Update . 26 August 2021

Cloud Storage Gratis dan Terbaik di Indonesia

Majapahit Teknologi – Ketika perkembangan internet semakin berkembang dengan pesat. Media penyimpanan saat ini sudah menawarkan kemajuan dengan hadirnya Cloud storage yang tentunya masih memiliki kaitan dengan jaringan internet. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui apa itu Cloud Storage ? Jika belum mengetahui hal tersebut mari kita simak Bersama-sama di ulasan kali ini.

Biasanya, banyak sekali orang-orang yang menggunakan media penyimpanan dengan berupa perangkat keras yang dapat di bawa kemana-mana.

Tetapi, dengan adanya cloud storage, maka media penyimpanan yang berupa perangkat lunak dapat digunakan kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Tentunya dengan kelebihan yang satu ini, orang-orang akan mempertimbangkan untuk menggungkan cloud storage dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti flashdisk dan hardisk.

Walaupun demikian, masih banyak orang yang belum paham terkait dengan apa itu cloud storage dimulai dari definisi, fungsi sampai dengan cara kerjanya. Baik, langsung saja simak ulasan berikut ini ya ?

Pengertian Cloud Storage

Apa itu Cloud Storage ? Ya, Cloud storage adalah suatu teknologi terbaru yang dapat dimanfaatkan untuk media penyimpanan file secara online dan tentunya mengandalkan koneksi internet agar bisa mengakses data.

Sebanarnya, cloud storage ini tidak jauh berbeda dengan media penyimpanan perangkat lunak seperti flashdisk ataupun hardisk.

Namun, pada saat ini menyimpan file dengan menggunakan cloud storage menjadi lebih diminati karena banyaknya alasan tersendiri yang cukup kuat.

Mengapa ? Ya, salah satu alasan tersebut adalah Anda tidak perlu khawatir lagi terkait dengan kerusakan atau diserang oleh virus yang berbaya ketika menyimpan berbagai file pada media penyimpanan berbasis offline.

Selain itu, data yang akan Anda simpan didalam cloud storage tersebut akan disimpan pada server yang dikelola oleh penyedia layanan.

Setelah membahas mengenai apa itu cloud storage, berikutnya adalah sejarah singkat, manfaat dan kelebihan serta kekurangan pada cloud storage, simak terus ya :)

Sejarah Cloud Storage

Perlu di ketahui bahwa cloud storage diperkenalkan pada tahun 1960 oleh John McCarthy. Beliau merupakan seorang insiyur dari jurusan Teknik komputer MIT.

Waktu itu, sistem cloud ini memang sudah ada namun belum bisa di terapkan pada jaringan internet. Tetapi hanya baru bisa di terapkan pada jaringan infrastruktur seperti listrik dan air.

Setelah itu, John memiliki ide untuk membuat konsep dalam menggabungkan sistem tersebut kepada sistem komputasi awan.

Hasilnya, pada tahun 2000, sistem cloud resmi di perkenalkan oleh Perusahaan modern yaitu eCommerce Amazon dan sampai saat ini, Perusahaan ini menjadi jembatan untuk mengenalkan penggunaan cloud storage.

apa itu cloud storage dan contohnya

Manfaat Cloud Storage

Dengan memanfaatkan sejumlah teknologi canggih, saat ini sudah banyak pengguna internet yang mulai memanfaatkan penyimpanan data secara online atau cloud storage sebagai media penyimpanan.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat cloud storage ketika di gunakan untuk Bisnis maupun pada kehidupan sehari-hari, simak sebagai berikut :

Membantu Mengarsipkan Data

Dengan berbagai teknologi canggih seperti sekarang ini, data menjadi salah satu asset terpenting pada setiap bisnis yang tentunya wajib untuk dijaga.

Anda pun bisa membayangkan sendiri jika manajamen sedang kacau di sebuah Perusahaan dengan hilangnya data penting seperti kontak pelanggan, history penjualan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Cloud storage mampu mengurangi kejadian seperti itu. Hal ini di karenakan jika sistem yang digunakan oleh cloud storage sudah berbasis online dan tentunya terkoneksi secara langsung dengan internet.

Arsip data yang nantinya akan disimpan pada cloud storage menjadi salah satu solusi terbaik karena sudah terjamin lebih aman dan mudah sangat mudah ketika digunakan.

Menghemat Biaya

Di setiap Perusahaan tentunya harus selalu menghemat pengeluaran begitupun dengan menghemat biaya untuk kebutuhan penyimpanan data ataupun berbagai arsip di sebuah Perusahaan.

Hal ini terjadi karena jika sudah menggunakan cloud storage, Perusahaan sudah tidak harus menggunakan media penyimpanan seperti hardisk ataupun media penyimpanan lainnya.

Sebagai Alat Berbagi

Hal menarik lainnya dari cloud storage adalah bisa berbagi data hanya dengan menggunakan cloud storage.
Ya, caranya adalah Anda hanya tinggal mengupload suatu file yang ingin di bagikan dan nantinya teman yang akan menerima file tersebut bisa dengan mudah mendapatkan file yang sudah dibagikan hanya dengan beberapa kali klik saja.

Mengontrol Data Agar Tidak Bocor

Perlu diketahui jika salah satu kelemahan dari media penyimpanan konvensional adalah bisa dengan mudah mengalami kebocoran data. Ya, hal tersebut di karenakan sulitnya untuk memantau akses di setiap pengguna.

Tentunya dengan bantuan dari manajemen cloud storage, Anda akan mendapatkan bebragai fitur yang bisa di gunakan, misalnya seperti pelacakan user yang terakhir kali di liat ataupun mengedit dokumen atau bahkan bisa melihat siapa saja yang mendapatkan akses agar data Perusahaan tidak bocor ke pihak yang tidak ingin bertanggung jawab.

Ramah Lingkungan

Saat ini, cloud storage sudah dianggap sebagai media penyimpanan yang ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi server yang sudah di optimalkan menjadi lebih baik dan bisa beroprasi dengan efisien.

Cara Kerja Cloud Storage

Cara kerja dari cloud storage sebenarnya cukup sederhana. Ya, proses penyimpanan data melalui cloud storage hanya dengan mengoneksikan jaringan internet.

Setelah itu, server akan memberikan akses untuk mendwonload atau melakukan jika ada perubahan pada data tersebut.

Selain itu, server dari cloud storage ini tidak hanya menggunakan 1 server saja dan sebagian besar pada aplikasi cloud server, Anda tidak perlu melakukan instalasi karena sudah terpasang secara langsung pada media internet misalnya seperti Google Drive.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Storage

Banyak sekali kelebihan ketika Anda berpindah dengan menggunakan cloud storage. Namun, bukan berarti tidak ada kekurangannya sama sekali ya. Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari cloud storage yang perlu Anda ketahui, simak sebagai berikut :

Kelebihan Cloud Storage

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari cloud storage, sebagai berikut :

File Tidak Akan Mudah Rusak

Jika Anda sudah mencoba untuk menyimpan file pada cloud storage, maka bisa dipastikan data yang tersimpan tersebut tidak akan mudah rusak. Dimulai dari kualitas file tersebut, semuanya akan masih sama seperti ketika Anda pertama kali menguploadnya.

Media Penyimpanan Berkualitas

Kelebihan berikutnya adalah media penyimpanan berbasis cloud ini sangat berkualitas dan tidak murah rusak. Hal tersebut di karenakan cloud storage yang tidak memiliki bentuk fisik.

Selain itu, penyedia layanan pun akan tetap menjaga server dengan sangat baik untuk menjaga dari kerusakan yang tidak di inginkan.

Walaupun di suatu saat nanti terjadi kerusakan, maka mereka sudah menyiapkan backup data yang telah disimpan pada server tersebut.

Dapat Diakses Kapanpun & Dimana Saja

Ketika menggunakan cloud storage, Anda tidak perlu membawa benda berat seperti hardisk yang terkadang memenuhi isi tas ketika ingin berpergian jauh.

Tentunya dengan cloud storage, Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimana saja karena seluruh data Anda sudah tersimpan ke dalam server.

Jika memang suatu saat membutuhkan file tersebut. Anda hanya perlu mengaksesnya kembali dan mengunduh file tersebut sesuka hati Anda.

Keamanan Privasi

Pastinya dengan cloud storage, keamanan privasi akan lebih terjaga. Hal ini di karenakan hanya Anda sendiri lah yang dapat mengakses dan mengolah data tersebut.

Beda halnya dengan media penyimpanan seperti flashdisk ataupun hardisk yang dapat di pinjam orang lain dan secara otomatis orang tersebut bisa melihat isi file Anda.

Sedangkan jika menggunakan cloud storage, untuk dapat mengaksesnya memerlukan login ke akun terlebih dahulu dengan menggunakan username dan Passwords.

Tidak Akan Memenuhi Media Penyimpanan Perangkat yang Dimiliki

Apabila Anda menggunakan cloud storage, sudah dipastikan cloud storage akan menghemat banyak biaya serta menghemat media penyimpanan pada perangkat yang Anda miliki.

Berbeda dengan hardisk ataupun flashdisk yang dapat memenuhi memori penyimpanan di dalam PC ataupun Smarthpone.

Baca : Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS

Kekurangan Cloud Storage

Selain ada kelebihan, terdapat juga kekurangan dari menggunakan cloud storage. Nah berikut ini adalah beberapa kekurangan dari cloud storage, simak sebagai berikut :

Membutuhkan Koneksi Internet

Kekurangan pertama dari cloud storage ini adalah Anda memerlukan koneksi internet untuk mengakses media penyimpanan tersebut. Jika tidak terdapat koneksi internet, maka Anda tidak bisa mengaksesnya.

Mengupload File Besar Membutuhkan Kecepatan Internet

Apabila Anda ingin mengupload data file dengan ukuran yang besar, Anda membutuhkan kecepatan internet dengan sangat cepat. Koneksi internet tersebut harus dalam keadaan yang stabil agar file dengan ukuran besar tersebut bisa di upload dengan secara cepat. Jika tidak, tentunya Anda membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika Server Down, Sulit untuk Diakses

Selanjutnya, jika server sedang down atau sedang mengalami traffic yang sangat tinggi, maka data yang sudah di simpan kedalam cloud storage tersebut akan menjadi sangat sulit untuk diakses.

Biasanya, waktu perbaikan atau pemulihan dari cloud storage ini pun memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak bisa di tentukan secara pasti.

Rentan Terhadap Pembobolan

Kejahatan di dunia internet mungkin terus berlanjut. Hal ini bisa di lihat dari kekurangan dari menggunakan cloud storage yang sangat rentan terhadap peretasan dan pembobolan.

Jika sudah terjadi seperti demikian, maka file yang sudah di simpan dalam cloud storage tersebut bisa saja di bajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Cloud Storage Gratis dan Terbaik

Setelah Panjang lebar membahas mengenai cloud storage, berikut ini adalah rekomendasi Admin terkait dengan cloud storage yang memberikan layanan gratis dan terbaik di Indonesia.

One Drive

apa itu cloud storage one drive

Contoh pertama adalah one drive yang merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. Mungkin bagi pengguna Windows 8 dan 8.1 sudah tidak asing lagi dengan one drive karena sudah tersedia di versi windows tersebut.

Selain itu, One drive juga dapat digunakan pada website, windows versi lama, android, IOS, dan lain sebagainya. Anda bisa menyimpan berbagai file seperti foto, dokumen, video dan lain-lain.

Dropbox

apa itu cloud storage dropbox

Berikutnya adalah dropbox yang merupakan layanan media penyimpanan dengan banyak pengguna serta mudah untuk digunakan. Layanan ini juga support dengan berbagai sistem operasi seperti windows, mac, linux, android, ios dan lain sebagainya.

iCloud

apa itu cloud storage icloud

Jika One drive dikhususkan untuk pengguna windows, iCloud ini hanya dapat digunakan untuk pengguna Mac dan Ios. Selain daripada itu, iCloud ini juga dapat melakukan back up data seperti kontak, kalender, bookmarks, notes dan data lainnya.

Google Drive

pengertian google drive

Pastinya Anda sudah mengenal cukup baik untuk cloud storage yang 1 ini. Ya, Google drive merupakan salah satu komputasi awan yang bisa Anda dapat secara gratis oleh pengguna Google.

Salah satu kelebihan dari Google Drive adalah dari berbagai fiturnya yang sangat lengkap dan Anda bisa mendapatkan penyimpanan secara Cuma-Cuma dengan cukup besar yakni 15 GB.

pCloud

apa itu cloud storage pcloud

Admin menyarankan juga untuk Anda dengan menggunakan pCloud yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan seluruh data Anda serta mengirim file dengan ukuran yang besar.

Perlu di ketahui jika pada pCloud ini tidak memberikan batasan ukuran file tertentu untuk Anda upload dan Anda pun bisa mendapatkannya secara gratis dengan ukuran penyimpanan sebesar 10 GB.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu cloud storage, manfaat, dan juga contoh atau rekomendasi dari Admin yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat ?

Bagikan artikel ini: