Update . 16 July 2021

Konsultan IT : Kualifikasi & Tangung Jawabnya

Majapahit Teknologi - Di era yang serba teknologi ini, peran teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting bagi Perusahaan digital. Seperti yang diketahui, jika sudah membahas terkait dunia industri digital, pastinya Anda sudah membayangkan mengenai Perusahaan startup, IT service dan lain sebagainya di sertai dengan kebutuhan konsultan IT yang kiat terus berkembang.

Sudah dipastikan jika bisnis besar di bidang industri atau Perusahaan yang baru saja merintis, tentu saja membutuhkan tenaga konsultan IT profesional.

Hal ini di karenakan konsultan IT memiliki kemampuan yang sangat unik yakni mampu menganilisis dan mampu memberikan solusi yang terbaik untuk perkembangan bisnis digital Anda.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, Admin akan membahas mengenai konsultan IT, dimulai dari definisi, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Simak terus ulasan ini ya :)

Pengertian Konsultan IT

Apa itu Konsultan IT? Ya, mungkin saja kita sering mendengar istilah dari IT Consultant atau konsultan IT adalah salah satu profesi yang bergelut di bidang IT.

Selain itu, konsultan IT mampu berkomunikasi dengan sangat baik untuk memberikan nasihat terkait permasalahan yang terdapat pada system IT di Perusahaan tersebut.

Mereka harus mencari solusi serta memberikan usulan terbaik terhadap tindakan yang harus dilaksanakan selanjutnya untuk pengembangan system bisnis menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

konsultan IT : Pengertian, gaji dan tanggung jawabnya

Manfaat Konsultan IT untuk Bisnis/Perusahaan

Secara tidak sadar, jika teknologi secara perlahan mulai mengubah arah bisnis saat ini dan juga masa yang akan datang. Dengan begitu, sudah menjadi kewajiban untuk mengikuti trend atau perkembangan teknologi dengan tujuan untuk mensukseskan bisnis atau Perusahaan Anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jika Anda menggunakan konsultan IT untuk membantu perkembangan bisnis Anda, simak sebagai berikut:

Di Dukung Oleh Tenaga Profesional

Tentu saja menggunakan konsultan IT bukanlah sembarang tenaga IT yang seperti biasanya. Namun, mereka juga akan memberikan nasihat serta memiliki pengalaman dan kemampuan untuk membantu mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih pesat.

Menjadi Lebih Fokus Dalam Menjalankan Bisnis

Anda tidak harus memikirkan banyak hal mengenai masalah dalam bidang IT di Perusahaan Anda, karena Anda sudah memiliki penasehat yang sudah menangani berbagai proyek, kemungkinan besar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki banyak hal.

Seluruh masalah troubleshooting, kualitas jaringan, keamanan dan lain sebagainya sudah bisa di handel dengan kehadiran konsultan IT tersebut.

Hemat Biaya

Bila Anda salah satu orang yang sedang merintis Perusahaan, menggunakan tenaga konsultan IT profesional menjadi salah satu solusi terbaik karena dapat menghemat biaya.

Bisa dikatakan bahwa dengan adanya hal tersebut, Anda bisa menghemat sekitar 25% sampai dengan 50% dari total yang sudah dikeluarkan untuk menggaji tim IT.

Berkembang Pesat

Jika Anda menggunakan konsultan IT untuk Perusahaan atau bisnis, pastinya mereka akan secara langsung memberikan manfaat untuk perkembangan Perusahaan secara signifikan.

Mengapa demikian? Ya, hal ini dikarenakan mereka akan memberikan masukan yang tentu saja sangat berharga untuk membantu kesuksesan Anda secara pesat dengan mengkombinasikan kemajuan teknologi untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Optimalisasi Proses Bisnis

Konsultan IT tentu saja melihat perkembangan teknologi terbaru, misalnya seperti software sampai dengan hardware terbaru yang paling menguntungkan untuk digunakan pada Perusahaan atau bisnis Anda.

Dengan kehadiran mereka, tentu saja Anda akan dibantu untuk mengoptimalkan proses bisnis dengan memanfaatkan sejumlah teknologi yang berguna.

Selain itu, konsultan tersebut dapat memberikan saran dan solusi terbaik untuk merencanakan serta mengelola inovasi terbaru.

Baca : Tanda Perusahaan Anda Membutuhkan Software CRM !

Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan IT

Apabila Anda adalah seseorang yang ingin menjadi konsultan di bidang IT, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu terkait dengan tugas dan beberapa tanggung jawab yang di emban nantinya. Simak sebagai berikut:

  • Bertanggung jawab untuk memperbaiki rancangan sistem yang dibutuhkan oleh klien.
  • Memantau kebutuhan jaringan komputer agar sesuai dengan prosedur yang tepat.
  • Bertemu dengan klien untuk pembicaraan mengenai persyaratan dan perihal kebutuhan yang memang diperlukan.
  • Dapat menganalisa seluruh komponen yang memang berkaitan secara langsung dengan perangkat lunak, keras & jaringan sesuai dengan kebutuhan dari klien dan user.
  • Selalu memastikan jika setiap perangkat lunak dapat bekerja dengan baik.
  • Memberikan bantuan kepada klien jika diperlukan.
  • Mempersiapkan dokumen untuk laporan kepada klien dan Perusahaan.
  • Menyusun laporan mengenai perngarsipan kebutuhan sistem kepada klien.
  • Terus menerus memantau perkembangan sistem.
  • Menyiapkan pelatihan untuk pengguna ataupun kepada konsultan yang lain.
tugas konsultan it

Baca Juga : Peran Penting Jasa IT Dalam Pengembangan Website

Gaji Konsultan IT

Menurut beberapa sumber, gaji IT Consultant di Indonesia berada di kisaran dari Rp. 6.000.000 sampai dengan Rp. 11.000.000. Nominal tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan standar setiap Perusahaan.

Cukup besar bukan? Mengingat bahwa tugas IT consultant juga sangat banyak termasuk memperbaiki beberapa struktur dan efisiensi dari sistem IT ogranisasi client.

Kualifikasi Konsultan IT

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi menjadi constultant IT, sebagai berikut:

Dapat Berkomunikasi Dengan Baik

Kualifikasi pertama yang harus Anda perhatikan adalah mampu berkomunikasi dengan baik misalnya seperti melakukan wawancara riset dengan klien, mengelola klien, menulis proposal bisnis dan lain sebagainya.

Berkomunikasi dengan sangat baik merupakan aspek terpenting dalam pekerjaan konsultan IT, hal ini dikarenakan banyak pekerjaan yang pada akhirnya berhenti di tengah-tengah jalan karena komunikasi yang kurang efektif.

Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting.

Mampu Mengatasi Masalah & Memberikan Solusi

Sebagai IT Consultant, Anda diharuskan dapat memecahkan masalah dan memberikan solusi terhadap klien. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa penelitian untuk mengumpulkan data dengan tujuan agar dapat memahami situasi pada ogranisasi klien.

Mengambil Keputusan Dengan Tepat

Seorang konsultan IT harus percaya diri untuk dapat mengambil keputusan ketika sedang berada di lapangan. Oleh sebab itu, jangan takut untuk mengambil keputusan dan percaya bahwa keputusan yang Anda ambil merupakan keputusan yang tepat.

Bisa Bekerja Bersama Tim

Ketika ada projek yang sedang berjalan, sudah dipastikan projek tersebut akan melibatkan banyak orang. Oleh karena itu, kemampuan untuk berkerja sama dengan tim adalah hal yang sangat penting untuk bisa menjadi Consultant IT.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai IT Consultant, banyak sekali tanggung jawab yang di emban. Namun, jika Anda menjadi seorang IT Consulant, tentu saja Anda akan mendapatkan fee bulanan yang cukup besar serta menjadi salah satu orang penting untuk mengembangkan Perusahaan.

Bagikan artikel ini: