Consulting . 19 May 2020

Alasan Pentingnya Aplikasi Mobile untuk Ecommerce

Sejak tahun 2014, traffic penjualan smartphone global meningkat lebih dari sepuluh kali lipat. Lebih dari tiga miliar orang di seluruh dunia menggunakan smartphone saat ini. Terlebih lagi, diperkirakan bahwa jumlah yang menakjubkan ini akan tumbuh beberapa ratus juta di tahun-tahun mendatang.

Perdagangan smartphone adalah salah satu dari banyak industri yang mendapat manfaat dari tren ini. Pada tahun 2019, ini memberikan kontribusi 67,2% dari penjualan eCommerce di seluruh dunia.

Diperkirakan bahwa tren ini akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya di mana perdagangan smartphone akan mencapai hampir tiga perempat dari penjualan eCommerce global.

Salah satu alasan mengapa perdagangan smartphone meningkat adalah pengguna yang menginginkan dua cara melakukan transaksi, yaitu melalui situs web mobile dan aplikasi mobile.

Hingga hari ini, tidak semua toko eCommerce memahami sepenuhnya potensi aplikasi smartphone untuk bisnis mereka. Ini adalah peluang yang terlewatkan karena aplikasi dapat mengompensasi kekurangan situs web dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

7 Alasan Pentingnya Aplikasi Mobile untuk Ecommerce

Alasan Pentingnya Aplikasi Mobile ecommerce

Jika Anda perlu lebih yakin untuk membuat aplikasi mobile, berikut adalah tujuh alasan mengapa bisnis eCommerce memerlukannya :

Metode Penjelajahan Melalui Internet Merupakan Pilihan

Berlawanan dengan kepercayaan populer, mayoritas pengguna ponsel lebih suka berselancar di internet melalui aplikasi seluler daripada situs web seluler.

Waktu penelusuran harian pengguna ponsel AS di aplikasi enam kali lebih lama daripada di situs seluler pada 2018. Dari sisi bisnis, 78% pengguna ponsel lebih suka mengakses toko eCommerce melalui aplikasi seluler alih-alih situs web seluler.

Fungsi dari aplikasi mobile sendiri adalah seberapa banyak faktor untuk memenangkan hati pelanggan. Aplikasi menyelamatkan pelanggan dari panjangnya URL yang masuk ke akun mereka beberapa kali.

Selain itu, aplikasi memuat lebih cepat dan dapat memiliki keamanan yang lebih baik daripada situs seluler.

Pemasaran Ideal

Dengan aplikasi mobile, lebih mudah untuk memberi pelanggan pengalaman yang dipersonalisasi berdasarkan minat mereka. Anda dapat meminta aplikasi meminta pengguna memasukkan preferensi mereka setelah mengunduh.

Ditambahkan ke data lain yang direkam seperti lokasi dan perilaku penelusuran, Anda bisa menyesuaikan konten yang menarik bagi pelanggan Anda di mana pun mereka berada atau anggaran pemasaran Anda.

Selain itu, aplikasi mobile membuka saluran komunikasi yang lebih baik melalui pemberitahuan push.

Alih-alih membombardir pelanggan dengan iklan yang tidak ditargetkan, Anda harus melibatkan mereka lebih baik dengan memberi tahu mereka tentang penawaran eksklusif berdasarkan preferensi.

Singkatnya, aplikasi memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada situs web dalam memasarkan merek Anda.

Retensi dan Loyalitas Pelanggan yang Lebih Baik

Aksesibilitas aplikasi mobile jauh lebih unggul daripada situs mobile. Dengan satu ketukan jari, pelanggan dapat dengan mudah untuk melihat konten & produk Anda kapan saja.

Akibatnya, pelanggan dua kali lebih mungkin untuk kembali dalam waktu 30 hari ke toko Anda daripada mereka yang mengaksesnya melalui situs mobile. Dengan demikian, Anda meningkatkan retensi pelanggan.

Selain itu, aplikasi mobile juga membantu Anda menyaring pengguna yang tidak minat pada merek Anda. Karena pengguna perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu, mereka cenderung melakukannya dengan niat membeli.

Selain itu, yang perlu Anda lakukan adalah tidak menyia-nyiakan kepercayaan mereka.

Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Tingkat konversi bisnis sangat bergantung pada kegunaan, aksesibilitas, dan efisiensi platform penjualan. Konversi dianggap berhasil jika pelanggan melakukan pembelian dan menyelesaikan siklus transaksi.

Masalahnya adalah, sebagian besar pelanggan membatalkan siklus setelah menemukan ketidaknyamanan selama proses transaksi.

Dengan memenuhi semua kebutuhan pelanggan, aplikasi seluler memiliki peluang lebih besar untuk mendorong pelanggan menyelesaikan pembelian mereka daripada situs seluler.

Faktanya, aplikasi memiliki tingkat konversi sebanyak tiga kali & lebih tinggi dibandingkan dengan situs web seluler.

Fakta bahwa mereka juga meningkatkan visibilitas merek Anda lebih dari empat kali lipat adalah bonus besar lain yang tidak boleh dianggap enteng.

Tingkat Pengabaian Keranjang yang Lebih Rendah

Mencetak tingkat rata-rata 69,57%, pengabaian keranjang adalah salah satu musuh terbesar eCommerce hingga saat ini. Salah satu faktor yang membuat pelanggan mengabaikan proses transaksi mereka adalah proses checkout yang rumit.

Di AS saja, 23% pengguna menganggap alasan ini cukup merepotkan sehingga mereka memilih untuk tidak melakukan pembelian.

Meskipun ada faktor-faktor lain yang memengaruhi tingkat pengabaian keranjang, pengaturan yang dipersonalisasi aplikasi seluler dapat menyelesaikan masalah proses checkout yang kompleks.

Aplikasi seluler memiliki tingkat pengabaian keranjaan 20%, yang empat kali lebih rendah di situs desktop atau seluler.

Dengan pengaturan yang dipersonalisasi dan navigasi yang mudah yang menghilangkan gangguan, pelanggan dapat menyelesaikan transaksi mereka tanpa terlalu banyak kesulitan.

Waktu Respon Yang Lebih Cepat

Menurut survei Marketingland , pengguna cenderung menyelesaikan pembelian melalui perangkat seluler jika platform eCommerce memiliki waktu buka halaman yang lebih rendah.

Sementara aplikasi dan situs seluler terhubung ke server, aplikasi memiliki lebih sedikit data untuk ditransmisikan karena desainnya yang sederhana dan aset yang diunduh, yang menghasilkan waktu muat yang lebih cepat.

Untuk lebih mengurangi waktu buka halaman, aplikasi memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan konten pilihan mereka. Akibatnya, aplikasi hanya dapat mengambil data yang memenuhi preferensi pengguna dan bukan seluruh paket seperti situs web.

Integrasi Aplikasi Pihak Ketiga

Kelebihan lain dari memiliki aplikasi seluler adalah keterlibatan perangkat lunak dengan fitur bawaan perangkat seluler. Alat-alat seperti GPS, kamera, dan mikrofon memungkinkan Anda untuk meningkatkan kegunaan aplikasi, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan lebih menyederhanakan navigasi.

Simak Juga : Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cyber Security

Selain itu, Anda memanfaatkan integrasi media sosial untuk memudahkan akses ke aplikasi Anda. Tidak hanya itu, tetapi Anda juga dapat menjadikannya bagian dari strategi pemasaran Anda untuk meningkatkan visibilitas merek dan membuat konten yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Singkatnya, aplikasi terbuka untuk kolaborasi dengan fitur lain untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Kesimpulan

Aplikasi mobile memiliki kemampuan yang besar untuk menumbuhkan bisnis E-Commerce. Selain mengkompensasi kerugian pada situs seluler, aplikasi juga dapatmemberikan kemudahan penggunaan, aksesibilitas & efisiensi pada tingkat konversi yang memang lebih tinggi.

Kami harap artikel ini membantu Anda memahami pentingnya memiliki aplikasi seluler untuk eCommerce dan menempatkan Anda di jalur yang benar untuk meningkatkan bisnis Anda.

Bagikan artikel ini: