Business . 07 November 2021

Apa Itu Marketing mix : Pengertian, Fungsi, Strategi & Contohnya

Majapahit Teknologi - Kegiatan pemasaran wajib dikuasai untuk dapat mengembangkan bisnis sesuai dengan tujuannya masing – masing. Sehingga pemahaman terhadap pemasaran tersebut haruslah tepat dilakukan agar tidak melenceng.

Salah satu hal dalam pemasaran yang wajib dipahami untuk mencapai tujuan pemasaran tersebut adalah marketing mix.

Marketing mix merupakan salah satu komponen yang terdiri atas beberapa variabel untuk mencapai tujuan pemasaran.

Pada marketing mix ini terdapat konsep, fungsi, hingga contoh – contoh penerapan yang wajib anda ketahui dengan baik. Melalui artikel ini akan dijelaskan seputar apa itu marketing mix secara lengkap.

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix atau yang dikenal dengan bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan dengan mengkolaborasikan beberapa variabel dari marketing mix tersebut secara tepat dan terpadu hingga tercapai tujuan pemasaran suatu perusahaan.

Strategi & Konsep Marketing Mix

Strategi marketing mix

Marketing mix memiliki beberapa konsep yang harus anda pahami diantaranya konsep dari beberapa komponen marketing mix 4p dan 7p.

Berikut ini adalah penjelasan dari kedua konsep marketing mix tersebut:

Konsep Marketing Mix 4P

Konsep marketing mix pertama adalah konsep marketing mix 4p yang menerapkan kolaborasi terpadu dari beberapa unsur. Adapun unsur – unsur yang dimiliki oleh konsep marketing mix 4p tersebut adalah sebagai berikut:

Product

Unsur pertama yang dimiliki oleh konsep marketing mix 4p adalah product. Dimana, unsur ini menekankan pada produksi sebuah produk yang menjadi output akhir suatu bisnis untuk dipersembahkan kepada masyarakat.

Sehingga, produk haruslah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, memuaskan masyarakat, dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Agar tercipta hal tersebut maka anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang telah diproduksi atau sama sekali belum diproduksi.

Hasil riset tersebut dapat membuat produk anda lebih diminati oleh masyarakat sebab telah memperhatikan kemauan masyarakat dari riset yang telah dilakukan.

Price

Selain produk, price atau harga merupakan unsur selanjutnya yang wajib diperhatikan dalam konsep marketing mix 4p tersebut.

Harga merupakan patokan kemampuan seseorang dalam mendapatkan produk yang diinginkannya. Sehingga, jika harga tinggi dan daya beli cukup rendah akan menjadi masalah, bahkan bisa membuat usaha tidak laku atau gulung tikar.

Oleh sebab itu, setelah melakukan riset produk anda perlu pula mempelajari tentang daya beli dan harga pasar produk tersebut.

Jangan sampai harga yang anda labelkan pada produk tersebut terlalu rendah atau tinggi. Sesuaikan dengan harga pasar dan capai keuntungan di antaranya sebaik mungkin agar tujuan dari perusahaan tersebut dapat terlaksana dengan tepat.

Place

Setelah menetapkan produk dan harga yang tepat untuk konsumen maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penetapan place atau tempat.

Dimana, tempat yang digunakan untuk memasarkan atau menjual produk haruslah bisa mencakup pasar yang luas atau berada di lokasi yang sangat strategis.

Apabila anda memilih tempat secara nyata yaitu Gedung, pusat perbelanjaan, atau toko maka pilihlah di lokasi yang strategis dan mendatangkan banyak pembeli.

Namun, di era penuh teknologi ini anda bisa memanfaatkan online store atau marketplace sebagai lapak untuk berjualan. Dimana, kedua produk digital tersebut lebih menjanjikan dalam segi bisnis.

Mengapa? Sebab, produk digital sangat luas cakupannya bahkan dari belahan dunia manapun bisa mengakses toko anda dan melakukan transaksi.

Namun, perlu diperhatikan apabila anda memilih produk digital sebagai lapak berjualan pastikan anda memahami penggunaannya terlebih dahulu dan siap memilih jasa ekspedisi tercepat agar barang sampai dengan cepat dan tepat.

Promotion

Setelah menentukan ketiga unsur di atas, unsur terakhir yang ditekankan oleh konsep marketing mix 4p adalah promotion.

Dimana, promotion ini merupakan kegiatan promosi yang wajib dilakukan untuk dapat memasarkan sebuah produk kepada pembeli atau pasar secara luas.

Kegiatan promosi tidak hanya dapat dilakukan dengan memasangkan iklan di baliho atau poster jalan raya, tetapi internet telah memudahkan anda untuk melakukan hal tersebut.

Hanya dengan memanfaatkan sosial media dan fitur adsense anda semakin mudah dalam memasarkan produk dan memiliki cakupan pasar yang sangat luas.

Konsep Marketing Mix 7P

Konsep marketing mix 7p merupakan konsep marketing selanjutnya yang wajib anda pahami. Dimana unsur – unsur yang terdapat pada konsep marketing mix 7p ini umumnya sama dengan marketing mix 4p, tetapi ada penambahan beberapa unsur yang diantaranya adalah:

Physical Evidence

Physical evidence atau bukti fisik adalah hal yang perlu ditekankan oleh sebuah perusahaan dimana dalam melakukan pemasaran harus disertai dengan bukti yang ada untuk menekankan keyakinan para pelanggan.

Hal tersebut tentu saja dapat berbeda – beda sesuai dengan bukti fisik dari produk yang diluncurkan, maka dapat disesuaikan masing – masing.

People

Selain bukti fisik, orang – orang yang terlibat pada proses produksi atau pembuatan produk haruslah memiliki kualitas yang baik.

Mengapa? Dengan kualitas yang baik dari para pencipta maka produk yang dihasilkan cenderung akan baik pula. Sehingga, dibutuhkan sumber daya manusia pada suatu perusahaan dengan performa yang tinggi agar tercipta hasil yang baik.

Process

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dari konsep marketing mix 7p adalah process atau proses. Dimana, setiap proses yang terjadi pada penciptaan sebuah produk harus dilalui dengan baik dan tidak meninggalkan detail apapun agar terciptalah produk yang tepat dan memuaskan bagi konsumen.

Fungsi Marketing Mix untuk Bisnis

Terdapat sejumlah fungsi marketing mix untuk bisnis yang perlu anda ketahui, yaitu:

  • Konsep untuk memperluas pasar
  • Sebagai konsep untuk memahami kegiatan pemasaran
  • Sebagai patokan keberhasilan kegiatan pemasaran
  • Tolok ukur dalam proses penghasilan produk hingga pendistribusian produk
  • Sebagai bahan pertimbangan perusahaan terhadap bisnisnya.

Contoh Marketing Mix

Contoh marketing mix

Baca Juga : Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) & Cara Kerjanya

Pada contoh marketing mix ini terdapat beberapa poin yang wajib anda tahu diantaranya adalah:

  • Memahami jenis penerapan konsep dari marketing mix
  • Memahami jenis unsur – unsur yang akan diterapkan
  • Pemisalan dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau produk anda

Dari poin – poin di atas kini dapat kita lihat contoh penerapan marketing mix sesuai dengan konsepnya masing – masing:

Contoh Penerapan Marketing mix 4P

Sesuai dengan keempat unsurnya, berikut ini adalah contoh penerapan marketing mix 4p yaitu perusahaan A akan memproduksi sebuah sandal wanita yang nyaman dan memiliki varian warna sesuai model populer.

Selanjutnya, harga yang diterapkan berkisar 70 ribu sesuai dengan harga pasar minimal. Proses promosi dan penjualan memanfaatkan marketplace.

Contoh Penerapan Marketing Mix 7p

Sama halnya dengan contoh pada marketing mix 4p, tetapi unsur – unsurnya terdapat penambahan yakni sandal tersebut dibuat secara kokoh dan benar – benar bermutu, didesain dengan baik oleh para desainer berpengalaman, dan juga proses pembuatannya menggunakan bahan dan alat premium.

Kesimpulan

Dari penjelasan apa itu marketing mix di atas tentu saja anda semakin yakin bahwa kegiatan pemasaran tersebut haruslah dilakukan secara matang agar dapat membuatnya mencapai tujuan yang tepat.

Penjelasan – penjelasan tersebut juga akan membuat anda semakin mudah dalam menerapkan konsep marketing mix di perusahaan anda!^^

Bagikan artikel ini: