web server

Pengertian, Fungsi serta Sejarah Teknologi Web Server

Majapahit Teknologi – Pada masa sekarang ini, internet bukan lagi sebuah hal yang asing dikalangan masyarakat, hampir tiap lapisan masyarakat menggunakan teknologi internet setiap harinya, misal untuk sekadar mencari jasa pembuatan aplikasi android. Ada banyak teknologi baru hadir didalamnya seperti Cloud, VPN dan lain sebagainya. Namun ada satu teknologi yang sudah ada sejak adanya internet, yaitu Teknologi Web Server.

Web Server merupakan sebuah teknologi yang menerima permintaan dari pengguna yang ingin masuk ke sebuah halaman website melalui browser, dari permintaan tersebut, server akan memberikan tanggapan atas permintaan yang dilakukan tadi, berupa halaman website. Dengan server adalah sebuah pintu ketika anda ingin mengakses sebuah website.

Dari penjelasan tersebut, sudah terlihat betapa sangat pentingnya peran server saat kita mengakses internet setiap harinya. Jika anda berfikiran Web Server hanya satu dan diakses oleh semua pengguna internet, anda salah besar karena ada beberapa Web Server yang masing-masingnya memiliki keunggulan yang berbeda.

Fungsi Teknologi Web Server

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, yaitu untuk masuk ke website setelah mendapat permintaan dari browser pengakses internet, ada beberapa fungi lain dari teknologi ini, yaitu :

  • Dapat mengecek apakah request dari pengguna aman atau tidak
  • Dapat membersihkan cache yang sudak tidak lagi terpakai
  • Serta menyiapkan semua module yang dibutuhkan untuk mengakses sebuah website atas permintaan pengguna internet

Sejarah Teknologi Web Server

Web Server dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989, dia bekerja pada perusahaan CERN (European Organization for Nuclear Research). Tujuan awal diciptakannya Web Server yaitu untuk mempermudah pertukaran informasi antara para peneliti pada saat itu.

Satu tahun berlalu, Tim Berners-Lee menghasilkan dua buah program komputer, yang pertama yaitu sebuah sistem yang diberi nama WWW atau WorldWideWeb, dan yang kedua yaitu Web Server pertama yang diberi nama CERN.

Teknologi Web Server

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, teknologi Web Server ada banyak dan memiliki kelebihannya masing-masing, berikut adalah beberapa diataranya

Apache Tomcat

Apache Tomcat merupakan Web Server berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JPS atau disebut dengan Java Server Pages. Secara default, server ini belum dilengkapi dengan package admin, sehingga belum ada akses untuk admin.

teknologi web server apache

Tetapi fungsi admin digantikan dengan tomcat manager yang digunakan untuk mendeploy aplikasi melalui file .war dari java web. Kelebihan dari Web Server ini diataranya yaitu :

  • Bisa dimodifikasi karena open source
  • Dibandingkan dengan yang lain, server ini termasuk yang mudah di konfigurasi
  • Memiliki komunitas yang cukup besar

IIS (Internet Information Services)

IIS merupakan HTTP Web yang digunakan di dalam sebuah sistem operasi Windows, mulai dari jenis Windows NT 4.0, lalu Windows 2000 Server, Windows 2003 Server. Layanan ini berguna sebagai sebuah pendukung protocol TCP/IP.

web server IIS

IIS ini juga menjadi salah satu fondasi dari sebuah platform Internet dan juga Intranet Microsft, kelebihan dari server ini yaitu lebih kompatibel dengan Windows, secara IIS merupakan keluaran Microsoft, selain itu IIS juga memiliki fitur Filtering yang berguna untuk menyaring web-web yang tidak diinginkan

Lighttpd

Web server ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman C, dapat dijalankan pada sistem operasi Linux dan Unix serta Windows. Lighttpd bersifat open source dan didistribusikan dengan lisensi BSD.

web server lighttpd

Kelebihan dari server ini yaitu memiliki kemampuan untuk mengatur cpu-load secara efektif dan beberapa fitur advance seperti FastCGI, SCGI, Auth, dan URL-Rewriting.

Itulah penjelasan tentang web server, yang pada umumnya tidak diketahui oleh banyak orang, padalah teknologi ini sangat penting keberadaanya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Whatsapp
WhatsApp Tanyakan di sini