Update . 27 October 2021

Apa Itu Hosting : Pengertian, Fungsi, Jenis, & Cara Kerjanya

Majapahit Teknologi - Siapa yang tidak mengenal internet? Penggunaan jenis produk teknologi ini sangat marak dilakukan bahkan menjadi bagian dalam aktivitas memenuhi kebutuhan informasi atau edukasi sehari – hari.

Sehingga, tidak lumrah lagi pemahaman internet wajib kita ketahui sebagai masyarakat milenial yang benar – benar tak terlepas dari penggunaan internet.

Hosting merupakan salah satu komponen yang ada pada internet, terutama pada website yang menjadi basis menerima data dari internet.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai hosting, baik dari pengertian, fungsi, cara kerja jenis - jenisnya, hingga rekomendasi penggunaan hosting terbaik untuk menambah pemahamanmu seputar hosting internet tersebut.

Apa itu Hosting?

Pengertian dari hosting sendiri merupakan pengelola berbagai data yang dimiliki oleh suatu website di internet yang selanjutnya akan diakses oleh para user atau pengguna.

Hosting ini juga memiliki tujuan pembuatan yaitu sebagai database atau penyimpanan data – data pada suatu website di Internet.

Apa itu hosting dan cara kerjanya

Fungsi Hosting

Berikut ini adalah fungsi dari hosting internet yang menjadi komponen penyimpanan data website. Adapun fungsi – fungsinya tersebut antara lain:

Menjaga Website Agar Tetap Online

Hosting berfungsi sebagai penjaga website agar tetap online. Adapun maksud dari online disini adalah dapat diakses oleh seluruh pengguna internet.

Sehingga dengan adanya hosting, kegagalan akses sebuah website di internet tidak mudah terjadi.

Tempat Penyimpanan Data

Seperti tujuan pembuatannya, tentu saja fungsinya ini adalah sebagai database pada sebuah website untuk menampikan data – data di dalamnya.

Sehingga, begitu user internet mengakses yang diinginkan pada website tersebut, data dapat tertampilkan secara rapi.

Fungsi lainnya penggunaan hosting adalah dijadikan sebagai alamat akses atau link website. Sehingga, hosting ini sering dikatikan dengan alamat sebuah website.

Tentu saja, hal ini diperkenankan sebab data – data website yang mengarahkan pencarian tertuju kepada website tersebut disimpankan oleh hosting pada website tersebut.

Melindungi Website dengan SSL

Fungsi terakhir dari hosting adalah melindungi website dengan ssl. Ssl atau secure socket layer merupakan alat yang digunakan untuk melindungi atau mengoptimalkan sebuah website dari gangguan berbagai serangan, yaitu malware, virus, penyadapan, dan berbagai serangan lainnya.

Jenis Hosting

Terdapat beberapa jenis dari hosting yang dapat Anda pahami masing – masingnya.

Berikut ini adalah jenis – jenis hosting yang dimaksud tersebut:

Shared Hosting

Jenis hosting pertama adalah shared hosting. Seperti namanya, tentu saja sistem kerja hosting adalah secara pembagian satu server kepada berbagai user lainnya. Tentu saja sistem ini dianggap lebih efektif dan efisien terutama dalam segi biaya.

VPS Hosting

VPS hosting adalah jenis hosting selanjunya yang wajib Anda pahami. Dimana, vps hosting memiliki peranan dalam penyimpanan tinggi.

Tentu saja, vps ini sangat cocok digunakan oleh website yang membutuhkan database besar dan jumlah traffic user tinggi.

Cloud Hosting

Selain vps hosting, terdapat cloud hosting yang memiliki peranan sebagai penopang apabila terdapat kerusakan suatu server. Hal ini disebabkan oleh cloud yang dapat menjadi penampung berbagai data sekaligus.

Wordpress Hosting

Wordpress hosting merupakan jenis hosting yang berfungsi sebagai shared hosting sama dengan jenis hosting sebelumnya, tetapi dengan tool yang lebih lengkap dan spesifik.

Managed Wordpress

Managed wordpress merupakan jenis hosting yang sangat berperan dalam pengelolaan wordpress. Sehingga, penggunaan hosting ini membuat Anda yang memanfaatkan wordpress sebagai website tidak perlu repot lagi mengatur hostingnya sebab telah otomatis

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan hosting yang berfungsi sebagai pengontrol utama berjalan baik atau tidaknya hosting yang telah tersetting pada suatu website.

Penggunaan jenis hosting ini sangat efektif dan mudah sehingga dapat dioperasikan secara fleksibel.

Cara Kerja Hosting

Cara kerja hosting merupakan salah satu hal yang wajib Anda ketahui terutama apabila Anda hendak berniat terjun ke dunia website developer.

Sebab, hosting merupakan komponen yang paling penting dalam pendirian sebuah server atau website.

Adapun cara kerja hosting yaitu pemilik hosting akan memperjualbelikan jasa hostingnya tersebut kepada seorang pemilik server atau website.

Selanjutnya, dilakukan sejenis pendaftaran ip atau alamat website atau server kepada sistem hosting.

Pemilik server atau website melakukan pembayaran dan dilanjutkan dengan penyimpanan data website dalam hosting.

Sehingga, website atau server telah memiliki hosting yang akan menjadi penopangnya apabila seorang user atau pengguna internet membutuhkan data – data pada websitenya tersebut.

Pengupdatean data juga bisa dilakukan pada pemilik hosting sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Tentu saja penggunaan hosting ini dilakukan secara berbayar atau free tergantung kebijakan pemilik hosting tersebut.

Rekomendasi Tempat Hosting Terbaik di Indonesia

Bagi Anda yang memiliki server atau website tersendiri, membutuhkan hosting tetapi bingung hendak menggunakan jenis hosting yang mana.

Anda tidak perlu khawatir sebab berikut ini terdapat sejumlah rekomendasi hosting yang dapat Anda gunakan untuk menjadi komponen website atau servermu tersebut.

DomaiNesia

Domainesia

Rekomendasi hosting yang bisa Anda pergunakan untuk pendirian sebuah server atau website bernama DomaiNesia.

Dimana, hosting ini merupakan hosting berkualitas unggul dan memiliki harga yang cukup efisien. Sangat cocok digunakan terutama bagi Anda yang baru saja memiliki website atau server tersendiri.

Niagahoster

Niagahoster

Siapa yang tidak mengenal niagahoster? Hosting yang laris digunakan pada beberapa website ternama tersebut membuat Anda tidak perlu meragukan optimalisasi penyimpanan data pada hosting ini.

Tentu saja, harga yang ditetapkan tidak mahal dan masih bisa Anda jangkau loh.

Hostinger ID

Hostinger

Selanjutnya, rekomendasi hosting yang dapat Anda gunakan untuk mendirikan sebuah website atau server adalah hostinger ID.

Anda dapat memilih jenis hosting ini apabila Anda termasuk pada pendiri baru sebuah website atau server.

Mengapa? Sebab hosting ini sangat murah, bahkan tidak melebihi angka pembayaran 20 ribu rupiah per bulannya.

Rumahweb

Rumah Web

Jenis hosting selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mendirikan sebuah website adalah rumahweb. Dimana, rumahweb ini memiliki kualitas ekstra terutama dalam segi kapasitas penyimpanan.

Selain itu, rumahweb ini sangat murah bahkan bagi Anda yang tidak memiliki modal besar dalam mendirikan sebuah website, yaitu hanya 10 ribu saja per bulannya.

IDwebhost

ID Webhost

Rekomendasi hosting yang dapat Anda pilih untuk pendirian website atau servermu adalah IDwebhost.

Jenis hosting ini merupakan hosting dengan kecepatan unggul, kapasitas memumpuni, dan harga yang murah.

Untuk harga hampir sama dengan rumah web yaitu sekitar 10 ribuan saja.

Penutup

Hosting merupakan salah satu komponen penting pada sebuah website, sebab menjadi database yang selanjutnya diolah data didalamnya untuk ditampilkan kepada user pengakses.

Oleh sebab itu, pemahaman – pemahaman di atas dapat membantu Anda semakin memahami hingga memilih jenis dari hosting yang tepat digunakan pada website atau server milik Anda tersebut!^^

Bagikan artikel ini: