progressive web apps

Mengapa Google dan Microsoft menyukai Progressive Web Apps? Kamu harus tahu!

Majapahit – Dalam beberapa tahun terakhir, Progressive Web Apps (paling umum dikenal dengan PWA) telah muncul sebagai tren teknologi terbaru di industri. 

Sebagian besar raksasa teknologi saat ini berupaya menghadirkan pengalaman web dan aplikasi seluler terbaik bagi pelanggan dan klien mereka. 

Faktanya, Google dan Microsoft Corporation telah menyatakan minat dan antusiasme yang besar terhadap PWA dan telah merencanakan strategi untuk memasukkannya ke dalam aplikasi seluler dan web mereka. 

Secara tepat, Google dan Microsoft telah merencanakan untuk memanfaatkan PWA untuk keuntungan organisasi mereka.

Untuk memahami bagaimana PWA dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman seluler dan web untuk pengguna dan raksasa teknologi ini, saya telah menyusun panduan terperinci tentang PWA dan dampaknya. Jadi, mari kita mulai!

Apa itu Progressive Web Apps dan Apa Dampaknya?

Aplikasi Web Progresif menggabungkan kekuatan web asli dan pengalaman pengguna untuk memberikan yang terbaik dalam aplikasi itu sendiri. Berbeda dengan pembungkus web umum, PWA memiliki kemampuan untuk memungkinkan sinkronisasi data di belakang layar dan menggabungkan akses offline ke data aplikasi juga. 

Agar singkat, PWA adalah aplikasi web yang disempurnakan yang menawarkan kemampuan asli serta tampilan dan nuansa progresif.

Beberapa kriteria utama untuk mengembangkan aplikasi web progresif, seperti yang didefinisikan oleh Google, adalah sebagai berikut:

  • Progresif: Progresif mengacu pada kemampuan aplikasi untuk bekerja terlepas dari pemilihan browser oleh pengguna. Ini harus berfungsi dengan baik untuk semua orang dan memungkinkan peningkatan dan pemuatan progresif.
  • Responsif: PWS harus responsive, mereka harus sesuai dengan ukuran layar ponsel, desktop dan laptop pengguna.
  • Tidak tergantung jaringan: PWA harus memiliki kemampuan untuk bekerja offline jika jaringan turun atau jika jaringan sinyal rendah digunakan.
  • Tampilan dan nuansa asli: Mungkin atribut paling penting untuk aplikasi web progresif adalah tampilan dan nuansa asli mereka. Rasa penggunaan asli diperlukan baik dalam interaksi maupun navigasi.
  • Pemuatan latar belakang: PWA menjaga layanan mereka memperbarui data di latar belakang melalui pemuatan latar belakang.
  • Sangat aman: PWA sepenuhnya aman karena mereka menggunakan protokol HTTPS untuk melindungi aplikasi mereka dari gangguan konten dan ancaman keamanan lainnya.
  • Dapat ditemukan: Aplikasi Web Progresif sangat mudah ditemukan di mesin pencari teratas meskipun terdiri dari tampilan dan nuansa yang mirip dengan aplikasi.
  • Fitur yang menarik: PWA menawarkan fitur aplikasi yang menarik dan menarik, misalnya, memberikan pesan notifikasi.
  • Pemasangan layar beranda: Pemasangan di layar beranda lokal untuk memberikan akses instan adalah fitur lain dari PWA.
  • URL Ready: URL unik ditetapkan untuk setiap PWA, yang dapat diakses melalui browser web apa saja dan juga dapat dibagikan dengan mudah.

PWA Untuk Google

Google cenderung meningkatkan pengalaman aplikasi aslinya serta hasil pencarian web dengan memanfaatkan PWA dan fitur-fiturnya sebaik mungkin. PWA memungkinkan Google untuk memberi peringkat situs web dengan mudah berdasarkan sejumlah parameter kualitatif yang penting. PWA membantu Google dalam memenuhi persyaratannya untuk menjembatani kesenjangan antara pengalaman seluler dan aplikasi web.

Dengan memanfaatkan URL web, menyediakan akses ke konten, dan dengan menginstal aplikasi di layar beranda, Google memanfaatkan sebagian besar fitur menarik dari PWA ini untuk menghadirkan pengalaman yang bagus. Peluncur aplikasi inovatif, kemampuan untuk berintegrasi dengan perangkat Android serta fungsi pencarian menandai PWA sebagai pengubah permainan dalam hal pengalaman pengguna Android.

Mengapa Progressive Web Apps penting bagi Microsoft

Saat berbicara tentang Windows 10, fungsi PWA mirip dengan aplikasi biasa. Mereka mendukung Cortana, Live Tiles serta pemberitahuan dukungan dan juga dapat diakses dari Start Menu, Menu Chrome dan dari bilah tugas sebagai aplikasi yang disematkan. 

Selain itu, Microsoft Store juga dapat dibuat untuk menawarkan PWA. PWA cenderung memaksimalkan beragam aplikasi yang tersedia untuk pengguna Windows saat ini.

Simak Juga : Bahasa Pemrograman Kotlin untuk Pengembang Aplikasi Android

Mungkin, salah satu alasan utama mengapa Microsoft berfokus pada PWA adalah dengan harapan muncul kembali di pasar smartphone dengan bantuan perangkat Andromeda-nya. Jadi, dalam hal ini, Microsoft lebih suka memilih untuk memasuki pasar dengan semua PWA daripada masuk tanpa aplikasi.

Jadi, untuk menyimpulkan sesuatu, menggunakan PWA adalah situasi win-win yang lengkap untuk Google dan Microsoft. Google mendapatkan sebagian besar dari hal-hal webnya,. Microsoft, di sisi lain, membuat serangkaian aplikasi baru siap untuk perangkat barunya.

Apa yang Akan Terjadi di Masa Depan?

Dampak revolusioner dari PWA di web adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan. Tiga pemangku kepentingan yang berbeda terlibat dalam PWA yaitu jasa pembuatan aplikasi android, konsumen akhir dan bisnis yang mendukung aplikasi. Aplikasi apa pun yang dikembangkan pasti akan memengaruhi ketiga pihak dengan cara berbeda. 

PWA pasti menjadi prioritas utama bagi organisasi berdasarkan fakta bahwa mereka cenderung menghemat biaya pengembangan sambil memberikan pengalaman yang mulus, berkelas tinggi, canggih, dan cepat di saat yang bersamaan.

Pada akhirnya pengembang, PWA berguna juga. Sementara membangun aplikasi asli yang lengkap dari awal total bisa memakan waktu berjam-jam pengembangan, PWA dapat dianggap sebagai aplikasi yang jauh lebih menarik, yang juga dalam waktu yang jauh lebih sedikit daripada aplikasi asli.

Berbicara tentang konsumen pada akhirnya, gelombang bergeser ke arah pro dan kontra. Meskipun PWA tidak diragukan lagi membawa pengalaman pengguna yang mendebarkan dan mulus untuk aplikasi web dan seluler, pengguna yang sudah sangat mengenal pengalaman halus aplikasi asli tertentu pasti akan kehilangan banyak hal. Meskipun demikian, PWA diharapkan untuk mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi untuk bisnis dan startup yang berjalan dalam skala kecil.

WhatsApp Tanyakan di sini