasitas Penyimpanan

Penyimpanan yang tinggi adalah patokan keberhasilan suatu server yang terletak pada suatu hosting. Sehingga, sebelum memilih shared hosting pastikan penyimpanannya tinggi dan layak pakai secara bersamaan.

Harga

Harga merupakan patokan selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih shared hosting. Sebab, shared hosting terkenal dengan keunggulannya dalam segi harga jadi pilihlah shared hosting yang menerapkan harga sangat murah dan terbaik.

Bandwidth

Bandwitdh wajib diperhatikan untuk keberhasilan penggunaan suatu hosting pada sebuah website. Sebab, dari bandwidth dapat terukur secara jelas performa penggunaan suatu hosting atau server pada sebuah website.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Shared hosting memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib Anda ketahui agar memutuskan apakah hendak memilih jenis hosting ini atau tidak.

Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini adalah kelebihan dari shared hosting yang wajib Anda ketahui, simak sebagai berikut :

Penggunaan Mudah

Shared hosting memiliki metode penggunaan yang mudah sehingga dapat digunakan bagi pemula sekalipun.

Selain itu, fitur – fitur yang disajikan telah disesuaikan oleh pemilik shared hosting sehingga Anda tidak perlu bingung lagi dalam penggunaannya.

Administrasi dan Pemeliharaan Server Mudah

Bukan hanya penggunaannya yang mudah, proses administrasi dan pemeliharaan server dari hosting tersebut cenderung efisien dan mudah.

Hal ini disebabkan oleh shared hosting yang tidak hanya berpaku terhadap user sehingga dapat bekerja sama dalam melakukan kegiatan tersebut dengan user lainnya.

Biaya Murah

Biaya murah merupakan kelebihan utama dari shared hosting. Dimana, Anda dapat menggunakan server mudah dan murah untuk bisa mengelola website nda. Hal ini sangat cocok apabila Anda seorang pengelola website pemula.

Sangat Ideal untuk Blog maupun Website Bisnis Skala Kecil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan shared hosting ini sangat ideal digunakan bagi pemula dalam pengelolaan blog atau website, terutama dengan tujuan berbisnis skala kecil. Sebab harganya murah dan pengelolaannya lebih mudah dibandingkan server lainnya.

Email akan Masuk pada Akun Email Pengguna

Shared hosting mungkin memiliki berbagai user dalam satu server, tetapi dalam pemberitahuan akan tetap dikhususkan kepada satu user. Terutama dalam penyampaian email akan tetap masuk kepada email milik user masing – masing.

Control Panel yang Mudah

Control panel merupakan salah satu fitur yang disediakan pada shared hosting dan sangat mudah digunakan. Sehingga, bagi Anda yang pemula tidak perlu repot – repot belajar secara mendalam hanya untuk menggunakannya.

Area Kontrol Terbatas pada Server

Meskipun shared hosting memiliki beberapa user dalam satu server, tetapi tidak perlu khawatir sebab area kontrol hanya dapat dilakukan pada satu server yang berlaku pada satu user. Sehingga, keamanan dan kontrol website akan lebih terjamin.

Kekurangan Shared Hosting

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari shared hosting, berikut ini adalah kekurangan dari shared hosting :

Area Kontrol Terbatas Pada Server

Kekurangan pertama terletak pada area kontrolnya yang cukup terbatas hanya pada satu server.

Dimana, apabila data tidak tersedia pada server yang berada pada satu sisi tidak dapat menggali data atau informasi dari server yang tersedia lainnya.

Penggunaan Software Lain Terbatas

Bukan hanya area kontrol, tetapi penggunaa software juga cenderung terbatas. Penggunaan ini hanya berlaku pada berbagai software yang tersedia pada server tersebut. Sehingga, tidak dapat perluasan data yang ada.

Keamanan yang Kurang

Seperti yang kita tahu, meskipun server ini terbatas area kontrolnya tetapi ada saja langkah seseorang untuk mengambil sesuatu yang bukan haknya. Sehingga, sifat shared hosting ini lebih rentan dalam segi keamanannya.

Memungkinkan Terjadinya Crash

Karena sifatnya yang berbagi tersebut maka server hanya bekerja pada satu titik koneksi. Hal ini memudahkan terjadinya crash atau error pada saat pengaksesan website atau blog yang dituju.

Rekomendasi Shared Hosting Murah Terbaik

Shared Hosting Murah Terbaik

Terdapat beberapa rekomendasi shared hosting murah dan terbaik untuk digunakan.

Adapun berbagai rekomendasi shared hosting yang dimaksud tersebut antara lain:

Hostinger

Rekomendasi shared hosting pertama terletak pada hostinger. Dimana, hostinger ini memiliki harga yang murah dan fasilitas terbaik.

Sangat cocok bagi Anda seorang pengelola website pemula dan ingin memiliki hosting terbaik dengan murah.

Niagahoster

Siapa yang tidak pernah mendengar Niagahoster? Layanan hosting yang sangat terkenal di Indonesia dan kerap digunakan pada berbagai blog atau website ternama ini juga menawarkan layanan shared hosting.

Tentu saja, untuk kualitas dan harga dari Niagahoster tidak perlu diragukan lagi.

Rumah Web

Rumah web dapat Anda jadikan pilihan selanjutnya untuk memilih layanan shared hosting. Sebab, rumah web terkenal denga fasilitasnya yang unggul dan harganya murah cocok dengan pengelola website tujuan bisnis skala kecil.

Domainesia

Bukan hanya niagahoster, domainesia yang namanya juga telah merambah luas di Indonesia kerap menjadi pilihan untuk memasang hosting pada website Anda.

Kini, Domainesia tersebut menawarkan fasilitas shared hosting yang dapat meringankan biaya Anda.

Idwebhost

Idwebhost kerap dipilih pengelola website pula dalam pemasangan hosting di dalamnya. Pada hosting ini, fasilitas shared hosting menjadi layanan utama untuk dipasangkan pada website Anda.

Jadi, apakah Anda tertarik mencoba idwebhost?

Kesimpulan

Shared hosting wajib Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam pengelolaan website Anda.

Mengingat cukup banyak keunggulan di dalamnya, tetapi pilihlah layanan tersebut dengan bijak ya meskipun budget murah tetapi kualitas tetap unggul !

Bagikan artikel ini: