Update . 11 March 2022

Apa Itu Web Server : Pengertian, Sejarah & Jenis Web Server

Majapahit Teknologi - Pada masa sekarang ini, internet bukan lagi sebuah hal yang asing dikalangan masyarakat, hampir tiap lapisan masyarakat menggunakan teknologi internet setiap harinya, misal untuk sekadar mencari jasa pembuatan aplikasi android.

Ada banyak teknologi baru hadir didalamnya seperti Cloud, VPN dan lain sebagainya. Namun ada satu teknologi yang sudah ada sejak adanya internet, yaitu Teknologi Web Server.

Pengertian Web Server

Apa itu web server ? Web Server adalah sebuah teknologi yang menerima permintaan dari pengguna yang ingin masuk ke sebuah halaman website melalui browser, dari permintaan tersebut.

Nantinya server akan memberikan tanggapan atas permintaan yang dilakukan tadi, berupa halaman website. Dengan server adalah sebuah pintu ketika Anda ingin mengakses sebuah website.

Dari penjelasan tersebut, sudah terlihat betapa sangat pentingnya peran server saat kita mengakses internet setiap harinya.

Jika Anda berfikiran Web Server hanya satu dan diakses oleh semua pengguna internet, Anda salah besar karena ada beberapa Web Server yang masing-masingnya memiliki keunggulan yang berbeda.

Sejarah Teknologi Web Server

Web Server dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989, dia bekerja pada perusahaan CERN (European Organization for Nuclear Research).

Tujuan awal diciptakannya Web Server yaitu untuk mempermudah pertukaran informasi antara para peneliti pada saat itu.

Satu tahun berlalu, Tim Berners-Lee menghasilkan dua buah program komputer, yang pertama yaitu sebuah sistem yang diberi nama WWW atau WorldWideWeb, dan yang kedua yaitu Web Server pertama yang diberi nama CERN.

Fungsi Teknologi Web Server

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, yaitu untuk masuk ke website setelah mendapat permintaan dari browser pengakses internet, ada beberapa fungi lain dari teknologi ini, yaitu :

  • Dapat mengecek apakah request dari pengguna aman atau tidak
  • Dapat membersihkan cache yang sudak tidak lagi terpakai
  • Serta menyiapkan semua module yang dibutuhkan untuk mengakses sebuah website atas permintaan pengguna internet

Cara Kerja Web Server

Cara Kerja web server

Perlu Anda ketahui bahwa cara kerja dari web server adalah dengan menerima permintaan yang memang berasal dari klien yang nantinya akan di kirimkan kembali dalam bentuk file atau berkas kepada klien tersebut.

Selain itu, software yang terdapat di web server berada di komputer server, dimana lokasi tersebut merupakan tempat penyimpanan data-data website.

Disisi lain, komputer server pastinya membutuhkan akses internet agar selalu bisa terhubung dan bisa di akses oleh klien.

Selanjutnya, ketika klien ingin melakukan permintaan data kepada web server, maka permintaan data tersebut nantinya akan dikemas pada TCP yang kemudian akan di kirimkan ke alamat yang dibutuhkan seperti HTTP atau juga HTTPS yang berguna untuk ditampilkan kembali pada browser.

Tentunya akan berbeda jika data yang diminta tersebut tidak bisa di temukan pada web server dan secara otomatis web server akan menolak dengan adanya permintaan tersebut dengan menampilkan pesan Page Not Found atau 404.

Jenis Teknologi Web Server

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, teknologi Web Server ada banyak dan memiliki kelebihannya masing-masing, berikut adalah beberapa diataranya

Apache Tomcat

Apache Tomcat adalah Web Server berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JPS atau disebut dengan Java Server Pages. Secara default, server ini belum dilengkapi dengan package admin, sehingga belum ada akses untuk admin.

teknologi web server apache

Tetapi fungsi admin digantikan dengan tomcat manager yang digunakan untuk mendeploy aplikasi melalui file .war dari java web. Kelebihan dari Web Server ini diataranya yaitu :

  • Bisa dimodifikasi karena open source
  • Dibandingkan dengan yang lain, server ini termasuk yang mudah di konfigurasi
  • Memiliki komunitas yang cukup besar

Web Server Nginx

Web server Nginx

Jenis teknologi web server berikutnya adalah Nginx yang merupakan pesaing terberat dari apache. Perlu Anda ketahui bahwa web server Nginx ini dikenal karena mampu melayani berbagai macam permintaan, misalnya seperti data tinggi dengan tinggkat kepadatan lalu lintas yang sangat sibuk.

Oleh karena itu, server Nginx lebih di unggulkan dari sisi kecepatan dan juga sangat mudah dalam urusan performa pada sistem kerjanya. Berikut ini adalah kelebihan dari server Nginx :

  • Dalam menggunakan Resource lebih efisien karena web server Nginx adalah perangkat lunak yang sangat ringan dan tidak banyak memakan memory.
  • Easy to use, sangat mudah di gunakan.

IIS (Internet Information Services)

IIS merupakan HTTP Web yang digunakan di dalam sebuah sistem operasi Windows, mulai dari jenis Windows NT 4.0, lalu Windows 2000 Server, Windows 2003 Server. Layanan ini berguna sebagai sebuah pendukung protocol TCP/IP.

web server IIS

IIS ini juga menjadi salah satu fondasi dari sebuah platform Internet dan juga Intranet Microsft, kelebihan dari server ini yaitu lebih kompatibel dengan Windows, secara IIS merupakan keluaran Microsoft, selain itu IIS juga memiliki fitur Filtering yang berguna untuk menyaring web-web yang tidak diinginkan

Lighttpd

Web server ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman C, dapat dijalankan pada sistem operasi Linux dan Unix serta Windows. Lighttpd bersifat open source dan didistribusikan dengan lisensi BSD.

web server lighttpd

Kelebihan dari server ini yaitu memiliki kemampuan untuk mengatur cpu-load secara efektif dan beberapa fitur advance seperti FastCGI, SCGI, Auth, dan URL-Rewriting.

Penutup

Itulah penjelasan tentang web server, yang pada umumnya tidak diketahui oleh banyak orang, padalah teknologi ini sangat penting keberadaanya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagikan artikel ini: