Kenali Penyebab Server Website Down

Apakah pernah Anda merasa kesal karena website tidak bisa di akses. Tentu saja semua pemilik website akan kesal jika websitenya down atau tidak dapat di akses oleh para pengunjung. Maka dari itu, Admin akan membahas mengenai penyebab server website down.

Menjadi seorang web developer atau administrator website bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena orang – orang yang bekerja di balik layar harus memastikan website untuk berjalan dengan lancar. Hal ini agar memastikan website untuk melakukan traksaksi dan kunjungan trafic agar berjalan dengan lancar.

Penyebab Server Website Down

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa website mengalami down atau tidak dapat di akses sama sekali. Majapartners tidak usah khawatir apabila website Anda tidak dapat di akses. Berikut ini beberapa alasan mengapa website tidak dapat di akses. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Banjir Trafik

Hal pertama mengapa website down adalah karena kebanjiran trafik alias website tersebut di kunjungi ribuan orang dengan waktu bersamaan. Hal tersebut mengakibatkan server down dan website tidak akan bisa di akses.

Baca Juga : Fungsi teknologi web server

IP Terblokir

Selanjutnya adalah ketika Anda terlalalu banyak dan sering menggunakan server yang berbeda maka Anda akan di curigai sedang melakukan DDOS sehingga alamat IP akan di blokir oleh firewall. Padahal firewal tersebut sejatinya untuk melindungi server Anda.

System yang ada pada firewal bersifat otomatis. Maka ketika sistem server mencurigai aktivitas yang sedang di jalankan. Maka sistem ini akan secara otomatis melakukan blokir terhadap Ip Anda.

Serangan Hacker

Serangan hacker bisa menjadi salah satu penyebab server website down. Hal ini di karenakan hacker ialah seseorang yang dengan sengaja mengambil alih sistem atau lebih parahnya akan mematikan layanan sistem.

Perlu di ketahui, serangan hacker ini sering terjadi untuk menyerang sistem yang memang memiliki bug atau celah pada keamanan website.

DNS Bermasalah

DNS ialah kepanjangan dari Domain Name System yang merupakan bagian terpenting untuk website. Maka dari itu, ketika dns bermasalah maka website dengan otomatis akan berdampak pada kinerja website yang akhirnya menyebabkan website down.

Server Website Down

Solusinya adalah anda harus selalu memastikan dns dari website anda terpasang dengan baik dan benar. Apabila tidak memastikan atau mengeceknya, tentu saja akan berbahaya dan berdampak kepada website.

Data Center Down

Selain dari pada DNS yang bermasalah. Data center down pun menjadi salah satu penyebab website down atau tidak bisa di akses. Karena data center merupakan salah satu bagian yang paling penting selain dari DNS untuk sebuah website.

Pada data center banyak sekali proses yang terjadi. Misalnya seperti proses backup data, sikronisasi data dan proses data yang memang berlangsung pada bagian data center.

Mengapa data center bisa terjadi down? Data center bisa terjadi down karena banyaknya proses yang sedang berlangsung pada data center tersebut. Dengan demikian ketika data center down, maka website server pun akan ikut down.

Maintenance Server

Layanan penyedia hosting sering melakukan kegiatan rutin untuk melaksanakan mainteanance server. Hal ini seperti update fitur sampai dengan peralatan perangkat keras atau pengecekan yang lainnya.

Pemadaman Listrik ( Power Outage )

Pemadaman listrik dapat mengakibatkan website down. Hal ini di karenakan ketika data center dan server mengalami gangguan serta mati maka, website akan terkena dampaknya.

Power Outage ini biasanya selalu di kaitkan dengan pemeliharaan rutin yang memang harus di lakukan. Solusi terbaik apabila tidak ingin memadamkan listrik adalah dengan memiliki cadangan listrik yang memadai. Maka dari itu, website akan terhindar dari server yang down.

Aplikasi & Plugin Bajakan

Aplikasi atau plugin bajakan yang memang bersumber dari yang tidak terpercaya akan menjadi salah satu penyebab server website down. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan mengganggu kinerja server yang sedang berjalan karena adanya plugin atau aplikasi yang bajakan.

Baca Juga : Bahaya menggunakan nulled Theme & nulled plugin

Bukan hanya website yang akan terkena dampaknya. Namun, komputer Anda pun bisa jadi terkenda dampak dari pengaruh aplikasi & plugin yang bajakan.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah penyebab web server down atau tidak bisa di akses. Untuk menghindari hal ini tentu saja anda harus selalu memperhatikan atau mengecek website. Di mulai dari kapasitas hosting, update website dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Whatsapp