Business . 13 November 2021

Cara Berjualan di Facebook Marketplace Dengan Mudah & Simpel

Majapahit Teknologi - Marketplace menjadi salah satu lapak berjualan yang paling efektif dan efisien digunakan dalam era perkembangan teknologi ini.

Tidak heran, sebab salah satu produk digital ini memberikan kemudahan dan kecepatan akses berjualan yang memudahkan dagangan menjadi laris.

Salah satu marketplace yang paling sering dipilih untuk berjualan adalah marketplace tembusan sebuah sosial media yaitu Facebook marketplace.

Tentu saja, Anda tidak asing dengan facebook sebagai salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak. Berikut ini Anda akan mempelajari cara berjualan di facebook marketplace tersebut dengan laris.

Pengertian Facebook Marketplace

Facebook marketplace merupakan wadah atau lapak bertransaksi antara penjual dan pembeli atas suatu barang yang diiklankan pada marketplace tersebut.

Marketplace ini merupakan pilihan paling efektif bagi para penjual online, sebab cara penggunaannya paling simpel dan tidak mengharuskan seseorang sign up lagi, mengingat hampir seluruh orang sudah pasti memiliki akun facebook.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

cara berjualan di facebook marketplace

Baca : Apa Itu Marketing mix : Pengertian, Fungsi, Strategi & Contohnya

Berjualan di facebook marketplace merupakan pilihan paling tepat untuk menjajahkan berbagai barang dagangan demi mendapatkan pelanggan yang loyal.

Cara berjualan di salah satu produk digital ini cukup mudah, sehingga untuk memperjelas cara berjulaan di facebook berikut ini akan dijabarkan akan Anda semakin paham.

Cara Jualan di Marketplace Fb Agar Laris

Berikut ini adalah cara – cara yang perlu Anda terapkan untuk dapat berjualan di facebook marketplace agar dapat dilihat banyak orang, simak sebagai berikut :

Gunakan Keyword yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk berjualan di fb agar laris adalah menggunakan keyword berjualan yang tepat.

Apakah keyword yang tepat itu? Keyword yang tepat adalah nama barang yang Anda dagangkan dengan baik. Setelah itu, gunakan Bahasa dan hastag yang memungkinkan barang dagangan Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh pembeli.

Manfaatkan Fitur Premium Seller

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan fitur premium seller. Dimana, fitur ini tentu saja menawarkan berbagai fasilitas yang tidak Anda dapatkan pada fitur manual.

Seperti memperluas jangkauan untuk promosi, limit pembayaran tak terbatas, dan penawaran – penawaran menarik lainnya.

Bedakan Juga Gambar Utama Produknya

Hal ini paling penting ditekankan pada saat mengupload barang dagangan ke marketplace. Dimana, bedakan gambar utama produk dengan gambar – gambar detail bahkan gambar iklan produk.

Gunakan pula gambar orisinal dengan kualitas yang jelas agar pembeli semakin yakin dan paham dalam membeli barang daganganmu.

Promosikan Produk dengan FB Ads

Memanfaatkan facebook ads atau advertisement merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai cakupan pasar yang lebih luas dan mendapat pembeli.

Tentu saja, dengan facebook ads produk Anda mudah dikenal dan menimbulkan ketertarikan bagi setiap pengguna facebook atau orang yang melihat iklan tersebut.

Tawarkan Promo

Promo adalah hal paling ampuh untuk menarik calon pembeli. Dengan memberikan promo – promo menarik bagi pembeli atas barang daganganmu, niscaya mereka akan tertarik dan daganganmu akan sangat mudah laris.

Promosikan di Platform Lain

Meskipun Anda berjualan pada facebook marketplace, Anda tetap bisa melakukan promosi dengan menggunakan platform lain. Dimana, Anda bisa melakukan link dengan Instagram, whatsapp,Twitter, dan berbagai sosial media lainnya untuk mencari pembeli lebih banyak.

Tunjukkan Gambar Rill Tanpa Editan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda wajib membedakan setiap foto pada uploadan produkmu pada facebook marketplace tersebut.

Akan tetapi, foto yang Anda upload juga haruslah jelas, rill, dan original tidak editan. Hal ini akan membuat pembeli semakin yakin dan mudah membeli produk daganganmu.

Tampilkan Gambar Produk yang Unik dan Berbeda

Penampilan produk yang dijual secara online haruslah jelas dan unik, sehingga membuat pembeli semakin tertarik.

Hal ini membuat Anda harus menyuguhkan gambar yang sangat baik dimana unik, orisinal, dan berbeda – beda setiap sudut pandangnya agar pembeli semakin jelas dan yakin terhadap pemilihan produk tersebut.

Gunakan Harga yang Sebenarnya

Penentuan harga juga harus dipahami oleh calon seller pada facebook marketplace. Dimana, amatilah harga pasar dan harga orisinal pada barang yang akan didagangkan.

Selanjutnya, tentukanlah harga yang akan Anda pasang di iklan tersebut dengan pertimbangan yang matang. Jangan sampai harga tersebut melampau jauh dari harga pasar sehingga mematikan pasar.

Upload Beberapa Kali dengan Judul yang Berbeda

Untuk membuat produk Anda semakin laris di pasaran, tentu saja Anda bisa mengupload produk tersebut beberapa kali dengan penggunaan judul dan keyword yang berbeda.

Hal ini membuat produk akan terupdate secara otomatis dan mudah ditemukan pembeli.

Share Tautan Produk Anda ke Grup Facebook

Memanfaatkan grup – grup facebook untuk mempromosikan barang dagangan Anda juga cara yang efektif untuk meningkatkan kelarisan barang.

Caranya cukup simpel yaitu share tautan produk Anda yang telah diupload ke facebook marketplace ke grup – grup Anda di facebook.

Harga Bersaing

Penetapan harga yang disesuaikan dengan harga pasar dan harga para pesaing haruslah dipertimbangkan secara matang. Sebab, hal ini menjadi patokan keberhasilan produk Anda dapat menarik calon pembeli.

Upload untuk Setiap Kota di Sekitar Domisili Anda

Upload produk di facebook marketplace dengan memanfaatkan penggunaan wilayah cukup efektif. Caranya dengan menempatkan wilayah dari setiap produk yang di upload dengan lokasi berbeda – beda yang disesuaikan dengan domisili Anda.

Tarik Trafik dari Luar Facebook

Penggunaan keyword yang sangat tepat dapat membuat calon pembeli dari lingkup facebook hingga luar facebook berdatangan. Hal ini termasuk kepada Tarik trafik yang dapat membuat barang daganganmu semakin laris.

Cara Menampilkan Marketplace di Facebook

Cara Jualan di Marketplace Fb Agar Laris

Baca Juga : Model Bisnis Ecommerce Dengan Berbagai Macam Metode Operasinya

Terdapat sejumlah cara untuk membuat marketplace di facebook sesuai dengan gawai pengaksesnya. Adapun cara – cara tersebut dijabarkan berikut:

Cara Menampilkan Fitur Marketplace di Facebook Lite

  • Pertama Anda perlu melakukan registrasi fitur marketplace
  • Selanjutnya, pergi ke fb lite dan lihat apakah telah tersedia fitur marketplace
  • Jika belum, aktifkan fitur tersebut dengan Tap Icon Garis Tiga di pojok kanan atas pada aplikasi fb lite dan cari marketplace.
  • Selamat fitur tersebut telah aktif pada fb lite Anda!

Cara Menampilkan Fitur Marketplace di Facebook Via Andro

  • Buka aplikasi facebook di android anda
  • Selanjutnya lihat apakah telah tersedia fitur marketplace
  • Jika belum, aktifkan fitur tersebut dengan Tap Icon Garis Tiga di pojok kanan atas pada aplikasi fb android dan cari marketplace.
  • Aktifkan icon orang dan icon notification atau lonceng
  • Selanjutnya klik aktifkan pada menu pengaturan
  • Selamat fitur tersebut telah aktif pada fb via andro anda!

Cara Menampilkan Fitur Marketplace di Facebook Via PC/Laptop

  • Buka facebook. Com dan sign in dengan akun Anda
  • Buka pengaturan dan pilih menu opsi notifikasi
  • Pilih edit dan aktifkan
  • Selamat fitur tersebut telah aktif pada fb via pc/laptop Anda!

Penyebab Fitur Marketplace Tidak Muncul

Terdapat sejumlah alasan mengapa fitur marketplace tidak muncul pada akun facebook Anda. Adapun alasan – alasan tersebut adalah:

  • Fitur Marketplace belum diaktifkan
  • Bagian fitur Marketplace belum dimiliki oleh akun yang bersangkutan
  • Fitur Marketplace mengalami error
  • Fitur Marketplace tidak mendukung gawai yang dipakai

Kesimpulan

Berdagang di facebook marketplace merupakan pilihan paling tepat dan efisien untuk membuat Anda semakin mudah mendapat pembeli. Melalui informasi – informasi di atas.

Tentu saja Anda sudah paham cara menggunakannya dan siap berdagang di facebook marketplace!

Bagikan artikel ini: